Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Mengenal Psoriasis Gutata, Penyakit Autoimun yang Menyerang Kulit

Mengenal Psoriasis Gutata, Penyakit Autoimun yang Menyerang Kulit
 
 
Penyakit autoimun merupakan penyakit yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh mengalami kekeliruan dan menyerang jaringan tubuh yang sehat. Psoriasis merupakan bagian dari penyakit autoimun yang terdiri atas berbagai jenis, salah satunya psoriasis gutata.
 
Psoriasis gutata biasanya muncul setelah radang tenggorokan dan infeksi serupa lainnya. Kondisi ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil berwarna merah muda di permukaan kulit. Benjolan ini berbentuk seperti tetesan air mata, bersisik, dan berukuran kecil.
 
Faktor penyebab psoriasis gutata
Sebagai penyakit autoimun, tidak diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan kondisi ini. Belum ada penelitian yang bisa menemukan faktor pemicu gangguan fungsi pada sistem kekebalan tubuh.
Akan tetapi, ada beberapa faktor yang memicu kemunculan gejala penyakit ini, seperti:
  • Cedera pada kulit
  • Radang tenggorokan
  • Stres
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, termasuk obat malaria dan obat jantung
  • Perubahan atau gangguan hormon
  • Konsumsi alkohol berlebih
  • Gangguan sistem saraf dan sistem endokrin
Dalam beberapa kasus, psoriasis gutata diturunkan secara genetik. Oleh sebab itu, Anda memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena kondisi ini apabila anggota keluarga Anda pernah menderita hal yang serupa sebelumnya.
 
Gejala psoriasis gutata
Benjolan akibat kondisi psoriasis jenis ini berukuran kecil namun berjumlah cukup banyak. Kemunculannya bisa terjadi secara tiba-tiba. Dalam kondisi yang parah, benjolan bisa menutupi sebagian besar permukaan kulit tubuh.
Benjolan pada kondisi ini memiliki ciri-ciri seperti:
  • Berukuran kecil
  • Berwarna merah muda
  • Terpisah antara satu benjolan dengan benjolan lainnya
  • Benjolan pada kulit lebih tipis daripada kondisi psoriasis plak
Penyebaran benjolan bisa terjadi di mana saja, mulai dari wajah, telinga, permukaan kulit kepala, dan lain sebagainya. Akan tetapi, benjolan ini tidak akan muncul pada telapak tangan, telapak kaki, dan kuku.
Gejala psoriasis jenis ini terdiri atas tiga tahap, meliputi:
  • Tahap ringan, ditandai dengan bintik-bintik yang menutupi 3% dari permukaan kulit
  • Tahap sedang, jumlah bintik mulai bertambah dan menutupi sekitar 3-10% permukaan kulit Anda
  • Tahap berat, bintik menutupi lebih dari 10% area permukaan kulit tubuh, bahkan menyebar sampai ke seluruh tubuh
Diagnosa dan pengobatan pasien psoriasis gutata
Kondisi psoriasis gutata biasanya ditangani oleh dokter spesialis kulit. Dokter bisa melakukan diagnosa dengan melihat gejala pasien tanpa harus melalui tes pencitraan. Seluruh diagnosa dilakukan berdasarkan pemeriksaan fisik.
 
Dokter akan menanyakan riwayat kesehatan Anda dan keluarga. Hal ini dilakukan karena beberapa kasus psoriasis gutata diturunkan secara genetik.
 
Apabila dokter mencurigai adanya kemungkinan Anda menderita psoriasis jenis ini, dokter mungkin meminta Anda untuk menjalani tes darah. Selain itu, dokter juga bisa mengambil sampel bakteri dari tenggorokan Anda untuk diuji di laboratorium.
 
Setelah melakukan diagnosa, dokter akan menentukan metode perawatan yang paling tepat. Ada beberapa perawatan yang dilakukan untuk pasien dengan kondisi ini, seperti konsumsi obat-obatan.
 
Psoriasis gutata bisa diatasi dengan obat-obatan ringan, terdiri atas obat minum ataupun obat salep. Obat salep biasanya menggunakan salep atau pelembab yang mengandung steroid untuk dioleskan ke permukaan kulit. Sementara, obat minum biasanya berupa antibiotik untuk melawan infeksi.
 
Selain itu, ada juga fototerapi, yaitu terapi dengan menggunakan sinar ultraviolet untuk memperbaiki inflamasi pada kulit tubuh. Terapi ini hampir serupa dengan berjemur di bawah sinar matahari.
 
Apabila Anda mengalami gejala di kulit kepala, Anda bisa menggunakan sampo antiketombe untuk meredakan rasa gatal. Selain itu, gejala psoriasis gutata juga bisa dikendalikan dengan menggunakan pelembab yang mengandung tar batubara.


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 02 September 20 - 10:04 WIB
Dalam Kategori : PSORIASIS GUTATA
Dibaca sebanyak : 107 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback