Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Menilik Manfaat Tak Terduga Sparkling Water bagi Kesehatan

Menilik Manfaat Tak Terduga Sparkling Water bagi Kesehatan

Terkadang orang sulit membedakan antara sparkling water dan air soda karena penampilannya yang hampir sama. Sparkling water merupakan air dengan kandungan mineral tinggi, maka sparkling water cenderung memiliki rasa alami tipis seperti manis, sehingga lebih cocok jika dinikmati tanpa campuran perasa lain. 

Walau cita rasanya tak ada bedanya dengan air putih biasa, namun kita dapat mencecap sensasi gelembung pada sparkling water. Selain itu, beberapa sparkling water juga sebenarnya kerap ditambahkan rasa-rasa tertentu, seperti buah-buahan.

Meskipun minuman sparkling water semakin populer, banyak orang yang masih bertanya-tanya: Apakah ada manfaat dari minuman tersebut bagi kesehatan manusia? 

  • Keuntungan mengonsumsi sparkling water Sparkling Water Tetap Membuat Tubuh Terhidrasi

Banyak orang berpikir bahwa minum air bersoda atau sparkling water dapat membuat tubuh dehidrasi, tetapi para ahli kesehatan mengatakan ini hanya mitos. Pada kenyataannya minum air berkarbonasi dapat membantu tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari. Jadi, dengan meminum sparkling water atau air berkarbonat, ada kemungkinan tubuh seseorang merasa kuat dan tetap terhidrasi sepanjang hari.

Minuman sparkling water menawarkan manfaat yang sama dengan air mineral biasa dan memiliki khasiat yang lebih sehat jika air soda tersebut disaring terlebih dahulu. Air yang disaring dapat menghilangkan senyawa organik, kontaminan, dan bahan kimia berbahaya sehingga dapat dipastikan air yang diminum bersih dan sehat.

Tubuh yang terhidrasi menjadikan kualitas aktivitas, secara fisik maupun mental, jadi lebih baik. Tubuh yang terhidrasi dengan baik juga dapat mengurangi stres oksidatif yang terjadi saat berolahraga. Bahkan sedikit dehidrasi dapat memengaruhi konsentrasi dan suasana hati seseorang. Dehidrasi juga bisa membuat tubuh lebih rentan sakit kepala. 

  • Minum Sparkling Water Dapat Membantu Pencernaan

Jika Anda sering menderita gangguan pencernaan, meminum segelas air karbonasi atau sparkling water mungkin dapat membantu meredakan masalah perut yang sedang dialami. 

Hal ini bisa terjadi karena air karbonat memiliki dampak positif pada pergerakan usus, terutama pada mereka yang mengalami konstipasi. Para peneliti juga percaya bahwa air soda dapat mengurangi keparahan gejala gangguan pencernaan lainnya, seperti sakit perut.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Gastroenterology and Hepatology, pasien yang memiliki kecenderungan untuk pembentukan batu empedu, dispepsia, atau sembelit menunjukkan bahwa terjadi masalah pada kandung empedu mereka. Masalah pencernaan tersebut secara keseluruhan akan membaik setelah minum air karbonasi selama dua minggu. 

  • Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Mungkin manfaat kesehatan yang paling signifikan dari minum air berkarbonasi atau sparkling water adalah membantu menurunkan berat badan seseorang. Hal itu terjadi karena sparkling water dapat membuat seseorang merasa lebih kenyang dibandingkan minum air mineral biasa. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa sparkling water memaksa makanan tetap di perut lebih lama, sehingga akan merasa lebih kenyang.

Ketika perut terasa penuh, maka hal tersebut dapat mengurangi selera seseorang untuk makan. Ini dapat mengurangi jumlah makanan ringan dan banyaknya makanan yang dikonsumsi. Dengan demikian, sparkling water berfungsi sebagai "kalori kosong" yang akan mengurangi keinginan Anda untuk makan. Dengan makan lebih sedikit, berat badan akan turun lebih cepat.

  • Mengurangi Tekanan Darah

Ketika mengonsumsi minuman manis, minuman tersebut tidak hanya mengandung banyak gula tetapi juga dapat membuat tubuh dehidrasi. Ketika Anda mengalami dehidrasi, darah akan mengental dan benar-benar melambat. Dibutuhkan lebih banyak usaha bagi tubuh untuk memompanya, dan ini meningkatkan tekanan darah seseorang.

Seiring waktu, hal ini dapat membahayakan kondisi jantung dan mengakibatkan timbulnya risiko komplikasi kesehatan yang serius. Namun, dengan sparkling water, kita dapat menghindari gula dan mendapatkan cairan yang paling dibutuhkan tubuh. Intinya, Anda dapat menjaga kesehatan jantung Anda dengan meningkatkan kolesterol HDL yang baik, mengurangi kolesterol LDL yang buruk, dan mengatur kadar gula darah.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 12 Mei 20 - 10:45 WIB
Dalam Kategori : SPARKLING WATER
Dibaca sebanyak : 36 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback