Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Mengenal Kepribadian Plegmatis dan 3 Tipe Kepribadian Lainnya

Mengenal Kepribadian Plegmatis dan 3 Tipe Kepribadian Lainnya
Ada banyak teori tentang tipe kepribadian manusia, salah satunya yang cukup terkenal adalah empat tipe temperamen yang juga merupakan model teori kepribadian tertua di dunia. Asal usul tipologi ini berasal dari pengobatan Arab, yang berhasil digunakan untuk mengobati penyakit. 
 
Humorisme (sebuah konsep medis kuno) merupakan inti dari tipologi ini. Humor di sini mengacu pada cairan yang ada di dalam tubuh seseorang. Setiap orang memiliki proporsi cairan yang berbeda dan didominasi oleh satu cairan yang menentukan temperamen dan tipe kepribadiannya. Empat temperamen dan humor utamanya adalah kepribadian plegmatis (dahak), sanguine (darah), kolerik (empedu kuning), dan melankolis (empedu hitam).
  • Kepribadian sanguinis
Orang dengan tipe kepribadian sanguinis cenderung lincah, optimis, riang, dan ceria. Orang-orang ini sangat menyukai petualangan dan memiliki toleransi risiko yang tinggi. Sayangnya, orang-orang yang tulus biasanya kurang mampu menoleransi kebosanan dan akan mencari variasi hiburan lainnya. Secara alami, sifat seperti ini terkadang dapat berdampak negatif pada hubungan romantis dan lainnya.
 
Karena tipe kepribadian sanguinis rentan terhadap perilaku mencari kesenangan, orang-orang cenderung berjuang melawan kecanduan. Bila hal ini dibiarkan secara terus-menerus, dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kegemukan.
 
Di sisi lain, orang-orang berkepribadian sanguinis dikenal sangat kreatif, bahkan bisa menjadi seniman atau penghibur yang hebat. Tidak heran, banyak orang-orang berkepribadian ini berhasil di industri hiburan. Kemampuan alaminya juga akan membantu orang-orang sanguinis memilih pekerjaan yang berhubungan dengan:
  1. Pemasaran.
  2. Perjalanan.
  3. Mode.
  4. Memasak.
  5. Bidang olahraga.
  • Kepribadian plegmatis
Orang dengan tipe kepribadian plegmatis cenderung untuk mencari keharmonisan interpersonal dan hubungan dekatnya dengan orang lain. Mereka juga menjaga hubungannya dengan teman-teman lama, anggota keluarga jauh, dan tetangga. Inilah mengapa orang-orang berkepribadian plegmatis bisa menjadi pasangan yang setia dan penuh kasih.
 
Di sisi lain, orang dengan kepribadian plegmatis lebih suka menghindari konflik dan selalu berusaha menjadi penengah di antara orang lain yang berseteru. Ini dilakukan demi memulihkan perdamaian dan keharmonisan dalam suatu hubungan. Hal positif lainnya adalah orang dengan kepribadian ini sangat suka beramal dan membantu orang lain. 
 
Jika Anda mencari karier yang cocok dan ideal untuk tipe kepribadian plegmatis, maka umumnya yang berkaitan dengan:
  1. Perawat.
  2. Pengajar.
  3. Psikologi atau konseling.
  4. Perkembangan anak.
  5. Pekerjaan yang bersifat pelayanan sosial.
  • Kepribadian kolerik
Seseorang dengan temperamen mudah tersinggung biasanya masuk dalam kategori ini. Orang dengan tipe kepribadian kolerik dikenal sangat cerdas, analitis, dan logis. Mereka juga cenderung sangat praktis dan terus terang, sehingga belum tentu bisa menjadi teman baik atau sangat ramah.
 
Anda akan menemui orang-orang berkepribadian kolerik tidak menyukai pembicaraan kecil dan lebih menyukai percakapan yang dalam dan bermakna. Tidak hanya itu, mereka juga lebih suka sendirian daripada berkumpul atau ditemani oleh orang-orang yang pemikirannya dangkal.
 
Biasanya, mereka ingin menghabiskan waktu dengan orang-orang yang punya minat profesional yang sama dengannya. Oleh sebab itu, pekerjaan yang ideal untuk tipe kepribadian kolerik dalam dunia industri adalah:
  1. Pengelolaan.
  2. Teknologi.
  3. Statistik.
  4. Teknik.
  5. Pemrograman.
  6. Bisnis.
  • Kepribadian melankolis
Orang-orang yang berkepribadian melankolis sangat menyukai tradisi. Mereka juga sangat mencintai keluarga dan teman-temannya dan tidak begitu menyukai mencari hal-hal baru atau berpetualang. Ini tentu saja sangat bertolak belakang dengan tipe kepribadian sanguinis. Terlebih lagi, berusaha sebisa mungkin untuk menghindarinya.
 
Seseorang dengan kepribadian ini jarang sekali menikah dengan orang asing atau orang merantau (meninggalkan kampung halamannya). Ini karena orang-orang melankolis sangat berjiwa sosial dan berusaha untuk berkontribusi semaksimal mungkin pada komunitasnya. Menjadi orang yang sangat teliti dan akurat, berikut karier yang cocok untuk tipe kepribadian melankolis:
  1. Pengelolaan.
  2. Akuntansi.
  3. Pekerjaan sosial.
  4. Administrasi.
Catatan
Keempat tipe kepribadian di atas, yaitu kepribadian sanguinis, plegmatis, kolerik, dan melankolis memiliki ciri khasnya masing-masing. Kepribadian sanguinis dengan optimismenya, kepribadian plegmatis dengan kesetiaan dan kasih sayangnya, kepribadian koleris dengan kemampuan berpikirnya, dan kepribadian melankolis yang sangat kekeluargaan.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 21 Desember 20 - 16:57 WIB
Dalam Kategori : KESEHATAN MENTAL, TIPE KEPRIBADIAN
Dibaca sebanyak : 151 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback