Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Muncul Benjolan di Payudara? Bisa Jadi Tanda 6 Penyakit Ini

Muncul Benjolan di Payudara? Bisa Jadi Tanda 6 Penyakit Ini
 
Mengetahui bentuk dan kondisi payudara dalam keadaan normal merupakan salah satu cara mengantisipasi gangguan tertentu yang muncul pada area tersebut. Termasuk yang paling membahayakan adalah kanker payudara, pada umumnya kondisi ini bisa dikenali dengan salah satu ciri yakni adanya benjolan payudara dalam area tersebut.
 
Benjolan pada payudara merupakan ciri kanker payudara yang paling umum dan bisa dikenali oleh para perempuan. Meski demikian, tidak semua benjolan merupakan tanda kanker payudara, sehingga perempuan harus bisa membedakan letak benjolan normal pada payudara dengan benjolan yang menandakan gangguan.
Benjolan Payudara Tanda Penyakit
  • Fibroadenoma
Fibroadenoma mammae (FAM) merupakan salah satu jenis tumor jinak di payudara yang paling sering terjadi. Benjolan yang muncul dan tidak menimbulkan rasa nyeri, bentuknya bulat dengan batas tegas dan memiliki konsistensi yang kenyal serta permukaannya yang halus. Menakutkannya, benjolan yang muncul ini bisa membesar di masa kehamilan.
Benjolan yang muncul sering dialami perempuan yang berusia 20 hingga 30 tahun, umumnya merupakan benjolan yang terasa ketika diraba. Namun, tidak akan menimbulkan rasa sakit dan bisa bergerak ketika disentuh.
  • Lipoma
Benjolan yang muncul di payudara bisa juga disebabkan karena lipoma, merupakan lemak yang tumbuh di bawah kulit secara perlahan. Namun, benjolan ini bisa tumbuh di berbagai anggota tubuh, seperti bahu, punggung, perut hingga payudara. Lipoma merupakan tumor jinak dan tidak berbahaya, meskipun lipoma yang membesar tentu membuat tidak nyaman seseorang.
  • Kista
Benjolan yang muncul di salah satu atau kedua payudara bisa juga menjadi tanda munculnya kista, kondisi benjolan di payudara ini tidak menimbulkan gejala. Selain itu, kista di payudara juga merupakan benjolan yang berisi cairan dengan ukuran yang berbeda-beda. Kista di area ini bisa dialami perempuan di usia berapa pun.
Namun sering ditemui di awal usia 40 tahun, meski demikian kista di payudara merupakan jenis tumor yang jinak karena tidak mengandung sel kanker. Meskipun rasa nyeri yang ditimbulkan kerap membuat seseorang merasa tidak nyaman.
  • Perubahan Fibrokistik
Perubahan fibrokistik atau fibroadenosis juga bisa menjadi penyebab munculnya benjolan di payudara. Kondisi ini bsa menyebabkan perubahan pada payudara yang juga diakibatkan karena perubahan hormon selama siklus menstruasi bulanan. Ini menjadi penyebab munculnya tumor jinak dan dialami oleh perempuan pada usia 35 hingga 50 tahun.
  • Mastitis
Merupakan sebuah peradangan yang terjadi di payudara dan menimbulkan benjolan, dalam beberapa kasus kondisi ini bisa disertai infeksi. Mastitis bisa menimbulkan abses pada jaringan payudara dan kerap kali dialami oleh ibu menyusui, khususnya pada 12 minggu pertama setelah proses persalinan.
  • Kanker Payudara
Meskipun tak semua benjolan di payudara memiliki sifat kanker, namun sebaiknya kondisi ini dianggap sangat serius hingga benar-benar dinyatakan bukan kanker. Benjolan payudara memang sangat berisiko menjadi tanda munculnya kanker dan merupakan kondisi yang tidak boleh disepelekan mengingat kanker payudara merupakan salah satu kanker ganas.
 
Gejala dari kanker payudara yang paling umum terjadi adalah munculnya benjolan, ini menjadi ciri yang khas dan mudah dikenali. Apabila seorang perempuan merasa memiliki benjolan di area payudara, segera periksakan kondisi tersebut ke dokter atau bisa terlebih dahulu mencocokkan kondisi itu dengan ciri benjolan karena kanker, seperti berikut ini.Keras jika dipegang.
  • Biasanya tidak bisa digerakkan atau ditekan.
  • Bentuknya tidak teratur dan ukurannya beragam.
  • Paling sering muncul di dekat ketiak.
  • Tidak selalu menimbulkan rasa sakit.
  • Berwarna kemerahan dan teksturnya menyerupai kulit jeruk.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 08 Oktober 20 - 10:59 WIB
Dalam Kategori : BENJOLAN PAYUDARA
Dibaca sebanyak : 44 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback