Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Perhatikan Ini saat Berolahraga di Tengah Pandemi Covid-19

Perhatikan Ini saat Berolahraga di Tengah Pandemi Covid-19
Dunia tengah lesu lantaran diserang pandemi covid-19. Tak kurang dari 198 negara di seluruh dunia melaporkan kasus yang disebabkan oleh virus corona jenis baru, SARS-CoV-2, ini. Hampir 500 ribu orang terinfeksi dan 20 ribu di antaranya meninggal sejak virus ini muncul dan berkembang dari Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok akhir tahun 2019 silam.
Virus corona ini menyebar melalui droplet atau percikan batuk hingga bersin seseorang yang positif. Oleh karenanya, protokol perlindungan diri seperti menggunakan masker hingga memperhatikan kebersihan diri, termasuk mencuci tangan dan pakaian amat dibutuhkan agar kita terbebas dari Covid-19.
Namun, untuk membendung serangan penyakit yang menyasar saluran pernapasan ini juga dibutuhkan imunitas diri yang kuat sekaligus kesehatan tubuh yang prima. Untuk mendapatkan itu sebenarnya tak terlalu sulit. Kita bisa mulai membiasakan diri menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan makan makanan bergizi, tidur cukup, serta berolahraga.
Di masa pandemi Corona Covid-19 saat ini, berolahraga bisa membantu menjaga imunitas sehingga tak rentan terpapar virus tersebut. Meski begitu, berolahraga tetap memiliki aturan yang sebaiknya dipatuhi untuk mencegah hal tidak diinginkan.
Tamara Hew-Butler, asisten profesor kedokteran olahraga di Wayne State University, Amerika Serikat, menyarankan sebaiknya di tengah situasi tak menentu ini, berolahraga cukup selama 20-45 menit, tiga kali seminggu, untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Tamara Hew-Butler mengingatkan ada sejumlah kondisi yang mungkin terlalu berisiko jika berolahraga, satu di antaranya saat kelelahan. Kelelahan justru bisa meningkatkan risiko terkena infeksi. Setelah lari maraton misalnya, karena meningkatkan risiko penyakit dari 2,2 persen menjadi 13 persen.
Selain itu, sebaiknya jangan berolahraga jika Anda memiliki gejala flu, jangan berolahraga di tempat yang ramai dan tertutup, serta jangan berbagi minuman atau peralatan makan dengan orang lain selama atau setelah berolahraga
Kendati demikian, Tamara Hew-Butler tak lupa menyertakan tips bagaimana melakukan olahraga yang aman di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang. Berikut beberapa di antaranya:
  • Lakukan aktivitas fisiik sedang selama 20-45 menit, tiga kali seminggu
  • Usahakan melakukan latihan kekuatan atau fitnes selama masa isolasi diri
  • Hindari kontak fisik selama berolahraga, misalnya memainkan olahraga tim, karena ini bisa membuat Anda terpapar cairan mukosa atau kontak langsung dengan orang yang mungkin terinfeksi.
  • Cuci dan desinfeksi peralatan olahraga Anda setelah digunakan
  • Berkomunikasi dengan rekaan satu tim melalui media sosial daripada bertemu langsung
  • Maksimalkan oleharaga dengan menjaga pula pola makan dan tidur yang cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Selama pandemi covid-19, pemerintah Indonesia pun telah menganjurkan dan memberi imbauan bagi para pekerja untuk mengubah kebiasaan kerjanya, yang tadinya di kantor menjadi di rumah. Hal ini dilakukan sebagai upaya memutus rantai persebaran virus corona yang mudah terjadi di tengah keramaian.
Nah, bagi Anda yang selama ini tak bisa berolahraga lantaran terus menerus diterpa kesibukan dan kehabisan waktu untuk pulang dan pergi ke kantor, kondisi ini mungkin menjadi saat yang tepat.
Anda bisa memulai membiasakan diri berolahraga di rumah. Tak perlu yang terlalu berat, cukup latihan-latihan sederhana dan singkat sebenarnya sudah cukup untuk menjaga kondisi tubuh Anda tetap fit. Mungkin Anda bisa memulai sesi olahraga pagi dengan push-up atau plank. Setelah itu bisa dilanjut dengan lari-lari kecil atau semacamnya. Intinya, di tengah pandemi covid-19 ini, Anda harus bisa memanfaatkan apa yang selama ini terenggut dari Anda. Setidaknya, kita bisa mengambil sedikit hikmah dari situasi tak menentu ini.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 01 April 20 - 12:30 WIB
Dibaca sebanyak : 107 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback