Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Perkembangan Janin 7 Bulan: Pembentukan Yang Signifikan

Perkembangan Janin 7 Bulan: Pembentukan Yang Signifikan
Wanita yang mengandung bayi di dalam janin berlama sekitar 9 bulan, atau 40 minggu paling lama. Namun perkembangan janin 7 bulan mulai membentuk secara fisik. Dari kepala hingga kaki, serta pendengaran semakin baik.
 
Suara di dalam rahim semakin baik karena bayi di dalam rahim memberi respons dengan tendangan. Namun, seiringnya berkembang di dalam tubuh, Anda tentunya akan mengalami fase yang lebih berat karena bayi berkembang di dalam tubuh berarti berat badan akan meningkat.
 
Jika berat badan meningkat, Anda akan mengalami kesulitan dalam berjalan. Tidak hanya berjalan, namun juga rasa sakit sering dialami karena pertumbuhan yang cepat pada bayi, dan ini juga bisa menjadi tanda bahwa bayi akan kemungkinan lahir pada waktu yang awal, dan sebaiknya Anda bicarakan masalah ini dengan dokter.
 
Bayi akan lahir secara prematur jika bayi lahir pada waktu yang awal (setidaknya pada bulan ke-7). Bayi yang lahir secara prematur akan lahir pada usia paling lama selama 37 minggu di dalam rahim. Bayi bisa saja lahir paling cepat dalam masa kehamilan 23 minggu.
 
Berikut adalah 3 tahap yang akan terjadi pada janin seiringnya berkembang secara fisik:
  • 7 bulan
Yang akan terjadi ketika Anda mengalami perkembangan janin 7 bulan adalah lemak pada bayi akan bertambah sehingga berat meningkat menjadi 900 hingga 1.800 gram. Panjang bayi juga akan bertambah menjadi 14 inci atau sekitar 36 cm. Kemungkinan bayi lahir secara prematur pada masa ini. Jika lahir secara prematur, maka akan bertahan hidup setelah 7 bulan masa kehamilan.
  • 8 bulan
Ketika masa kehamilan berlangsung selama 8 bulan, tentunya bisa meningkat secara fisik. Panjang bayi bisa mencapai 18 inci atau 46 cm, dan beratnya bisa mencapai 2,27 kg. Bayi mengembangkan cadangan lemak pada tubuh. Selain itu, bayi di dalam rahim akan semakin banyak bergerak, termasuk menendang. Hal itu terjadi karena semakin berkembangnya sistem internal sehingga meningkatkan otak bayi dan kemampuan untuk melihat dan mendengar.
  • 9 bulan
Bayi akan tumbuh secara matang, sistem organ pada tubuh seperti paru-paru sudah sepenuhnya berkembang. Secara fisik bayi mampu memejamkan mata, mengedipkan mata, memutar kepala, menggenggam dengan kuat, serta merespon suara, cahaya, dan sentuhan.
 
Selain masa kehamilan, gejala yang perlu Anda ketahui ketika mengandung, terutama pada saat melahirkan adalah sebagai berikut:
  • Kelelahan
Anda akan mudah merasa lelah jika janin semakin berkembang karena secara otomatis berat badan pada bayi akan bertambah.
  • Hormon kehamilan
Hormon kehamilan memberikan dampak yang aneh dan yang tak terduga pada tubuh Anda. Hormon kehamilan terjadi karena pelonggaran sendi yang menghubungkan kedua sisi panggul Anda ketika bersalin.
  • Sembelit
Gejala sembelit juga dialami oleh wanita pada umumnya karena tingginya kadar progesteron dan zat besi sehingga mengakibatkan perlambatan dalam pencernaan.
  • Nyeri panggul
Nyeri panggul terjadi pada bagian punggung bawah karena perkembangan janin sehingga memberikan tekanan pada saraf siatik.
  • Kontraksi
Kontraksi terjadi karena bagian perut dikencangkan oleh pergerakan bayi di dalam rahim.
  • Pendarahan
Pendarahan atau bercak bisa menjadi tanda bahwa bayi akan lahir lebih cepat dari perkiraan.
 
Selain perkembangan janin 7 bulan hingga 9 bulan yang dapat memicu gejala di atas, hal lain yang perlu diperhatikan agar kondisi janin tetap sehat antara lain:
  • Jika Anda kesulitan tidur pada malam hari karena perkembangan tersebut, sebaiknya Anda luangkan waktu untuk tidur siang jika tidak ada aktivitas agar menjaga tubuh tetap sehat.
  • Anda dapat memberikan diri energi dengan asupan makanan yang cukup dan bergizi seperti buah-buahan dan sayuran supaya membantu perkembangan janin.
  • Anda juga bisa ikut melakukan aktivitas fisik, namun yang ringan seperti yoga untuk memastikan perkembangan janin yang sehat.
  • Anda sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi alkohol atau merokok karena dapat mempengaruhi janin.
  • Jika Anda punya gejala tertentu, Anda sebaiknya tanya kepada dokter agar mendapatkan perawatan khusus dalam perkembangan janin.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 22 Januari 20 - 17:34 WIB
Dibaca sebanyak : 121 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback