Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Rumah Sakit Tzu Chi

1
 
Rumah Sakit Tzu Chi merupakan rumah sakit tipe C yang beroperasi di daerah Cengkareng, Jakarta Barat. Lokasi Rumah Sakit Tzu Chi dekat dengan Mall Taman Palem. Rumah Sakit Tzu Chi saat ini aktif di bidang kesehatan dan berada di bawah naungan Yayasan Buddha Tzu Chi Medika.
 
Rumah Sakit Tzu Chi telah diresmikan sejak tanggal 25 Agustus 2003 oleh Megawati Soekarnoputri. Rumah Sakit Tzu Chi pada awalnya aktif sebagai Poliklinik Cinta Kasih Tzu Chi. Namun, pada tanggal 21 Juni 2006, Poliklinik Cinta Kasih Tzu Chi mengganti nama menjadi Rumah Sakit Khusus Bedah (RSKB) Cinta Kasih Tzu Chi.
 
Profil
 
Rumah Sakit Tzu Chi menerapkan falsafah yang menyatakan bahwa rumah sakit sepenuhnya melayani pasien tanpa memandang latar belakang mereka. Rumah Sakit Tzu Chi memiliki visi yang menyatakan bahwa rumah sakit memiliki niat untuk menjadi rumah sakit paripurna, bermutu, serta yang terjangkau di Indonesia dengan memiliki rasa peduli terhadap pasien.
 
Rumah Sakit Tzu Chi memiliki misi yang meliputi:
  1. Pelayanan terhadap pasien dengan kasih sayang.
  2. Penerapan integritas, kejujuran, dan komitmen dalam mengembangkan pelayanan terhadap pasien.
  3. Peningkatan kemampuan tenaga kesehatan agar dapat melayani dan membimbing pasien secara profesional.
  4. Pemberian teladan dalam pelayanan di bidang kesehatan.
 
Rumah Sakit Tzu Chi menerapkan nilai yang menyatakan bahwa rumah sakit memiliki tanggung jawab yang penuh dalam melayani pasien. Selain itu, Rumah Sakit Tzu Chi menerapkan moto yang menyatakan bahwa rumah sakit akan melayani pasien dengan landasan kasih tanpa pamrih.
 
Fasilitas
 
Rumah Sakit Tzu Chi memiliki sejumlah fasilitas medis yang dapat digunakan pasien berupa IGD (Instalasi Gawat Darurat), farmasi, homecare, laboratorium, medical check up (MCU), radiologi, dan poliklinik. Selain itu, Rumah Sakit Tzu Chi memiliki layanan unggulan berupa endoskopi THT, layanan kecantikan (laser medis Fotona), operasi katarak, dan operasi laparaskopi.
 
Selain fasilitas dan pelayanan yang disediakan, Rumah Sakit Tzu Chi juga menyediakan pilihan rawat inap yang dapat digunakan pasien. Pelayanan rawat inap yang bisa digunakan antara lain:
  1. HCU (High Care Unit) dan ICU (Intensive Care Unit)
Rumah Sakit Tzu Chi memiliki ruang HCU dan ICU khusus pasien yang membutuhkan pengawasan, perawatan, dan pengobatan karena mengalami penyakit yang berpotensi mengancam jiwa. Ruang HCU dan ICU dijaga selama 24 jam penuh oleh petugas kompeten dan alat-alat canggih juga dapat membantu kebutuhan pasien.
 
Perbedaan antara HCU dan ICU adalah HCU digunakan untuk pasien yang tidak membutuhkan ventilator atau alat bantu nafas (jika memiliki gangguan pada pernafasan), sedangkan ICU adalah ruang khusus pasien yang memerlukan ventilator.
  1. Ruang isolasi
Rumah Sakit Tzu Chi memiliki ruang isolasi untuk pasien yang terkena penyakit sehingga perlu ditempatkan di dalam ruang tersendiri.
  1. Ruang maternity
Rumah Sakit Tzu Chi memiliki ruang maternity khusus pasien yang sedang hamil atau yang baru melakukan persalinan.
  1. Ruang perinatal
Rumah Sakit Tzu Chi memiliki ruang perinatal atau perina khusus bayi yang berusia antara 0 hingga 28 hari, jika mereka mengalami gangguan pada tubuh sehingga perlu diawasi secara ketat.
  1. Ruang inap khusus anak
Rumah Sakit Tzu Chi memiliki ruang inap khusus anak yang berusia antara 1 bulan sampai 18 tahun.
  1. Ruang inap dewasa
Rumah Sakit Tzu Chi memiliki ruang inap dewasa yang secara keseluruhan terdiri dari 30 tempat tidur. Tempat tidur dewasa meliputi:
  • 6 tempat tidur laki-laki (bedah).
  • 7 tempat tidur perempuan (bedah).
  • 6 tempat tidur laki-laki (non-bedah).
  • 11 tempat tidur perempuan (non-bedah).
 
Kontak
 
Jika Anda perlu informasi mengenai Rumah Sakit Tzu Chi, Anda dapat menghubungi di nomor berikut: (021) 5596 3680, namun untuk keperluan IGD, Anda bisa telepon di nomor berikut: (021) 5596 3600. Untuk informasi secara terperinci, Anda bisa lihat di situs Rumah Sakit Tzu Chi: web.rscktzuchi.co.id. Rumah Sakit Tzu Chi siap melayani Anda karena unit Gawat Darurat tersedia selama 24 jam penuh.
 


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 25 Februari 20 - 16:37 WIB
Dalam Kategori : RUMAH SAKIT
Dibaca sebanyak : 224 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback