Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Orphen

Orphen
Orphen merupakan jenis obat yang dapat digunakan pasien jika mereka ingin mengatasi kondisi berikut akibat reaksi alergi: mata berair, pilek, bersin, dan gatal. Obat orphen merupakan salah satu obat yang bisa diperoleh pasien melalui resep dokter, karena obat tersebut perlu digunakan dengan hati-hati.
 
Obat orphen diproduksi oleh Solas Langgeng Sejahtera dan obat tersebut dijual dengan harga sekitar Rp 30.000,00. Obat tersebut tersedia dalam kemasan 1 box yang berisi 20 strip sebanyak 4 mg. Setiap strip tersedia dalam 10 kaplet.
 
Informasi Zat Aktif
Obat orphen merupakan obat yang dikategorikan sebagai obat antihistamin dimana obat tersebut bisa mencegah efek zat yang disebut sebagai histamin. Histamin diproduksi tubuh sebagai tanggapan terhadap zat asing yang bisa menyebabkan alergi.
 
Obat orphen memiliki kandungan utama berupa chlorpheniramine maleate. Berdasarkan proses kerja obat dalam tubuh, kandungan tersebut memiliki status sebagai berikut pada tubuh manusia:
  • Absorpsi
Chlorpheniramine maleate bisa diserap dengan baik dari saluran pencernaan. Meskipun makanan di dalam perut bisa menunda penyerapan kandungan tersebut, makanan tersebut tidak mempengaruhi kadar obat yang menyebar ke peredaran darah.
  • Distribusi
Chlorpheniramine maleate bisa didistribusikan secara luas ke dalam tubuh manusia dan terikat dengan protein lebih dari 70 persen.
  • Metabolisme
Chlorpheniramine maleate melakukan metabolisme di dua bagian antara lain, sel mukosa pencernaan dan hati.
  • Ekskresi
Waktu yang dibutuhkan obat orphen untuk keluar dari tubuh dari separuh kadar obat (pada awalnya) adalah 12 sampai 43 jam bagi orang dewasa, dan 10 sampai 13 jam bagi anak-anak. Obat tersebut bisa diekskresikan ke dalam urine.
 
Manfaat Obat Orphen
Jika Anda mengkonsumsi obat orphen, berikut adalah manfaat yang diperoleh bagi tubuh:
  • Mengurangi gejala yang disebabkan oleh reaksi alergi berupa pilek, bersin yang disertai dengan batuk, mata berair, dan gatal.
  • Mencegah peradangan di bagian rongga hidung.
Aturan Pakai Obat Orphen
Jika pasien ingin menggunakan obat orphen, maka dosisnya adalah sebagai berikut:
  • Anak-anak
Jika usia anak di antara 2 sampai 6 tahun, mereka perlu konsumsi obat orphen sebanyak 1/4 kaplet (3 sampai 4 kali sehari). Jika usia anak di antara 6 sampai 12 tahun, mereka perlu konsumsi obat tersebut sebanyak 1/2 kaplet (3 sampai 4 kali sehari). Jika usia anak lebih dari 12 tahun, mereka perlu konsumsi obat tersebut sebanyak 1 kaplet (3 sampai 4 kali sehari).
  • Dewasa
Jika orang dewasa ingin mengkonsumsi obat orphen, mereka perlu gunakan dosis sebanyak 1 kaplet yang dikonsumsi sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. Obat tersebut bisa dikonsumsi ketika makanan atau tidak.
 
Efek Samping Obat Orphen
Sama seperti obat lain, obat orphen bisa memicu efek samping berupa kantuk, pandangan kabur, sembelit, pusing, dan mual. Jika kondisi memburuk, pasien perlu hubungi dokter supaya kondisinya bisa ditangani lebih lanjut.
 
Penggunaan Obat Orphen dengan Obat Lain
Obat orphen tidak bisa dikonsumsi secara bersamaan dengan obat lain, karena bisa memicu risiko bagi tubuh pasien. Berikut adalah contoh-contoh obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi pasien:
  • Obat psikotropika
Jika pasien mengkonsumsi obat tersebut dengan obat orphen, maka pasien akan meningkatkan rasa kantuk.
  • Obat yang mengandung alkohol
Jika pasien mengkonsumsi obat tersebut dengan obat orphen, maka pasien akan meningkatkan rasa kantuk.
 
Jika Anda Ingin Bertemu dengan Dokter
Jika Anda mengalami kondisi tertentu, Anda bisa bertemu dengan dokter. Sebelum bertemu dengan dokter, Anda bisa mempersiapkan diri dengan beberapa hal di bawah:
  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan ke dokter.
  • Daftar gejala yang Anda alami.
  • Daftar riwayat medis (jika dibutuhkan).
Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter perlu mengetahui kondisi Anda dengan menanyakan pertanyaan seperti:
  • Kapan gejala tersebut Anda alami?
  • Berapa lama kondisi tersebut Anda alami?
  • Apakah Anda mengalami penyakit tertentu?
Setelah mengetahui kondisi Anda, dokter akan menentukan pengobatan untuk mengatasi kondisi yang Anda alami.
 
Kesimpulan
Obat orphen merupakan pengobatan yang dapat digunakan pasien untuk mengatasi reaksi alergi. Meskipun demikian, obat tersebut dapat menimbulkan berbagai efek samping. Jika kondisi Anda memburuk atau ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang orphen, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 30 Desember 20 - 09:27 WIB
Dalam Kategori : OBAT ALERGI, GATAL, BIDURAN
Dibaca sebanyak : 85 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback