Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Mengecilkan Kemungkinan Mioma Uterus dengan Diet

Mengecilkan Kemungkinan Mioma Uterus dengan Diet
Mioma uterus adalah pertumbuhan abnormal di rahim Anda, biasanya juga disebut fibroid uterus, mioma, fibroid, dan leiomioma. Mioma uterus adalah tumor non-kanker yang kadang-kadang berkembang di dalam rahim. Mereka adalah tumor ginekologi non-kanker yang paling umum didapatkan pada wanita premenopause. Perkiraannya bervariasi, tetapi menurut Kantor Kesehatan Wanita, fibroid dapat mempengaruhi antara 20 dan 80% orang sebelum memasuki usia 50 tahun.
 
Pada banyak kasus, mioma uterus dapat mengecil dan menghilang tanpa pengobatan. Namun, jika Anda mengalami gejala yang mengganggu atau parah, Anda dapat menggunakan perawatan alami dan melakukan perubahan diet untuk menghilangkan gejala yang terkait dengan mioma uterus.
 
Beberapa orang dapat memperbaiki gejala dari mioma uterus dengan membuat perubahan diet, perubahan gaya hidup, dan menjaga manajemen stres mereka.
 
Berikut yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi, atau bahkan menghilangkan, rasa sakit dan gejala lain yang Anda miliki dari mioma uterus:
 
Perubahan diet
 
Berikut perubahan diet yang dapat membantu Anda dengan mioma uterus:
 
  1. Daging
 
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi lebih banyak daging merah dan makanan padat energi, makanan yang mengandung banyak kalori, lemak, dan gula, lebih mungkin menghasilkan mioma uterus. Mengganti daging merah (sapi, ham, atau domba) dengan daging putih (ayam atau kalkun) dapat membantu Anda mengurangi resiko mioma uterus.
 
Secara umum, mengganti daging merah dengan daging putih atau sumber protein nabati, seperti kacang, bisa menjadi langkah yang baik untuk kesehatan Anda. Menurut American Heart Association, daging mengandung kadar lemak jenuh dan trans yang tinggi, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda dan memperburuk penyakit jantung.
 
  1. Vitamin
 
Hasil penelitian di tahun 2011, yang mengamati lebih dari 22.583 wanita premenopause, menunjukkan bahwa, orang yang makan lebih banyak buah dan lebih banyak vitamin A yang berasal dari hewan, lebih kecil kemungkinannya memiliki mioma uterus.
 
Sumber vitamin A hewani termasuk produk susu, ikan, dan daging.
 
Makanan yang mengandung vitamin tertentu dapat melindung Andai dari mioma uterus dan juga meningkatkan kesehatan diet Anda. Makanan tersebut termasuk:
 
  • Ikan berminyak, seperti salmon, mackerel, dan tuna
  • Makanan yang kaya akan flavonoid, termasuk buah beri
  • Sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, dan selada
  • Buah jeruk, seperti lemon dan limau
  • Produk kedelai
  • Kacang lebar
 
Jika Anda merasa tidak dapat mendapatkan cukup vitamin tertentu melalui diet atau makanan yang Anda konsumsi, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengambil suplemen vitamin.
 
Perubahan gaya hidup
 
Ditemukan bahwa faktor gaya hidup dapat membantu memperbaiki gejala yang berhubungan dengan mioma uterus, seperti haid yang menyakitkan atau banyak dan depresi. Hal yang dapat dilakukan termasuk:
 
  • Aktivitas fisik secara rutin
  • Latihan pernapasan
  • Konsumsi makanan yang sehat
  • Tai Chi
  • Yoga
 
Mioma uterus lebih sering terjadi pada orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, sehingga mempertahankan berat badan yang sehat juga dapat melindungi Anda terhadap mioma uterus. Melakukan olahraga teratur dan makan makanan sehat adalah cara yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan Anda.
 
Mioma uterus adalah pertumbuhan tumot non-kanker yang umum terjadi di rahim. Meskipun mioma uterus bukan kanker, penyakit ini dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda. Segera diskusikan dengan dokter Anda mengenai opsi perawatan jika Anda merasakan gejala dari mioma uterus.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 10 Januari 20 - 17:38 WIB
Dalam Kategori : MIOMA UTERUS, PENYAKIT
Dibaca sebanyak : 93 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback