Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Penyebab, Diagnosa, dan Perawatan Bursitis

Penyebab, Diagnosa, dan Perawatan Bursitis
Bursitis merupakan suatu kondisi menyakitkan yang menyerang kantung kecil berisi cairan yang bernama bursae. Bursae ini menjadi bantalan untuk tendon, otot, dan tulang di dekat persendian tubuh. Penyakit bursitis terjadi ketika bursae menjadi meradang. Daerah yang paling sering menderita bursitis adalah bahu, siku, dan pinggang. Namun, dalam beberapa kasus tertentu, Anda dapat menderita bursitis pada lutut, tumit, dan bagian bawah ibu jari kaki. Bursitis sering muncul di dekat persendian yang sering melakukan pergerakan. Gejala yang ditimbulkan saat seseorang menderita bursitis adalah persendian terasa linu atau kaku, sakit saat Anda menggerakkannya atau menekannya, dan terlihat bengkak serta memerah.
Penyebab bursitis
Penyebab utama bursitis adalah cidera atau kerusakan pada bursae Anda. Kerusakan tersebut dapat memicu rasa sakit, pembengkakan, dan tanda kemerahan di daerah yang sakit. Namun, penyebab juga dapat berbeda tergantung dengan jenis bursitis yang Anda miliki.
  • Bursitis prepatellar
Cidera atau kerusakan pada tempurung lutut atau bursae lutut dapat menyebabkan pembengkakan. Beberapa penyebabnya adalah aktivitas yang berhubungan dengan olahraga, menekuk lutut Anda berulang kali, berlutut dalam waktu yang lama, infeksi, dan bursae berdarah
  • Bursitis olecranon
Sering mengistirahatkan siku Anda pada permukaan yang keras berulang kali atau adanya benturan keras pada bagian belakang siku dapat menyebabkan bursitis jenis ini. Bursitis olecranon juga dapat disebabkan oleh infeksi atau encok.
  • Bursitis trochanteric
Banyak hal dapat memicu peradangan dan rasa sakit di pinggang Anda. Beberapa di antaranya seperti berbaring di pinggul dalam waktu yang lama, cidera, postur yang tidak benar saat duduk atau berdiri, dan penyakit apapun yang menyerang tulang (arthritis)
  • Bursitis retrocalcaneal
Berlari, melompat, atau aktivitas repetitive lainnya dapat membuat bursae di tumit meradang. Memulai aktivitas yang berat tanpa melakukan pemanasan yang baik terlebih dahulu juga dapat menjadi penyebab. Sepatu yang terlalu ketat di bagian belakang tumit juga dapat membuat kondisi ini menjadi semakin buruk apabila menggores bursae.
  • Bursitis septik/infeksi
Bursitis septik terjadi ketika bursae meradang yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Hal ini biasanya terjadi ketika bakteri masuk ke dalam bursae lewat lukat yang ada di sekitar kulit. Infeksi kulit, seperti cellulitis, dapat menyebabkan bursitis septik. Infeksi persendian atau darah juga dapat menyebar ke bursae dan menyebabkan kondisi jenis ini. Gejala bursitis septik sama dengan bursitis non-infeksi. Penyedia layanan kesehatan Anda akan mengambil sampel cairan bursae dan menggunakannya untuk analisa di laboratorium guna mendiagnosa kondisi ini.
Diagnosa dan perawatan
Bursitis dapat didiagnosa dengan bantuan pemeriksaan fisik. Selain itu, dokter juga bisa menggunakan sinar-X atau ultrasound untuk mengambil gambar pada daerah yang sakit. Tes dan sampel darah dari bursae yang sakit juga dapat digunakan untuk membantu diagnosa. Aspirasi jarum sanat direkomendasikan pada kasus bursitis infeksi yang hanya terbatas di persendian saja. Dalam kasus tertentu, misalnya apabila pasien menderita bursitis olecranon, melakukan aspirasi jarum dapat meningkatkan risiko infeksi kedua berpindah dari kulit ke bursae.
Sebagai pengobatan, bursitis dapat diobati dengan banyak istirahat, obat penghilang rasa sakit, dan menempelkan es ke persendian dapat mengurangi rasa sakit akibat bursitis. Selain itu, perawatan lain juga tersedia, seperti pemberian antibiotik, corticosteroid (dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan selama tidak ada bukti adanya infeksi di sekitar bursa), dan terapi fisik atau latihan di rumah.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 04 Juni 20 - 15:27 WIB
Dibaca sebanyak : 204 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback