Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Mengetahui Peran Enzim Katalase dalam Keberlangsungan Hidup Manusia

Mengetahui Peran Enzim Katalase dalam Keberlangsungan Hidup Manusia
Bicara tentang kehidupan manusia memang tak ada habisnya. Mulai dari hal-hal yang berhubungan dengan mekanisme tubuh, hingga apa pun yang di luar itu selalu menarik untuk diperbincangan. Mungkin Anda pernah mendengar istilah “enzim”, ya, unsur yang diproduksi oleh tubuh manusia itu. Sekarang, mari kita bahas mengenai salah satu enzim yang ada dan cukup unik lantaran perannya dalam keberlangsungan hidup manusia, yakni enzim katalase.
Enzim katalase ini dapat ditemukan pada hampir semua makhluk hidup di muka bumi, baik itu hewan, tumbuhan, dan manusia. Pada manusia, enzim ini ditemukan di hati. Enzim katalase adalah molekul yang terbentuk dari protein yang fungsi utamanya sebagai katalisator. Katalisator adalah proses untuk mempercepat reaksi dalam berbagai proses kimia di dalam tubuh.
Enzim katalase bekerja dengan cara mengurai hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen. Enzim ini mencegah penumpukkan hidrogen peroksida dalam tubuh serta melindungi organel dan jaringan seluler dari radikal bebas.
Nah, lantaran sudah disinggung sedikit mengenai peran dari enzim katalase bagi kehidupan manusia, berikut ini merupakan penjelasan lebih lengkap mengenai fungsinya:
  1. Melawan Radikal Bebas
Lingkungan hidup manusia dipenuhi oleh radikal bebas. Tubuh seseorang tak mungkin bisa terhindar darinya. Hal-hal seperti sinar matahari, radiasi, ozon, asap rokok, asap kendaraan, polusi udara, bahan kimia industri, bahkan makanan pun terdapat radikal bebas. Tak hanya itu, sebenarnya tubuh Anda juga menghasilkan radikal bebas dari proses metabolisme dalam tubuh, misalnya saat bernapas, berolahraga, dan mencerna makanan.
Radikal bebas sendiri adalah molekul kimia yang bersifat tidak stabil dan sangat reaktif. Molekul ini mampu menyerang berbagai molekul lain dalam tubuh, seperti lipid, asam nukleat, dan protein sebagai target utama. Jika dibiarkan terus, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sel, protein, dan DNA yang mengakibatkan gangguan keseimbangan dalam tubuh. Penumpukan radikal bebas akan membuat Anda lebih rentan mengalami infeksi, penyakit sendi, penyakit kardiovaskuler, dan gangguan mental. Radikal bebas juga ikut memicu penuaan dini.
Nah, di sinilah peran enzim katalase dibutuhkan. Enzim katalase berperan untuk melawan efek radikal bebas di dalam tubuh. Enzim ini mengubah radikal superoksida berbahaya menjadi hidrogen peroksida yang kemudian terurai menjadi oksigen dan air yang bermanfaat untuk tubuh.
  1. Campuran Bahan Makanan
Selain bermanfaat untuk tubuh, enzim katalase sintesis atau buatan juga banyak digunakan dalam industri makanan. Kombinasi antara enzim katalase dengan senyawa kimia lainnya dapat menghilangkan senyawa hidrogen peroksida yang dihasilkan susu, sehingga dapat digunakan untuk memproduksi berbagai produk olahan susu, seperti keju.
Tak hanya itu, katalase juga dapat digunakan dalam pembungkus makanan untuk mencegah terjadinya proses oksidasi pada makanan yang dibungkus.
  1. Cairan Pembersih Lensa Kontak
Katalase terkadang juga digunakan dalam produk pembersih lensa kontak. Beberapa jenis lensa kontak yang dijual bebas di pasar ternyata dibersihkan menggunakan larutan hidrogen peroksida.
Setelah dibersihkan, lensa kontak tersebut dibilas menggunakan larutan yang mengandung enzim katalase agar senyawa hidrogen peroksida yang menempel pada lensa kontak dapat terurai (terdekomposisi) sebelum akhirnya digunakan kembali.
  1. Campuran dalam Produk Masker Wajah
Selain digunakan sebagai agen pembersih pada lensa kontak, enzim katalase juga memiliki peran lain dalam dunia kecantikan. Senyawa kimia satu ini sering dijadikan campuran bahan dalam beberapa produk masker wajah.
Penggunaan enzim katalase pada beberapa produk masker wajah berperan untuk membantu meningkatkan oksigenasi sel pada lapisan kulit wajah paling atas (epidermis). Oksigenasi berfungsi mempercepat regenerasi sel kulit wajah, sehingga kulit wajah jadi lebih cerah dan tidak kusam.
***
Berikut itu merupakan beberapa peran dari enzim katalase bagi keberlangsungan hidup manusia. Keberadaan enzim katalase memang berfungsi mengendalikan dan menyeimbangkan mekanisme tubuh manusia. Jika tubuh kekurangan enzim tersebut, seorang manusia bisa saja mengalami berbagai masalah kesehatan.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 21 April 20 - 10:16 WIB
Dibaca sebanyak : 399 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback