Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Promosi Kesehatan

Promosi Kesehatan
 
 
Istilah “promosi kesehatan” mungkin sering didengar masyarakat dari berbagai sumber. Yang dimaksud dengan promosi kesehatan bukan pelayanan yang ditawarkan dari rumah sakit, namun merupakan informasi yang dapat memberikan informasi tentang kesehatan kepada masyarakat.
 
Kasus Virus Corona
 
Menjaga kesehatan itu penting, terutama pada saat ini dunia menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19 dimana virus tersebut, per tanggal 20 Oktober 2020, telah menyebabkan lebih dari 40 juta kasus. Masalah tersebut juga telah menyebabkan lebih dari 1,1 juta orang meninggal dunia, namun lebih dari 30 juta orang telah dinyatakan sembuh dari virus Corona.
 
Di Indonesia, jumlah kasus virus Corona telah mencapai lebih dari 360 ribu kasus dan berada di peringkat 19. Masalah tersebut telah memicu lebih dari 12 ribu orang meninggal dunia, namun lebih dari 290 ribu orang dinyatakan sembuh.
 
Oleh karena itu, untuk mengantisipasi masalah tersebut agar tidak terjadi, pemerintah telah melakukan berbagai upaya agar masyarakat terhindar dari virus Corona seperti memakai masker ketika masyarakat berada di luar rumah.
 
Promosi Kesehatan Dari Institusi Kesehatan
 
Selain itu, jika Anda ingin mengetahui tentang promosi kesehatan, menurut institusi kesehatan, ada 3 hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan, antara lain:
  • Pengetahuan kesehatan
Pengetahuan tentang kesehatan meliputi segala hal yang berhubungan dengan kesehatan manusia seperti penyakit yang bisa terjadi, faktor-faktor yang dapat memicu gangguan pada tubuh, fasilitas kesehatan yang disediakan ketika masyarakat berada di rumah sakit, dan sebagainya.
  • Sikap terhadap kesehatan
Sikap terhadap kesehatan merupakan pendapat atau penilaian seseorang terhadap hal-hal yang berhubungan dengan kondisi manusia. Jika manusia terkena suatu masalah pada tubuh, maka perlu melakukan tindakan yang tepat agar kondisi yang dialami tidak memburuk. Tidak hanya itu, sikap terhadap kesehatan juga ditentukan oleh seberapa baiknya pelayanan yang diberikan kepada pasien.
  • Praktik kesehatan
Praktik kesehatan merupakan cara yang harus diterapkan setiap orang, baik tenaga medis maupun pasien. Ada banyak cara yang dapat diterapkan jika manusia ingin menjaga kesehatan, namun berdasarkan arahan yang tepat. Dengan kata lain, praktik kesehatan bisa dilakukan dengan hal-hal yang perlu diterapkan seperti berolahraga dan hal-hal yang perlu dihindari seperti kebiasaan merokok.
 
Cara Mencegah Virus Corona
Selain memahami 3 hal di atas, Anda juga perlu menerapkan beberapa hal di bawah jika ingin melindungi diri dari virus Corona:
  • Memakai masker
Salah satu cara yang paling efektif dalam mencegah virus Corona adalah memakai masker pada saat berada di luar rumah. Karena penambahan kasus di Indonesia masih banyak, pemerintah masih menerapkan protokol kesehatan supaya masyarakat terus sadar akan bahaya terhadap hal tersebut. Jika tidak mematuhi protokol kesehatan, maka masyarakat bisa dikenakan sanksi berupa uang atau sanksi sosial.
  • Mencuci tangan
Cara lain untuk mencegah virus Corona adalah mencuci tangan. Setelah menyentuh sesuatu, Anda perlu mencuci tangan minimal 20 detik dengan sabun. Anda bisa menggunakan hand sanitizer sebagai penggantinya.
  • Menjaga jarak
Anda juga perlu menjaga jarak dengan orang lain dan hindari kerumunan saat Anda berada di luar rumah. Jarak yang ideal dengan orang lain adalah 1,5 meter atau lebih.
  • Mengkonsumsi makanan sehat
Mengkonsumsi makanan sehat memang diperlukan, karena mampu memberikan energi untuk melakukan aktivitas manusia sehari-hari. Ada banyak makanan sehat yang bisa dikonsumsi seperti sayuran dan buah-buahan.
  • Berolahraga
Berolahraga merupakan aktivitas yang sangat direkomendasikan. Hal tersebut dapat membantu manusia menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari risiko penyakit seperti virus Corona.
 
Kesimpulan
 
Promosi kesehatan sangat penting untuk diterapkan. Hal tersebut mampu memberikan manfaat bagi tubuh. Untuk menerapkan pola hidup yang sehat, khususnya di saat pandemi, setiap orang dianjurkan untuk melakukan cara-cara yang disebutkan di atas. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat konsultasikan persoalan ini dengan dokter.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 26 Oktober 20 - 10:42 WIB
Dalam Kategori : PROMOSI KESEHATAN
Dibaca sebanyak : 60 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback