Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Perkembangan Bayi Pada Hamil 6 Minggu

Perkembangan Bayi Pada Hamil 6 Minggu
 
 
Saat usia kehamilan memasuki minggu ke 6, biasanya Anda akan mulai merasakan perubahan pada tubuh. Pada usia hamil 6 minggu, bayi Anda berkembang pesat, karena organ dan sistem tubuh vital mulai terbentuk atau terus tumbuh.
 
Minggu 1 sampai 8 pada kehamilan dikenal sebagai periode embrio. Oleh karena itu di hamil 6 minggu, bayi Anda sekarang adalah embrio. Apa saja yang terjadi pada bayi Anda ketika hamil 6 minggu?
 
Pada tahap kehamilan ini, Anda mungkin tidak merasa hamil karena hanya sedikit perubahan tubuh yang terlihat. Tetapi embrio di dalam tubuh Anda sudah mulai berkembang. Berikut perkembangan embrio saat memasuki minggu ke 6 kehamilan:
 
  • Wajah si kecil mulai terbentuk di minggu ke 6, dengan pipi, dagu, dan rahangnya mulai terbentuk. 
  • Saat Anda hamil 6 minggu, ukuran kepala-ke-pantat bayi Anda mulai dari seperlima hingga seperempat inci dan terus bertambah, menjadikannya seukuran kepala kuku atau kacang manis.
  • Jantung bayi Anda mulai berdetak antara minggu ke-5 dan 6. Anda bahkan mungkin dapat melihat bunyi berdebar-debar pada USG minggu ini.
  • Sistem tubuh bayi Anda mulai terbentuk, seperti tabung saraf, jaringan yang membentuk otak, sumsum tulang belakang, saraf, dan tulang belakang.
  • Jantung bayi Anda mulai membagi menjadi empat ruang dan memompa darah.
  • Sel germinal primitif juga terbentuk, sel yang bertanggung jawab untuk pembentukan alat kelamin pria atau wanita pada embrio.
Saat Anda hamil 6 minggu, Anda mungkin akan melakukan kunjungan pranatal pertama Anda. Penyedia layanan kesehatan akan memeriksa Anda, mendapatkan tes yang diperlukan untuk memastikan kehamilan Anda, dan mengevaluasi kesehatan Anda.
 
Meskipun hamil 6 minggu masih termasuk awal kehamilan, pada saat inilah masa yang sangat penting untuk mengkonsumsi asam folat yang cukup. Asam folat dapat mengurangi resiko cacat tabung saraf pada bayi Anda. Cacat tabung saraf bertanggung jawab atas kondisi seperti spina bifida.
 
Karena hamil 6 minggu termasuk masa yang sangat penting, Anda disarankan untuk mulai memperhatikan asupan Anda. Jika Anda belum mengkonsumsi multivitamin yang sesuai dengan asam folat atau memiliki pertanyaan serta kekhawatiran, segera hubungi dokter Anda.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 12 November 20 - 09:55 WIB
Dalam Kategori : HAMIL 6 MINGGU
Dibaca sebanyak : 39 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback