Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Mengapa Ventilasi Rumah Penting

Mengapa Ventilasi Rumah Penting
 
 
Ventilasi rumah merupakan komponen penting untuk menjaga rumah dan penghuninya tetap sehat dan nyaman.  Ventilasi adalah komponen utama untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan yang tepat. Ventilasi menjaga udara mengalir melalui rumah, menghilangkan kontaminan, penumpukan kelembaban, dan bau.
 
Kelembaban dapat dengan mudah menumpuk di rumah Anda, yang disebabkan oleh infiltrasi udara alami dan aktivitas yang terjadi di dalam ruangan seperti mandi, memasak, dan peralatan yang menggunakan air panas. Tanpa ventilasi yang baik, uap air akan menumpuk di area yang hidup, merembes ke dinding dan menempel di permukaan. Hal ini menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan jamur, paparan jamur berbahaya bagi kesehatan keluarga Anda, dan pertumbuhan jamur dapat menyebabkan kerusakan serius pada rumah.
 
Paparan jamur yang disebabkan oleh ventilasi rumah yang buruk dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti:
 
  • Iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Masalah sistem kekebalan tubuh
  • Memburuknya gejala pada mereka dengan penyakit autoimun
  • Kerusakan pernapasan
 
Ventilasi yang tepat dapat menghilangkan penumpukan kelembaban di rumah dengan menjaga udara tetap bergerak. Kelembaban yang berlebihan dipindahkan dari area hidup untuk mencegah pertumbuhan jamur dan kerusakan pada struktur dan perabotan yang disebabkan oleh tingkat kelembaban yang tinggi.
 
Ventilasi dapat memiliki berbagai bentuk.  Secara umum, sistem dapat dikategorikan sebagai berikut:
 
  • Ventilasi mekanis hanya buang
Ventilasi jenis ini adalah strategi yang relatif umum di mana kipas angin kecil, biasanya di kamar mandi, beroperasi baik secara terus menerus atau sebentar untuk menguras udara basi dan kelembaban yang dihasilkan di kamar-kamar tersebut. Keuntungan dari strategi ini adalah kesederhanaan dan biaya yang rendah. Kerugiannya adalah tekanan negatif dapat menarik radon dan gas tanah lainnya yang tidak Anda inginkan di rumah.
 
  • Ventilasi mekanis khusus pasokan
Sesuai namanya, kipas membawa udara segar, dan udara basi keluar melalui celah dan kebocoran udara di rumah. Sistem ventilasi jenis ini baik dalam menjaga radon dan kontaminan lainnya memasuki rumah, tetapi berisiko memaksa udara yang sarat kelembaban ke dalam rongga dinding dan langit-langit di mana kondensasi dan masalah kelembaban dapat terjadi.
 
  • Ventilasi seimbang
Ventilasi yang jauh lebih baik disediakan melalui sistem yang seimbang di mana kipas terpisah mendorong aliran udara masuk dan keluar. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengontrol dari mana udara segar berasal, dari mana udara segar dikirim, dan dari mana udara buangan dikeluarkan. Sistem ventilasi yang seimbang dapat berupa sumber titik atau saluran. 
 
Untuk meningkatkan ventilasi rumah Anda, pastikan semua ventilasi terbuka dan tidak terblokir. Ventilasi rumah penting untuk menjaga kenyamanan, kesehatan, dan kualitas udara dalam ruangan di rumah.  Tanpa ventilasi yang tepat, udara di rumah menjadi stagnan, kontaminan ada pada konsentrasi yang lebih tinggi, dan tingkat kelembaban dapat meningkat, menyebabkan jamur dan masalah lainnya.


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 15 Juni 20 - 12:20 WIB
Dalam Kategori : VENTILASI RUMAH
Dibaca sebanyak : 53 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback