Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Penyebab Sulit Bangun dan Tips Cara Bangun Pagi

Penyebab Sulit Bangun dan Tips Cara Bangun Pagi
 
Sadarkah Anda, seiring dengan bertambahnya usia, Anda memiliki siklus tidur yang semakin tidak teratur? Dibandingkan dengan saat masih kecil, sekarang Anda mungkin lebih sulit untuk bangun di pagi hari. Hal ini perlu diatasi dengan cara bangun pagi yang sehat.
Kesulitan untuk bangun pagi pasti dirasakan oleh semua orang. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Tapi, Anda perlu terlebih dahulu memahami apa penyebab dari sulitnya untuk bangun di pagi hari.
Penyebab sulit bangun pagi
Beberapa orang mengira kesulitan untuk bangun pagi hanya disebabkan oleh kebiasaan malas dan kecintaan terhadap tempat tidur sendiri. Padahal, kesulitan untuk bangund didorong oleh masalah kesehatan yang lebih dari itu.
Ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa membuat Anda menjadi sulit untuk bangun pagi. Beberapa di antaranya adalah:
  • Parasomnia
Parasomnia merupakan gejala tidur yang terjadi baik sebelum, saat, atau setelah tidur. Ada beberapa contoh kondisi parasomnia, seperti tidur sambil berjalan, tidur sambil bicara, dan night terror.
  • Masalah mental
Saat Anda mengalami stres, depresi, dan gangguan kecemasan, Anda mungkin akan sulit untuk tidur nyenyak. Hal ini sudah menjadi gejala dari kondisi masalah mental, membuat Anda rentan mengalami insomnia.
  • Gangguan tidur ritme sirkadian
Kondisi ini mempengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk memiliki rutinitas tidur yang teratur. Misalnya saat Anda terbiasa bekerja dengan shift atau tidak selalu tidur dan bangun dengan teratur.
  • Penggunaan obat-obatan
Obat-obatan tertentu bisa menimbulkan efek samping berupa kesulitan untuk tidur, yang mempengaruhi sulit bangun pagi. Beberapa jenis obat ini meliputi beta blocker, obat relaksan otot, serta obat antidepresan.
Tips cara bangun pagi
Setelah memahami penyebab-penyebabnya, kini Anda bisa menerapkan tips bangun pagi sebagai berikut:
  • Letakkan alarm di tempat yang jauh
Jangan meletakkan alarm di samping tempat tidur Anda atau di tempat-tempat yang mudah dijangkau dengan tangan. Sebaiknya, berilah jarak antara tempat tidur dengan tempat meletakkan alarm.
Hal ini penting supaya tangan Anda tidak tergoda untuk segera mematikan alarm lalu lanjut tidur kembali. Dengan adanya jarak, tubuh Anda dipaksa untuk bangun dan bangkit berdiri untuk bisa mematikan alarm tersebut.
  • Buat jadwal tidur yang teratur
Tubuh Anda memerlukan waktu tidur yang teratur untuk bisa bekerja dengan efektif. Adanya jadwal tidur bisa membiasakan Anda utnuk bangun pagi serta membantu Anda memprediksi waktu yang dibutuhkan untuk bangun.
Tentukan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk tidur. Setidaknya, siapkan waktu sekitar 7-9 jam. Kemudian, tentukan kapan waktu tidur Anda setiap harinya dengan menyesuaikan durasi tidur.
  • Hindari alkohol
Beberapa dari Anda mungkin terbiasa bergantung pada alkohol untuk membuat Anda lebih cepat tidur. Akan tetapi, hal ini bukanlah kebiasaan yang baik.
Alkohol bisa merusak siklus tidur Anda dan mencegah Anda mencapai tidur nyenyak. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk bangun di pagi hari keesokan harinya.
  • Hindari gadget
Cara bangun pagi lainnya adalah dengan menghindari gadget, baik sebelum tidur maupun setelah bangun. Mengakses gadget di pagi hari tidak sehat bagi kinerja otak Anda.
Penggunaan gadget sebelum tidur akan membuat Anda lebih sulit untuk tidur nyenyak. Berilah jeda sekitar 30 menit sampai 1 jam untuk berhenti menggunakan gadget sebelum tidur.
Dengan melakukan langkah-langkah cara bangun pagi di atas, Anda bisa membiasakan diri untuk bangun pagi dengan kualitas tidur yang lebih baik.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 06 Januari 21 - 10:13 WIB
Dibaca sebanyak : 67 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback