Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Minyak Argan

Minyak Argan

Baru-baru ini minyak argan banyak digunakan di industri kecantikan. Minyak tersebut diklaim dapat memberikan banyak manfaat tidak hanya pada kecantikan, namun juga pada kesehatan manusia.


Asal Minyak Argan


Minyak argan berasal dari pohon argan dimana pohon tersebut terletak di wilayah kecil di Maroko. Meskipun berasal dari wilayah kecil, argan telah digunakan di seluruh dunia, dan dapat digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari.


Manfaat Minyak Argan


Banyak orang menggunakan minyak yang berasal dari Maroko, karena dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Melindungi diri dari sinar matahari
    Minyak argan
    memiliki antioksidan yang dapat melindungi kulit manusia dari radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari. Selain itu, minyak argan dapat mencegah terjadinya luka bakar dan hiperpigmentasi sehingga dapat memicu kanker kulit.

     
  • Membantu menjaga kelembaban kulit
    Minyak argan juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit manusia. Anda dapat menggunakannya setiap hari jika Anda berada di lingkungan yang terdapat cuaca yang panas.

     
  • Mengatasi masalah kulit
    Minyak argan memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan dimana kegunaannya dapat mengurangi masalah kulit seperti psoriasis dan rosacea.

     
  • Mengobati jerawat
    Minyak argan bisa Anda gunakan untuk mengobati jerawat. Minyak tersebut dapat mengatur jumlah sebum pada kulit sehingga dapat membuat kulit halus dan menghilangkan jerawat. Anda hanya perlu mengoleskan minyak argan atau krim yang mengandung minyak argan minimal dua kali sehari.

     
  • Mengobati infeksi kulit
    Minyak argan juga dapat mengobati infeksi kulit. Minyak tersebut memiliki sifat antibakteri dan fungisida yang dapat mencegah bakteri dan jamur pada kulit.

     
  • Membantu penyembuhan luka
    Minyak argan juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka, karena memiliki sifat antioksidan.

     
  • Memiliki efek anti penuaan
    Minyak argan juga mengandung sekitar 80 persen asam lemak yang dapat menghilangkan tanda-tanda dan gejala penuaan dini pada manusia. Selain itu, minyak argan dapat memudarkan bintik hitam, mengembalikan elastisitas kulit, serta meningkatkan regenerasi sel-sel kulit yang sehat.

     
  • Mengatasi stretch mark
    Minyak argan dapat digunakan oleh wanita hamil untuk menghilangkan stretch mark atau gores karena melahirkan. Anda hanya perlu mengoleskannya minimal dua kali sehari untuk memudarkan kulit tersebut. 

     
  • Menjaga pencernaan
    Minyak argan juga dapat Anda gunakan untuk menjaga pencernaan. Minyak argan memiliki senyawa organik yang dapat meningkatkan kadar pepsin di dalam perut. Hal tersebut dapat meningkatkan fungsi lambung agar pencernaan makanan lebih efektif sehingga berbagai nutrisi dapat diserap dengan baik di dalam tubuh.

     
  • Mencegah kolesterol
    Minyak argan juga dapat digunakan untuk mencegah kolesterol jahat di dalam tubuh.

Efek Samping Minyak Argan

Minyak argan dapat memberikan berbagai manfaat bagi setiap orang. Namun, tidak semua orang akan mengalami hal yang sama. Minyak argan juga dapat menimbulkan efek samping pada tubuh manusia.


Minyak argan dapat menimbulkan ruam di bagian kulit. Masalah ini akan lebih mudah dialami jika Anda punya alergi terhadap kacang pohon.


Selain itu, minyak argan juga dapat membuat seseorang kehilangan nafsu makan, mual, muntah, dan diare. Meskipun jarang terjadi, minyak argan juga dapat menimbulkan seseorang merasa bingung, kesulitan untuk tidur, merasa gembira secara berlebihan, dan depresi.


Kesimpulan

Meskipun minyak argan dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia, Anda perlu perhatikan bahwa minyak argan juga dapat menimbulkan efek samping, apalagi jika Anda memiliki reaksi alergi, dan belum tentu aman untuk digunakan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter. Jika dokter memperbolehkan Anda untuk menggunakan minyak argan, Anda bisa memakainya.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 19 Juni 20 - 09:08 WIB
Dalam Kategori : MINYAK ARGAN
Dibaca sebanyak : 147 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback