Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Para Pemimpin Negara dalam Daftar Penerima Vaksin Covid-19 Perdana

Para Pemimpin Negara dalam Daftar Penerima Vaksin Covid-19 Perdana

 

Kurang lebih sudah satu tahun pandemi global Covid-19 melanda seluruh dunia. Banyak sekali lini kehidupan yang hancur diterjang virus corona jenis baru ini. Beruntung, kerja keras para pemangku kebijakan serta seluruh stakeholder dalam menemukan vaksin untuk mengatasi pandemi ini berbuah hasil. Belakangan, banyak nama besar di dunia masuk ke dalam daftar penerima vaksin covid-19 perdana.

Berikut beberapa nama besar dunia yang telah mendapatkan suntikan vaksin covid-19:

  • Perdana Menteri Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab (UEA) memulai program vaksinasi Covid-19 lebih cepat dibanding negara lainnya. Perdana Menteri UEA dan penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum melakukan vaksinasi untuk dirinya pada 2 November 2020. Sebanyak 35.000 tentara dan keluarganya juga mendapatkan suntikan vaksin Sinovac dari Tiongkok.

  • Perdana Menteri Israel

Vaksinasi Covid-19 mulai dilaksanakan di Israel, Sabtu (19/12/2020) silam. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menjadi orang pertama yang disuntik vaksin, sebagaimana laporan Al Jazeera.

Menurut laporan itu, Netanyahu sendiri yang meminta untuk di vaksin pertama kali. Dia disuntik vaksin covid-19 bersama dengan Menteri Kesehatan Yuli Edelstein. Hal itu untuk memberikan contoh kepada masyarakat sekaligus membujuk mereka untuk ikut vaksinasi.

  • Perdana Menteri Singapura

Vaksin Pfizer-BioNTech di Singapura pertama kali disuntikkan kepada Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, pada hari Jumat (8/1/2021) lalu di Rumah Sakit Umum Singapura (SGH). Hal tersebut dilakukan pada posko resmi vaksinasi untuk petugas kesehatan.

Institusi kesehatan umum, termasuk rumah sakit dan poliklinik, di Singapura sudah memulai vaksinasi untuk staf mereka pada hari Jumat (8/1/2021) silam. SGH memperkirakan sekitar 90 karyawannya mendapatkan vaksinasi pada hari pertama vaksinasi ini.

  • Raja Arab

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud juga menjadi pemimpin negara yang masuk ke dalam daftar penerima vaksin covid 19 pertama kali. Dia mendapat suntikan dosis pertama vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTench pada Jumat (8/1/2021) lalu.

Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah kontak langsung kepada Raja Salman, penerimaan vaksin tersebut menjadi salah satu bentuk dukungan dari warga masyarakat sejak awal pandemi hingga saat ini.

  • Presiden Terpilih Amerika Serikat

Joe Biden selaku Presiden Terpilih Amerika Serikat pada Senin (11/1/2021) kemari telah menerima dosis kedua vaksin Covid-19. Adapun dosis pertama telah disuntikkan empat pekan sebelumnya, tepatnya tanggal 21 Desember 2020. Biden disuntik dosis kedua vaksin Pfizer-BioNTech di sebuah rumah sakit di Newark, Delaware, negara bagian yang menjadi tempat kelahirannya dan markas transisinya berada. 

  • Presiden Indonesia

Presiden Indonesia, Joko Widodo, juga menjadi salah satu pemimpin negara yang masuk ke dalam daftar penerima vaksin covid 19 pertama. Jokowi, panggilan akrabnya, menjalani vaksinasi Covid-19 perdana buatan perusahaan asal China, Sinovac, pada Rabu (13/01/2021) di Istana Negara, Jakarta. 

Langkah Jokowi tersebut menandai program yang dimulainya vaksinasi massal Covid-19 di Indonesia. Jokowi mengatakan pada petugas bahwa dia tidak pernah terdeteksi Covid-19 dan menderita penyakit bawaan, seperti diabetes maupun penyakit jantung, sehingga sesuai dengan kriteria penerima vaksin.

Sejak penyuntikan perdana di Istana Negara itu, Indonesia akan terus melakukan penyuntikan vaksin selama setahun penuh ini. Nantinya, pelaksanaan vaksinasi akan dibagi ke dalam beberapa tahap di mana masing-masing tahap memiliki kategori penerima masing-masing.

Setelah Joko Widodo dan beberapa nama lain yang masuk ke dalam daftar penerima vaksin covid 19 perdana di Indonesia, tenaga kesehatan menjadi kelompok kedua yang bakal dapat giliran. Kemudian dilanjut para tenaga pelayanan publik, termasuk polisi dan TNI, dan nantinya program ini diakhiri ketika masyarakat umum sudah divaksin pula.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 18 Januari 21 - 10:42 WIB
Dalam Kategori : DAFTAR PENERIMA VAKSIN COVID-19
Dibaca sebanyak : 96 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback