Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Pilihan Obat Ambeien dan Efek Sampingnya

Pilihan Obat Ambeien dan Efek Sampingnya
Tidak ada seorang pun di dunia ini yang ingin sakit. Namun ketika sakit akhirnya menimpa diri Anda, tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja, termasuk ketika akhirnya Anda mengalami ambeien atau wasir.
 
Melakukan pengobatan sendiri di rumah jika gejalanya masih ringan dapat menjadi pilihan. Namun jika gejalanya sudah lebih berat, Anda dianjurkan untuk melakukan penanganan medis ke orang profesional. Tujuannya agar rasa tidak nyaman yang ditimbulkan oleh ambeien ini dapat diminimalkan bahkan disembuhkan. 
 
Tidak hanya berkonsultasi, dokter umumnya akan memberikan resep dan saran pengobatan untuk menyembuhkan sakit Anda. Khusus untuk wasir, dokter memiliki segudang pilihan obat ambeien ataupun penanganan lain yang umumnya akan dinasihatkan kepada Anda, selaku pasien.
 
Penanganan Ambeien 
Ada banyak cara penanganan ambeien yang bisa dilakukan secara medis maupun yang dapat dijadikan pilihan untuk dilakukan di rumah. Penanganan yang dianjurkan akan bergantung dengan tingkat keparahan ambeien atau wasir yang Anda alami. 
 
Ambeien menjadi penyakit yang cukup menyakitkan dan menimbulkan rasa tidak nyaman sebab berbentuk peradangan di sekitar anus. Peradangan yang terjadi merupakan buah dari adanya peningkatan aktivitas tekanan di dalam perut. Peradangan membuat darah menggumpal dan menimbulkan benjolan baik di dalam anus atau jaringan rektum hingga di luar permukaan anus. 
 
Adanya benjolan tentu menimbulkan rasa nyeri tiap kali tersentuh dengan benda padat lain. Tidak hanya itu, tidak jarang benjolan diikuti oleh rasa gatal. Untuk meredakan gejala-gejala ini, ada beberapa penanganan yang umumnya dianjurkan. 
 
Penanganan di Rumah 
Penanganan untuk penyakit ini tidak melulu harus mengonsumsi obat ambeien ataupun perawatan medis lainnya. Kadang-kadang, penanganan simpel di rumah bisa meredakan rasa nyeri dan gatal yang dialami ole penderita ambeien. 
 
  • Kompres Air Hangat 
Cukup mengompres air hangat ke sekitar anus Anda yang mengalami pembengkakan akibat wasir, Anda akan langsung merasa lebih nyaman. Rutinlah mengompres anus selama 10—15 menit dan diulang berkali-kali tiap rasa nyeri dan gatal muncul. 
  • Konsumsi Serat Tinggi
Supaya peradangan ambeien bisa cepat reda, feses harus dilembutkan agar Anda tidak perlu lagi mengejan tiap kali membuang air besar. Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan berserat tinggi untuk hal ini. Tambahlah porsi sayuran hijau serta buah-buahan dalam tiap kali sesi makan Anda. 
Penanganan ambeien dari rumah ini sangat minim risiko. Efek samping dari tindakan penanganan-penanganan di atas pun hampir tidak ada. 
  • Penanganan dengan Obat
Ada dua jenis obat yang akan diresepkan dokter untuk penderita ambeien. Pertama adalah jenis obat oles berupa salep, krim, ataupun gel. Obat-obat ambeien ini bertujuan untuk meredakan rasa gatal dan mengurangi pembengkakan jaringan rektum yang terlihat. 
 
Jenis obat yang kedua adalah obat oral. Jenis obat ini umumnya diresepkan untuk meredakan rasa nyeri yang timbul akibat benjolan wasir. Obat oral juga kerap diberikan dokter untuk membuat peradangan berkurang dengan cepat. 
  • Obat Oles 
Ada beberapa jenis obat ambeien berjenis oles yang dinilai terbaik di kalangan medis. Namun, Anda juga perlu waspada ketika menggunakannya. Meskipun merupakan obat luar, jenis obat-obatan ini juga memiliki efek samping. 
  • Analpram
Analpram termasuk dalam jenis hidrokortison. Pemakaian obat oles ini tidak boleh terlalu sering, maksimal hanya satu minggu untuk tiap kali penanganan. Pasalnya, analpram bisa menyebabkan kulit mengalami iritasi tambahan serta membuat kulit menghitam. 
  • Pramosone
Jenis obat oles ini bisa menimbulkan efek alergi bagi orang yang tidak cocok. Gejala alergi yang terasa dari pemakaian obat ambeien ini adalah rasa gatal-gatal. Tidak hanya di daerah sekitar anus, efek alergi dari pramosone juga dapat menjalar ke bagian bibir. 
  • Mezparox HC
Efek samping akibat obat ambeien yang satu ini lebih parah lagi. Mezparox HC rentan membuat kulit menipis dan terbakar. Bahkan bagian kulit akan tampak melepuh jika tidak cocok menggunakan obat oles ini. 
  • Proctosol HC
Meskipun manjur mengurangi pembengkakan dan meredakan gatal, Proctosol HC jarang diresepkan karena memiliki efek samping yang cukup menyeramkan. Bagi orang yang tidak cocok, pengolesan obat ambeien ini dapat menimbulkan sakit kepala, sesak napas, sampai pendarahan di bagian anus. 
  • Obat Oral 
Obat oral akan diresepkan pada penderita ambeien untuk mengurangi peradangan dari dalam sekaligus mengobati nyeri. Beberapa jenis obat oral untuk ambeien umumnya berjenis ibuprofen dan asetaminofen. 
 
Jika penanganan menggunakan obat ambeien sudah tidak mempan, dokter juga akan menganjurkan Anda untuk menjalani operasi. Prosedur berbasis pembedahan ini dinilai lebih efektif dalam mengobati ambeien yang terus kambuh.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 10 September 20 - 08:36 WIB
Dalam Kategori : AMBEIEN, WASIR
Dibaca sebanyak : 35 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback