Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Rekomendasi Menu Bekal Sekolah untuk Pelaku Diet

Rekomendasi Menu Bekal Sekolah untuk Pelaku Diet
 
Jika kalian sedang melakukan program diet, bukan berarti kalian harus menghindari makan siang. Kalian harus tetap makan siang, meski harus mengubah porsi dan asupan nutrisinya. Apalagi kegiatan seorang siswa atau siswi terbilang cukup padat. Resep makanan di dalam artikel ini bisa kalian bawa sebagai menu bekal sekolah yang menyehatkan:
 
Macam-Macam Salad
Untuk menyiapkan salad sebagai menu bekal sekolah tak terlalu sulit, kok.Kalian bisa membuatnya sendiri tanpa harus merepotkan orang tua kalian. Lagi pula, ada begitu banyak macam salad yang bisa Anda kreasikan agar tak bosan.
 
Salad Sayuran
Buat Andayang sedang diet, mengonsumsi sayuran adalah pilihan yang tepat. Sayuran yang kaya akan serat akan membuat tubuh ternutrisi dengan baik. Serat inilah yang akan menggantikan kalori yang terdapat dalamnasi.Berikut langkah-langkahnya:
  • Siapkandaun selada, daun arugula, tomat, mentimun, potongan keju (atau bisa juga keju parut),dan telur rebus
  • Cuci bersih dan potong semua sayuran sesuai selera
  • Tambahkan sedikit garam dam merica 
  • Untuk dressing, kalian dapat menggunakan yoghurt, mayonaise atau mustard.
  • Kalau kalian ingin salad yang segar, kalian tinggal menambahkan perasan lemon
  • Kalian juga dapat menambahankan buah yang segar untuk pencuci mulutmu, seperti strawberry.
  • Pisahkan dressing dengan sayuran agar saladmu tidak berair hingga datang waktunya santap siang.
Salad Jagung Mentimun
Dengan takaran kalori di bawah 300, sajian cucumber corn salad ini menawarkan hampir 12 gram serat dan 10 gram protein. Jadi, setelah menikmati sensasi gigitan crunchy, perut akan dibuat penuh, kenyang, dan berenergi.
 
Salad Ayam Alpukat
Buat isian dengan mencampur alpukat, plain yogurt, lemon, dan ayam suwir yang telah dikukus. Sajikan dengan roti gandum, selada, dan tomat. Sandwich ini dijamin membuat Anda kenyang ketika jam makan siang.
 
Tumis buncis teri
Kalian yang memiliki masalah dengan glukosa di dalam tubuh bisa memilih buncis sebagai salah satumenu bekal sekolah kalian. Buncis kaya seratdan sebaiknya kalian memilih resep yang menggunakan olive oil untuk memasaknya.
 
Berikut cara menyiapkan buncis untuk menu bekal sekolah yang membantu program diet Anda:
  • Siapkan buncis yang sudah dipotong-potong, teri basah, bawang putih, dan irisan cabai.
  • Tumis bawang tanpa minyak kemudian campurkan irisan buncis.
  • Masukan ikan teri yang telah disiapkan.
  • Tambahkan sedikit tambahan garam dan masukan irisan cabai untuk memberikancitra rasa pedas pada tumisan.
Mashed Potato
Makanan pengganti nasi dengan bahan utama kentang ini mengandung sedikit karbohidrat, kalium,dan vitamin C. Semua nutrisi itu nyatanya sudah cukupmampu memenuhi kebutuhan gizi harianAnda, lho.
Bahan :
  • 3 kentang ukuran sedang, potong-potong
  • 1/2 cangkir susu   
  • 1/4 cangkir mentega cair
  • Garam dan merica secukupnya
Cara membuat :
  • Panaskan air ke dalam panci besar dan masukkan kentang
  • Tambahkan sedikit garam dan masak hingga mendidih dan kentang melunak 
  • Matikan kompor dan buang air rebusan
  • Masak kembali kentang dengan api besar tanpa air selama 30 detik agar tidak hangus  
  • Matikan kompor dan hancurkan kentang selagi panas
  • Tambahkan mentega, susu, garam dan merica
  •  Aduk semua bahan hingga rata
Gado-gado
Gado-gado atau bisa disebut salad dengan sentuhan lokal dan tradisional ini berisi sayuran yang terdiri dari kacang panjang, labu, daun singkong, kol, kentang dan ubi kuning. Ditambah bumbu kacang dan tambahan telur.
 
Seperti yang diketahui,sayuran banyak sekali manfaatnya,termasuksaat diolah menjadigado-gado. Dilihat dari berbagai macam bahan utamanya gado-gado memiliki kandungan vitamin.
Vitamin yang terdapat dalam gado-gado ini yaitu vitamin A, C, D, dan E serta zat besi yang berguna untuk tubuh.
 
Itulah refrensi menu bekal sekolah yang bisa kalian coba saat tengah menjalankan program diet. Menu dietpun tak kalah enak dengan makan cepat saji yang dijual di kantin sekolah. Jadi, jangan khawatir, meski tengah diet jangan perlah lupakan makan, ya!


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 17 Juli 20 - 12:22 WIB
Dalam Kategori : MENU BEKAL SEKOLAH
Dibaca sebanyak : 58 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback