Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Menu Makan Malam Sehat, Turunkan Berat Badan!

Menu Makan Malam Sehat, Turunkan Berat Badan!

 

Makan malam sering kali disebut-sebut sebagai penyebab seseorang dapat naik berat badan. Mungkin hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun, makan malam pun bukan satu-satunya penyebab seseorang naik berat badan. 

Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas apa saja menu makan malam sehat yang dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Atau paling tidak, menu tersebut adalah menu sehat yang aman jika dikonsumsi malam hari. 

Berapa kalori per makan yang bisa menurunkan berat badan?

Pada waktu makan malam, menu makan malam sehat wanita harus menargetkan antara 300-400 kalori, sedangkan untuk pria sekitar 400-500 kalori (dengan menambahkan protein ekstra, biji-bijian atau lemak baik). Pastikan ada sumber protein tanpa lemak, seperti ayam, ikan, kacang-kacangan, tahu, daging, atau telur. Dan, targetkan setidaknya 2-3 porsi sayuran. Tambahkan juga ekstra salad sayuran, seperti bayam, selada, tomat ceri, dan mentimun cincang jika perlu untuk meningkatkan kandungan sayuran untuk kalori yang dapat diabaikan. 

 

Menu makan malam sehat

  1. Ikan kakap ala Veracruz

  • ¼ cangkir buah zaitun hijau cincang

  • 2 sendok makan caper

  • Beberapa buah tomat ceri

  • 1 genggam peterseli segar atau daun ketumbar cincang kasar

  • 1 jeruk nipis, diperas

  • ¼ cangkir minyak zaitun

  • 4 fillet ikan kakap (atau ikan lainnya) masing-masing 4 hingga 6 ons

  • Garam secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Panaskan panggangan dengan api sedang. Dalam mangkuk pencampur, campurkan buah zaitun, caper, tomat ceri, peterseli atau ketumbar, air perasan jeruk nipis, minyak zaitun. 

  2. Lipat empat lembar aluminium foil menjadi dua secara memanjang, lalu buka lipatannya dan taruh diatas meja. Bumbui setiap fillet ikan dengan garam dan letakkan di salah satu sisi kertas, sejajar dengan lipatan. Taburi setiap fillet dengan seperempat bagian salsa. Lipat kertas alumunium hingga menutupi ikan sepenuhnya, lalu gulung tepinya dengan erat untuk menutup bungkusnya. 

  3. Letakkan bungkusan ikan di atas jeruji pemanggang dan tutup penutupnya, suhu panggangan harus maksimal sekitar 450 derajat F. masak fillet sampai matang seluruhnya, 8 hingga 10 menit. Menu ini dapat dimakan untuk 4 porsi. 

  1. Udang jeruk nipis panggang

Kerang dan udang merupakan sumber protein tanpa lemak dan lemak sehat yang baik untuk membuat Anda lebih kenyang dan membantu penurunan berat badan. Ini juga merupakan makan malam yang mudah untuk dibuat dan cepat. 

Anda hanya perlu memanggangnya selama 10 menit hingga matang. Selain itu, Anda pun dapat menambahkan bawang putih, daun bawang, madu, dan jeruk nipis. Jika Anda tidak memiliki pandangan, Anda dapat memegangnya di wajan

  1. Selada ayam giling

Menu berikut adalah menu yang sangat mudah dan cepat untuk makan malam diet Anda. Anda hanya membutuhkan daging ayam giling atau potong halus (dapat diganti ikan atau kalkun dan daging lainnya) yang telah dipanggang atau matang. 

Siapkan daun selada, taruh ayam giling di atasnya dengan perasan jeruk nipis, bawang putih cincang, bawang merah iris tipis, dan Anda bisa memasukkan ketumbar bubuk, kecap atau saus sambal (sesuai selera). Setelah semua sudah masuk ke dalam selada, Anda bisa langsung mengonsumsinya. 


Pada dasarnya banyak sekali menu makan malam sehat yang bisa Anda kreasikan sendiri di rumah, dengan bahan makanan yang tersedia di dapur Anda. Selain itu, untuk membantu menurunkan berat badan yang Anda inginkan, Anda pun harus melakukan aktivitas fisik dan olahraga. Dengan latihan tersebut akan membantu Anda mencapai berat badan yang diinginkan. 

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 19 Maret 21 - 09:38 WIB
Dalam Kategori : MENU MAKAN MALAM SEHAT
Dibaca sebanyak : 48 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback