Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Obat Bibir Bintik Bintik Akibat Herpes Secara Alami dan Medis

Obat Bibir Bintik Bintik Akibat Herpes Secara Alami dan Medis
Area bibir dan mulut biasanya juga sering muncul bintik kecil dan bisa jadi berisi cairan. Hati-hati, sebab bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh infeksi Herpes Simplex Virus (HSV-1). Ada beberapa obat bibir bintik bintik akibat herpes yang bisa menjadi pilihan untuk Anda.
 
Paling menjengkelkan ketika bintik-bintik tersebut menempel dan saling menyatu. Bintik lepuhan ini terasa keras dan menimbulkan sensasi rasa sakit. Saat kumpulan bintik bintik itu pecah, maka akan berbentuk koreng dan bertahan hingga beberapa hari ke depan.

Gejala Bibir Bintik akibat Herpes
Bibir bintik bintik yang disebabkan oleh herpes ini akan menimbulkan berbagai gejala, seperti:
  • Terasa Gatal
Biasanya, penderita akan merasa gatal, terbakar, hingga terasa geli sebelum muncul bintik bintik di area bibir dan mulut.
  • Melepuh
Muncul titik melepuh kecil berupa bintik yang berisi cairan di bibir dan area mulut, bahkan bisa saja muncul di sekitar pipi atau hidung hingga dalam mulut.
  • Pecah dan Mengeras
Bintik-bintik kecil yang melepuh biasanya saling menyatu dan saat pecah akan menimbulkan koreng lalu mengeras.
 
Herpes ini akan menimbulkan gejala yang berbeda-beda pada masing-masing orang. Jika herpes muncul pertama kalinya, gejala baru muncul setelah 20 hari pasca terpapar virus.

Ketika Anda terinfeksi herpes pertama kali, Anda juga akan mengalami gejala berupa demam, sakit kepala, gusi terasa sakit, sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening, hingga terasa nyeri otot.

Obat Bibir Bintik Bintik Akibat Herpes yang Bisa Dilakukan di Rumah
Bibir bintik bintik akibat herpes akan semakin parah jika tidak ditangani secara tepat. Berikut beberapa pengobatan bibir bintik bintik akibat herpes yang bisa dilakukan.
  1. Sebisa mungkin menghindari penggunaan make up, handuk, serta alat lainnya yang digunakan bersama. Sebab, bintik di bibir akibat herpes ini bisa menular melalui kontak langsung dengan koreng pada penderita. Ini tidak hanya membahayakan orang lain karena bisa tertular, tetapi juga membahayakan kondisi Anda

  2. Jangan digaruk bintik-bintik pada bibir jika terasa gatal. Anda bisa menempelkan es di area bintik tersebut untuk mengurangi rasa gatal

  3. Oleskan tea tree oil di area bintik untuk mengurangi gejalanya

  4. Obat bibir bintik bintik alami yang bisa dicoba adalah campuran garam, susu, dan lemon yang bisa dioleskan 2-3 kali sehari

  5. Jaga pola makan, istirahat yang cukup, serta konsumsi vitamin B12, C, dan vitamin E yang dapat mengobati penyakit bibir bintik bintik ini

  6. Pastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Sebab, tubuh yang dehidrasi akan memperparah kondisi Anda

  7. Hindari menyentuh bintik pada bibir secara langsung karena penyakit ini mudah sekali menular. Pastikan juga agar Anda sering-sering mencuci tangan.

Obat Bibir Bintik Bintik Secara Medis
Sebenarnya pengobatan bintik di mulut karena herpes ini bisa hilang tanpa diobati dalam waktu 1-2 minggu.
 
Biasanya dokter memberikan obat antivirus yang dapat mengurangi rasa sakit dan gejala herpes yang muncul di area bibir Anda.

Berikut beberapa obat bibir bintik bintik yang dapat diminum, yaitu Acyclovir, Famsiklovir, dan Valasiklovir. Obat-obat ini termasuk ampuh untuk mengurangi bintik di bibir karena herpes.

Selain itu, obat bibir bintik bintik lainnya bisa dengan menggunakan salep antivirus. Untuk mengurangi rasa sakitnya, Anda juga bisa mengkonsumsi aspirin, ibuprofen, atau acetaminophen. Tentu saja semua obat bibir bintik bintik tersebut harus dengan resep dokter.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 04 November 20 - 08:48 WIB
Dalam Kategori : EKSIM, ALERGI, HERPES
Dibaca sebanyak : 39 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback