Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Mengenal Fungsi Hormon Progesteron Alami dan Buatan

Hormon prosgesteron sintetik, merupakan sebuah hormon yang diproduksi di laboratorium yang digunakan untuk keperluan medis. Fungsi hormon progesteron secara alami terdapat di dalam tubuh ketika dilepaskan oleh ovarium. Selain itu, hormon ini memiliki banyak fungsi yang bermanfaat.
Hormon ini digunakan sebagai obat buatan yang beraneka ragam, seperti diantaranya dalam bentuk obat minum, oles hingga suntikan. Setiap obat yang dihasilkan dari hormon progesterone memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan si penerima.
Fungsi Hormon Progesteron
Secara umum fungsi hormon ini banyak ditujukan kepada wanita, agar wanita dapat lebih memahami mekanisme yang terjadi di dalam tubuh mereka. Lebih lanjut, inilah beberapa fungsi yang terdapat di dalam hormon progesterone.
  • Sistem Reproduksi
Hormon ini berperan dalam mempersiapkan rahim sebagai tempat untuk tumbuhnya janin. Berama estrogen, hormone progesterone dapat mengubah lendir leher rahim menjadi lebih kental hingga menebal di awal masa kehamilan.
Akibat turunnya kadar hormon progesterone bisa menyebabkan keguguran, selain itu juga dikaitkan dengan masa ovulasi dengan kemungkinan seorang wanita dapat hamil atau tidak nantinya.
Hormon ini juga berperan dalam proses menyusui, progesterone dan estrogen mampu menginisiasi laktasi atau persiapan menyusui seorang ibu. Kedua jenis hormon ini dapat membantu merangsang kelenjar susu dalam memproduksi ASI.
  • Masa Pubertas
Hormon progesterone juga memiliki manfaat bagi seorang perempuan yang tengah memasuki masa pubertas, yakni membentuk perempuan tersebut. Bersama dengan hormon estrogen untuk mematangkan payudara, rambut kemaluan hingga peningkatan lemak di area pinggan dan paha.
  • Seksualitas
Hormon progesterone juga berfungsi dalam meningkatkan gairah seksual atau libido seorang perempuan. Biasanya seorang perempuan akan mencapai masa puncaknya sebelum memasuki masa ovulasi.
Faktor yang menyebabkan munculnya kondisi tersebut adalah dikarenakan kadar hormone progesterone dan estrogen beserta testoteron mengalami peningkatan dalam waktu yang bersamaan.
Manfaat Hormon Progesteron
Selain fungsi, hormone progesterone juga memiliki banyak manfaat, khususnya bagi seorang perempuan. Beberapa manfaat ini kerap kali muncul dalam pertumbuhan dan perkembangan perempuan tersebut.
  • Merangsang dan menginduksi menstruasi.
  • Mampu mengobati pendarahan rahim yang muncul karena ketidakseimbangan hormon dan sindrom sesudah masa menstruasi.
  • Menjadi komponen yang berperan penting pada kontrasepsi hormonal, seperti pil KB, KB suntik hingga KB implan.
  • Bersama hormone estrogen sebagai bagian dari terapi hormon pengganti.
  • Mampu digunakan untuk meredakan gejala yang timbul akibat berhenti mengonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Mampu digunakan untuk menangani gejala menopause, diantaranya seperti kulit wajah memerah dan panas.
  • Mampu digunakan untuk mencegah dan mengobati gejala alergi akibat hormon lain.
  • Mampu melebarkan leher rahim.
  • Mampu digunakan untuk mengobati nyeri pada payudara karena gangguan yang sifatnya nonkanker.
Meski demikian, penggunaan hormon progesteron tidak boleh asal, misa penggunaan terhadap penyakit tertentu justru dihindari. Dampak dari penggunaan asal hormon ini adalah munculnya gangguan kesehatan.
Misalnya seperti penyakit kanker payudara, kemudian pendarahan vagina dengan sebab yang belum diketahui, hingga penderita gangguan pada fungsi hati. Untuk penggunaan hormon ini dianjurkan agar seseorang melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
Sedikit penjelasan di atas merupakan penjabaran mengenai fungsi hormon progesteron khususnya untuk para perempuan. Satu hal yang harus diketahui dan dipahami adalah meskipun hormon ini memiliki banyak fungsi dan manfaat, penggunaannya tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan petunjuk dari dokter.Semoga artikel ini menambah wawasanmu.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 22 Januari 20 - 17:43 WIB
Dalam Kategori : HORMON, PROGESTERON
Dibaca sebanyak : 24 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback