Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Penyebab Gangguan Kejiwaan yang Perlu Diketahui

Penyebab Gangguan Kejiwaan yang Perlu Diketahui
Persoalan hidup yang beragam terkadang bisa membuat seseorang mengalami gangguan kejiwaan dan berdampak pada kondisi mental seseorang tersebut. Kondisi yang berkembang jika tidak segera ditangani dapat berkembang menjadi sakit jiwa. Bisa itu kecanduan obat atau mengalami gangguan kepribadian.
Sakit jiwa merupakan kondisi dimana gangguan mental yang berdampak pada mood, pola piker dan tingkah laku seseorang secara umum. Orang yang mengalami sakit jiwa akan mengalami gangguan seperti tertekan hingga membuatnya tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari selayaknya orang normal lainnya.
Penyebab Gangguan Kejiwaan
Ciri-ciri seseorang yang mengalami sakit jiwa terdapat beberapa macam alias berbeda-beda, hal ini tergantung dari jenisnya. Namun, pada umumnya orang yang mengalami gangguan jiwa bisa dikenali dari beberapa gejala tertentu. Terlepas dari itu, terdapat beberapa kondisi yang penyebabkan seseorang mengalami gangguan jiwa.
Penyebab sakit jiwa sering kali tidak diketahui banyak orang, latar belakang munculnya penyakit ini bisa dari berbagai hal. Pada umumnya, disebabkan karena factor genetik seperti keturunan, kemudian faktor lingkungan hingga perpaduan berbagai faktor. Perpaduan faktor yang terjadi, antara lain bisa seperti berikut ini.
  • Perubahan reaksi kimia yang terdapat pada otak, bisa berdampak pada mood dan seluruh aspek kesehatan mental. Senyawa kimia yang dimaksud adalah neurotransmitter, fungsi dari senyawa ini adalah membawa pesan ke seluruh tubuh dan juga otak.
  • Faktor keturunan bisa menjadi penyebab selanjutnya, riwaway keluarga sedarah dengan riwatat sakit jiwa. Hal ini dikarenakan gen-gen tertentu mampu meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan jiwa bahkan hingga sakit jiwa.
  • Selanjutnya, paparan virus seperti racun, menuman keras dan obat-obatan ketika ibu hamil tengah mengandung bisa membuat sang anak terancam. Ancaman serius yang terjadi bahkan bisa membua anak tersebut membuatnya sakit jiwa.
  • Penggunaan obat-obatan terlarang juga menjadi salah satu penyebab seseorang bisa menjadi gila, selain itu ditambah dengan kejadian traumatis seperti pernah mengalami kejadian tak menyenangkan, misalnya korban pemerkosaan dan yang lainnya.
  • Persoalan hidup yang biasa terjadi adalah adanya tekanan berlebih soal kehidupan, seperti kesulitan keuangan, perceraian hingga hal-hal yang berdampak emosional dan menimbulkan rasa sedih terhadap seseorang.
  • Penyakit keras juga dapat menjadi penyebab seseorang mengalami gangguan jiwa, seperti penyakit kronis kanker atau mengalami kerusakan otak. Selain itu, memiliki sedikit teman atau bahkan tidak mempunyai teman sama sekali juga memberikan dampak signifikan.
Banyak kondisi yang bisa dikategorikan masuk ke dalam sakit jiwa, setiap kelompok terbagi menjadi beberapa jenis yang lebih spesifik. Beberapa kondisi misalnya, gangguan kecemasan, gangguan kepribadian, hingga gangguan afektif yang menyebabkan mood seseorang berubah secara tidak beraturan dan tak menentu.
Selain kondisi tersebut, masih banyak lagi kondisi yang dikategorikan dan masuk dalam keadaan gangguan kejiwaan. Termasuk penyakit demensia Alzheimer dan gangguan tidur, hal ini dikarenakan kondisi itu melibatkan gangguan pada otak manusia, sementara itu penyakit ini tidak dapat membaik dengan sendirinya bahkan bisa memburuk jika tidak segera ditangani.
Biasanya untuk mencegah berada dalam keadaan tersebut, dokter akan memberikan beberapa pilihan obat. Obat-obatan seperti antipsikosis, antidepresi, penstabil mood hingga anticemas akan direkomendasikan bagi orang yang memiliki gejala tersebut. Selain itu, dalam tahap lebih parah rumah sakit jiwa akan melakukan terapi.
Terapi yang dilakukan adalah psikoterapi, dengan stimulasi otak untuk menangani gangguan mental dan depresi. Di samping itu, dukungan dari orang terdekat seperti keluarga dan pasangan kekasih juga memiliki dampak pada kesembuhan.

 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 08 April 20 - 14:11 WIB
Dibaca sebanyak : 161 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback