Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Mengenal Elektrolit, Obyek Penting Pemeriksaan Elektrolit

Mengenal Elektrolit, Obyek Penting Pemeriksaan Elektrolit

Anda mungkin pernah mendengar pentingnya melakukan pemeriksaan elektrolit. Namun, tahukah Anda apa itu elektrolit dan fungsinya? Elektrolit terlibat dalam beragam proses penting yang ada pada tubuh manusia. Misalnya, elektrolit memainkan peran yang penting dalam mengatur impuls saraf, kontraksi otot, dan menjaga tubuh tetap terhidrasi sekaligus mengatur kadar pH di dalam tubuh. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan elektrolit dalam jumlah yang cukup dalam diet Anda agar tubuh dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Artikel ini akan membahas hal-hal seputar elektrolit, termasuk fungsi dan risiko ketidakseimbangan elektrolit bagi tubuh. 

Elektrolit adalah sebuah istilah yang memayungi berbagai macam jenis partikel yang membawa muatan listrik negatif ataupun positif. Dalam dunia nutrisi, istilah tersebut mengacu pada mineral penting yang ditemukan di dalam darah, keringat, dan juga urin. Ketika mineral-mineral tersebut larut di dalam suatu larutan, mereka membentuk elektrolit, ion negatif ataupun positif yang digunakan untuk proses metabolisme. Elektrolit yang ditemukan di dalam tubuh terdiri dari sodium, kalium, klorida, magnesium, fosfat, dan bikarbonat. Elektrolit tersebut penting dan digunakan untuk berbagai macam proses di dalam tubuh, termasuk membantu fungsi otot dan saraf, menjaga keseimbangan asam dasar, dan memastikan tubuh tetap terhidrasi. Di sinilah peran pemeriksaan elektrolit penting dilakukan, untuk memastikan agar tubuh tidak kekurangan atau kelebihan elektrolit sehingga fungsi tubuh dapat berjalan dengan semestinya, serta menghindari berbagai macam gangguan kesehatan tertentu. 

Elektrolit penting untuk menjaga sistem saraf dan fungsi otot serta keseimbangan lingkungan di dalam tubuh. 

  • Fungsi sistem saraf

Otak Anda mengirim sinyal elektrik melalui sel saraf agar dapat berkomunikasi dengan sel-sel lain yang ada di dalam tubuh. Sinyal tersebut dikenal dengan sebutan impuls saraf, dan impuls ini dihasilkan oleh perubahan-perubahan arus listrik di jaringan sel saraf. Perubahan ini terjadi akibat pergerakan elektrolit sodium di sekitar jaringan sel saraf. Saat hal tersebut terjadi, reaksi berantai terpicu, menggerakkan ion sodium ke sepanjang akson sel saraf. 

  • Fungsi otot

Elektrolit kalsium dibutuhkan untuk kontraksi otot. Elektrolit ini membantu serat otot agar dapat bergerak satu sama lain saat otot menjadi pendek atau berkontraksi. Magnesium juga dibutuhkan dalam proses ini sehingga serat otot dapat meluncur ke luar dan otot dapat rileks setelah kontraksi. 

  • Hidrasi yang baik

Air harus dijaga berada pada jumlah yang tepat baik di luar maupun di dalam setiap sel-sel tubuh. Elektrolit, khususnya sodium, membantu menjaga keseimbangan cairan melalui osmosis. Osmosis adalah sebuah proses di mana air bergerak melalui dinding jaringan sel dari larutan encer (lebih banyak air dan lebih sedikit elektrolit) kearah larutan yang lebih kental (kurang air dan lebih banyak elektrolit). Hal ini akan mencegah sel-sel tubuh untuk pecah karena layu akibat dehidrasi. 

  • Kadar pH internal

Agar tetap sehat, tubuh Anda perlu mengatur kadar pH internalnya. pH adalah sebuah alat ukur untuk tahu apakah sebuah larutan tersebut asam atau basa. 

Dalam beberapa kasus, kadar elektrolit di dalam tubuh dapat berubah menjadi terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, sehingga dapat menyebabkan ketidakseimbangan. Sehingga, pemeriksaan elektrolit harus dilakukan dengan rutin. Gangguan elektrolit dapat menyebabkan efek berbahaya bagi kesehatan dan dapat menyebabkan kematian dalam beberapa kasus. Ketidakseimbangan elektrolit dapat terjadi akibat dehidrasi yang disebabkan oleh keringat berlebih, muntah, dan juga karena diare.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 23 Maret 20 - 10:35 WIB
Dalam Kategori : ELEKTROLIT TUBUH
Dibaca sebanyak : 184 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback