Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Nomor Darurat

Nomor Darurat
Zaman sekarang hidup manusia semakin mudah dengan teknologi. Teknologi dapat memberikan berbagai manfaat bagi manusia, salah satu manfaat tersebut termasuk berhubungan secara online jika tidak bisa hadir di tempat yang ditentukan. Smartphone merupakan gawai yang paling umum digunakan masyarakat karena mereka bisa membawanya ke mana saja. Jika manusia ingin menyimpan kontak, mereka bisa menyimpan nomornya terlebih dahulu. Selain itu, manusia juga bisa menyimpan nomor darurat.
 
Nomor Darurat Perlu Disimpan
Sebagian orang mungkin berpikir bahwa nomor darurat tidak terlihat penting untuk disimpan karena mereka tidak pernah mengalami kejadian apapun. Meskipun demikian, setiap orang sangat dianjurkan untuk menyimpan nomor darurat di HP mereka. Menyimpan nomor darurat akan bermanfaat jika mereka mengalami kejadian yang tidak terduga dan ingin menghubungi seseorang, mereka bisa langsung mencari di daftar kontak yang telah mereka simpan sebagai nomor darurat.
 
Menyimpan nomor darurat tidak hanya mencari pertolongan untuk diri mereka, namun juga untuk orang lain jika mereka melihat adanya kecurigaan seperti mencoba mencuri kendaraan orang lain, mereka bisa langsung menghubungi polisi.
 
Nomor Darurat yang Bisa Dihubungi
Jika Anda berada di situasi seperti ini dan membutuhkan pertolongan dari pihak terkait, berikut adalah nomor kontak yang bisa Anda hubungi:
  1. Layanan darurat: 112.
  2. Layanan ambulans: 118.
  3. Layanan ambulans (jika Anda berlokasi di DKI Jakarta): 119.
  4. Kepolisian: 110.
  5. Pemadam kebakaran: 113.
  6. Bantuan dari petugas SAR (search and rescue): 115.
  7. Informasi yang berhubungan dengan telepon: 117.
  8. Informasi yang berhubungan dengan listrik: 123.
  9. PMI (Palang Merah Indonesia): 021-4207051.
  10. Siker (Sentra Informasi Keracunan): 021-4150767 atau 021-4227875.
Selain nomor di atas, Anda juga sebaiknya simpan nomor-nomor ini:
  • Nomor teman dan anggota keluarga Anda.
  • Nomor kedutaan besar di negara yang Anda kunjungi atau sebagai tempat tinggal Anda.
Informasi Lain Tentang Nomor Darurat
Menyimpan nomor darurat penting supaya manusia dapat berjaga-jaga jika mereka atau orang lain membutuhkan pertolongan. Tidak hanya itu, nomor-nomor yang disebutkan di atas tidak boleh digunakan sebagai bahan lelucon. Jika seseorang menggunakannya sebagai bahan lelucon, mereka bisa ditindak sesuai aturan yang berlaku.
 
Anda sebaiknya jaga HP Anda jika Anda memiliki nomor darurat, dan jika Anda tinggalkan HP Anda, Anda sebaiknya kunci HP Anda dengan kata sandi yang tidak diketahui orang lain, termasuk anak Anda yang belum memiliki pengertian tentang nomor darurat. Selain menjaga privasi, berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya Anda ajari ke anak Anda untuk mempersiapkan diri mereka di situasi yang tidak terduga:
  • Beri tahu anak Anda bahwa nomor darurat akan digunakan jika mereka mengalami masalah yang serius seperti tersesat di suatu tempat.
  • Beri tahu anak untuk menjawab sesuai dengan keadaan yang mereka lihat jika mereka ditanyakan oleh petugas.
  • Pastikan anak Anda untuk mengetahui lokasi yang terjadi dimana mereka mengalami masalah tersebut. Mereka juga perlu berikan petugas nomor telepon dan alamat yang jelas jika mereka tahu lokasi yang tepat.
Nomor Darurat Penting untuk Nyawa
Jika Anda mengalami penyakit yang cukup parah, Anda bisa menghubungi dokter. Jika perlu dibawa ke rumah sakit, Anda bisa meminta ambulans untuk datang ke lokasi Anda. Sebelum bertemu dengan dokter, Anda bisa mempersiapkan diri dengan beberapa hal sebagai berikut:
  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan ke dokter.
  • Daftar gejala karena penyakit yang Anda alami.
  • Daftar riwayat medis (jika diperlukan).
Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter perlu mengetahui kondisi Anda dengan menanyakan pertanyaan seperti:
  • Kapan gejala karena penyakit tersebut terjadi?
  • Berapa lama gejala tersebut Anda alami?
  • Apakah Anda memiliki riwayat medis?
Setelah mengetahui kondisi Anda, dokter akan menentukan pengobatan yang tepat untuk mengatasi kondisi yang Anda alami.
 
Kesimpulan
Nomor darurat sebaiknya Anda simpan. Namun, Anda juga perlu berhati-hati jika Anda menggunakan HP Anda untuk menghindari ketidaksengajaan seperti anak yang (secara tidak sadar) menghubungi pihak terkait yang mengatasi kejahatan atau bencana.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 11 Desember 20 - 16:21 WIB
Dalam Kategori : SERANGAN JANTUNG, PINGSAN
Dibaca sebanyak : 182 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback