Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Penyebab Penyakit Pankreatitis Kronis

Penyebab Penyakit Pankreatitis Kronis
Pankreatitis adalah radang pankreas, kelenjar besar yang terletak di belakang lambung Anda. Orang dengan pankreatitis kronis memiliki peradangan pankreas yang terus-menerus yang menyebabkan kerusakan permanen.

Fungsi utama pankreas adalah menghasilkan enzim dan hormon pencernaan, seperti insulin, yang mengatur kadar gula darah Anda. Kerusakan pankreas dapat menyebabkan masalah dengan pencernaan, penyerapan nutrisi, dan produksi insulin.

Akibatnya, orang dengan pankreatitis kronis dapat menurunkan berat badan, mengalami diare, menjadi kekurangan gizi dengan kekurangan vitamin dan mengembangkan diabetes.

Biasanya diperlukan beberapa tahun untuk perubahan permanen dan gejala terjadi.  Sebagian besar kasus pankreatitis kronis disebabkan oleh penggunaan alkohol dalam waktu lama.Selain alkohol, penyebab lain pankreatitis kronis termasuk:
  • Hereditas
Pankreatitis kronis herediter adalah kelainan genetik langka yang menjadi predisposisi seseorang untuk menderita penyakit ini, biasanya sebelum usia 20 tahun.
  • Penyebab genetik
Mutasi gen fibrosis kistik adalah penyebab genetik yang paling dikenal luas. Penyumbatan saluran yang mengeringkan enzim pencernaan dari pankreas. Jika enzim Anda tidak mengalir dengan baik, mereka dapat membuat cadangan dan merusak pankreas. Penyumbatan dapat disebabkan oleh batu empedu, jaringan parut akibat operasi sebelumnya, tumor, atau kelainan pankreas atau dari bentuk atau lokasi saluran pankreas. Kika penyumbatan ditemukan lebih awal, pembedahan atau prosedur yang disebut endoskopi retrograde cholangiopancreatography (ERCP) untuk meredakan penyumbatan dapat membantu mencegah kerusakan pankreas.
  • Pankreatitis autoimun
Untuk alasan yang tidak dapat dijelaskan, beberapa orang mengembangkan antibodi yang menyerang pankreas mereka sendiri.
  • Kadar trigliserida darah sangat tinggi.
Kadang-kadang penyebab mendasar dari pankreatitis kronis tidak dapat diidentifikasi. Orang yang menderita pankreatitis kronis dapat mengalami penurunan kualitas hidup karena rasa sakit dan sering kali harus dirawat di rumah sakit untuk pengobatan.

Penyakit pankreatitis kronis tidak dapat disembuhkan, pengobatan diarahkan untuk menghilangkan rasa sakit, meningkatkan penyerapan makanan, dan mengobati diabetes jika Anda memilikinya.

Karena sebagian besar kasus pankreatitis kronis dikaitkan dengan penggunaan alkohol, cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menghindari atau membatasi penggunaan alkohol. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 20 Juli 20 - 14:04 WIB
Dalam Kategori : PANKREATITIS KRONIS
Dibaca sebanyak : 91 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback