Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Olahraga Di Rumah: Untuk Mencegah Corona

Olahraga Di Rumah: Untuk Mencegah Corona
Beberapa negara telah melakukan Lockdown untuk mencegah virus Corona atau COVID-19. Indonesia telah menerapkan Social Distancing. Artinya, kegiatan di luar rumah dibatasi selama 14 hari. Orang-orang perlu belajar dan bekerja di rumah. Olahraga di rumah juga menjadi hal yang dibutuhkan selama mereka masih bisa melindungi diri dari virus Corona.
 
Tidak ada salahnya jika Anda berolahraga di rumah, karena tetap memberikan manfaat yang sama bagi tubuh. Jika Anda adalah anggota di sebuah fasilitas olahraga atau gym, Anda sebaiknya berolahraga di rumah, karena pemerintah telah membatasi sejumlah tempat untuk bersosialisasi atau berkumpul bersama seperti gym.
 
 
Meskipun gym menyediakan banyak peralatan yang bisa Anda pakai sehingga dapat membuat Anda berkeringat, olahraga di rumah juga dapat memberikan pengaruh yang sama pada tubuh. Ada berbagai macam olahraga yang dapat Anda lakukan, antara lain:
1)    Olahraga kardio
Salah satu cara yang dapat Anda lakukan di rumah adalah berolahraga kardio. Kardio adalah cara yang efektif untuk membakar lemak. Anda dapat menggunakan treadmill untuk membakar lemak, namun jika Anda tidak punya treadmill, Anda tidak perlu khawatir, karena berjalan kaki saja sudah termasuk olahraga kardio.
2)    Senam
Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah senam. Ada berbagai jenis senam yang dapat Anda lakukan, salah satunya adalah senam aerobik. Anda hanya perlu mencari cara untuk melakukannya melalui internet.
3)    Yoga
Yoga adalah cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Yoga tidak hanya bermanfaat secara fisik, namun juga secara mental. Manfaat yang diperoleh antara lain menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan pernafasan, dan memperkuat energi dan vitalitas.
4)    Menari
Anda juga disarankan untuk menari sebagai salah satu cara berolahraga. Menurut penelitian, menari dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh. Anda hanya perlu pilih lagu favorit Anda, lalu nyalakan dan lakukan gerakan sebanyak mungkin. Jika bingung ingin melakukan gerakan seperti apa, Anda juga dapat melihat secara online.
5)    Push up
Olahraga di rumah yang bisa Anda coba adalah push up, karena dapat membantu memperkuat bagian atas badan Anda seperti dada.
 
 
 
6)    Sit up
Sit upjuga bisa Anda lakukan karena dapat memberikan manfaat bagi tubuh seperti memperkuat otot perut dan meningkatkan postur tubuh. Anda tidak perlu menggunakan alat sit up untuk melakukannya.
7)    Pull up
Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah pull up. Pull up dapat Anda lakukan untuk membentuk otot lengan dan tubuh bagian atas.
 
Anda sebaiknya rajin berolahraga, apalagi jika Anda harus mengisolasi diri karena virus Corona. Ada banyak aktivitas yang bermanfaat yang bisa Anda lakukan untuk melewati waktu, salah satunya adalah olahraga di rumah.
 
Anda tentunya tidak perlu olahraga di rumah sendiri. Anda juga dapat mengajak teman atau kerabat untuk berolahraga bersama. Selain itu, Anda tidak perlu olahraga yang berat seperti mengangkat beban jika ingin menjaga daya tahan tubuh.
 
Selain olahraga di rumah, ada beberapa cara yang dianjurkan untuk melindungi diri dari virus Corona. Cara-cara tersebut antara lain:
-       Cuci tangan selama 20 detik dengan menggunakan sabun. Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer.
-       Masaklah makanan dengan matang.
-       Anda sebaiknya tetap di rumah dan tunggu pengumuman dari berita jika sudah bisa melakukan banyak aktivitas di luar rumah atau tidak. Untuk sementara, Anda sebaiknya keluar dari rumah hanya untuk keperluan mendesak seperti membeli obat.
Gunakan masker jika Anda sakit.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 13 April 20 - 14:25 WIB
Dalam Kategori : OLAHRAGA, RUMAH
Dibaca sebanyak : 184 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback