Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Rasa Takut Menghampiri, Atasi Dengan Berbagai Cara Berikut Ini

Rasa Takut Menghampiri, Atasi Dengan Berbagai Cara Berikut Ini
 
Semua orang tentu pernah merasa takut saat menjalani kesehariannya. Rasa takut bisa bermanfaat sebab artinya tubuh menyadari bahwa sedang ada bahaya yang muncul. Hal tersebut menjadi tidak baik ketika telah berlebihan. Rasa takut berlebihan bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dan merasa waspada setiap saat. Beberapa penyebab rasa takut di antaranya yaitu trauma masa lalu, situasi atau objek tertentu, ancaman bahaya yang nyata, dan kejadian di imajinasi. Lalu, bagaiman cara mengatasi rasa takut yang dirasakan?
 
Perbedaan rasa cemas dan rasa takut
Rasa cemas dan takut sama-sama menimbulkan ketidaknyamanan namun kedunya merupakan kondisi emosi yang berbeda. Rasa cemas adalah ketakutan terhadap sesuatu yang tidak jelas, sedangkan rasa takut memiliki pemicu yang jelas dan berada di depan mata. Artinya, rasa cemas bersifat lebih irasional sebab objek pemicunya kurang jelas atau belum pasti adanya. Rasa cemas maupun takut berlebihan yang tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan berbagai masalah organ tubuh seperti paru-paru, lambung, dan jantung.
 
Reaksi tubuh saat rasa takut muncul
Seseorang yang mengalami rasa takut akan memicu reaksi pada tubuhnya. Reaksi tersebut dapat berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini dikarenakan rasa takut berkaitan dengan emosi dasar manusia lainnya seperti senang atau antusiasme. Dengan begitu, sebagian orang malah akan menikmati rasa takut yang muncul. Namun secara normal tubuh akan memberikan respon umum saat Anda mengalami rasa takut. Beberapa reaksi tubuh yang umumnya muncul ketika rasa takut dialami yaitu:
  • Otot menjadi tegang
  • Mulut kering
  • Jantung berdetak cepat dan tidak teratur
  • Badan terasa lemas
  • Napas menjadi cepat
  • Pusing
  • Sulit berkonsentrasi
  • Perut terasa tidak nyaman
  • Sulit makan dan minum
  • Telapak tangan menjadi dingin
  • Berkeringat
 
Upaya untuk menghilangkan rasa takut
Rasa takut bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana yang diterapkan secara konstan. Berikut ini cara mengatasi rasa takut yang dapat Anda terapkan.
  • Pahami penyebab rasa takut
Untuk bisa mengatasi rasa takut, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Mengapa demikian? Upaya untuk menghilangkan rasa takut yang dialami akan lebih efektif jika telah diketahui penyebabnya.
  • Beranikan diri menghadapi rasa takut
Agar dapat teratasi, maka Anda perlu berani menghadapi rasa takut yang menghantui. Salah satu cara yang dapat diterapkan yaitu dengan membayangkanhalterburuk. Dengan membayangkan kemungkinan terburuk maka Anda dipaksa menghadapi realitas serta memperkirakan kerugian yang akan dialami.
  • Biasakan diri berpikir positif
Membiasakan diri berpikir positif adalah hal penting. Pikiran negatif merupakan salah satu pemicu utama rasa takut yang dirasakan banyak orang. Selain itu, Anda juga perlu belajar menenangkan diri. Hal tersebut akan berguna ketika rasa takut sedang menyerang. Latihan pernapasan sangat disarankan sebab dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi rileks. Anda bisa mencoba berlatih meditasi dan yoga sehingga pikiran semakin rileks dan tenang.
  • Mintalah bantuan jika diperlukan
Anda juga dapat menceritakan rasa takut yang dialami pada teman dekat, keluarga, atau pasangan. Jika hal tersebut tetap tidak mengurangi rasa takut yang Anda alami dan intensitasnya malah semakin tinggi, maka sebaiknya Anda minta bantuan medis baik dari dokter atau psikolog. Pemberian obat tertentu dapat membantu menekan rasa takut berlebihan yang dialami.
 
Gangguan kecemasan terkait dengan rasa takut. Beberapa gangguan kecemasan memiliki ciri-ciri berupa rasa takut seperti PTSD, kecemasan sosial, agoraphobia, phobia spesifik, dan lain sebagainya. Apabila rasa takut muncul karena adanya gangguan kecemasan maka Anda butuh bantuan psikolog. Segera lakukan pemeriksaan sehingga kondisi tidak terus memburuk dan dapat tertangani dengan baik. Anda juga bisa berkonsultasi secara online melaui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ dengan dokter dan psikolog terpercaya.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 28 Desember 20 - 12:04 WIB
Dibaca sebanyak : 58 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback