Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Mengapa Kecerdasan Emosional Sangat Penting?

Mengapa Kecerdasan Emosional Sangat Penting?
Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan mengatur emosi diri dengan cara yang positif guna mengatasi stres, berkomunikasi dengan lebih efektif, berempati dengan orang lain, mengatasi tantangan, dan meredam konflik. Kecerdasan emosional membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat, sukses di sekolah atau kantor, dan mencapai tujuan pribadi ataupun karir yang diimpikan. Kecerdasan emosional juga dapat membantu Anda untuk berhubungan dengan perasaan yang dimiliki, mengubah niat menjadi aksi, dan membuat keputusan bijak tentang apa yang penting untuk diri Anda sendiri. 
 
Kecerdasan emosional itu penting
Seperti yang banyak orang tahu, untuk sukses dalam hidup dan karir, Anda tidak perlu menjadi yang paling pintar. Anda mungkin kenal orang-orang yang cerdas di dunia akademis namun tidak kompeten secara sosial dan tidak sukses dalam dunia karir serta hubungan pribadi. Ini dikarenakan kemampuan intelektual saja tidak cukup dalam menggapai sukses dalam hidup. IQ mungkin dapat membantu Anda mendapatkan nilai baik di kampus. Namun, kecerdasan emosional lah yang dapat membantu Anda mengatasi stres dan emosi dalam menghadapi ujian akhir. Kecerdasan emosional Anda akan memengaruhi:
  • Kinerja di sekolah atau kantor
Kecerdasan emosional yang tinggi dapat membantu Anda menjalani kompleksitas sosial di ruang lingkup pekerjaan, memimpin dan memotivasi orang lain, dan sukses berkarir. Faktanya, dalam mencari kandidat karyawan yang penting, banyak perusahaan kini menilai kecerdasan emosional seseorang, yang sama pentingnya dengan kemampuan teknis, serta menguji EQ seseorang sebelum mempekerjakan mereka. 
  • Kesehatan fisik Anda
Apabila Anda tidak mampu mengatur emosi, ada kemungkinan Anda tidak dapat mengatur stres. Hal ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Stres yang tidak terkontrol dapat meningkatkan tekanan darah, melemahkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Stres juga dapat menyebabkan ketidaksuburan dan mempercepat proses penuaan. Langkah pertama dalam meningkatkan kecerdasan emosional adalah belajar bagaimana mengatur stres. 
  • Kesehatan mental
Stres dan emosi yang tidak terkontrol juga dapat memengaruhi kesehatan mental Anda, membuat Anda rentan menderita depresi dan kecemasan. Apabila Anda tidak mampu memahami, merasa nyaman, atau mengatur emosi, Anda akan kesulitan dalam membangun hubungan-hubungan yang kuat. Hal ini dapat membuat Anda merasa kesepian dan terisolasi, yang mana dapat memperburuk kondisi kesehatan mental Anda. 
  • Pengaruh terhadap hubungan
Dengan memahami emosi Anda dan tahu bagaimana mengaturnya, Anda akan dapat mengekspresikan perasaan dengan lebih baik dan memahami bagaimana perasaan orang lain. Hal ini dapat membuat Anda dapat berkomunikasi dengan lebih efektif untuk nantinya dapat membuat hubungan yang lebih kuat, baik hubungan kerja ataupun hubungan pribadi.
  • Kecerdasan sosial
Selaras dengan emosi Anda memiliki tujuan sosial yaitu menghubungkan Anda dengan orang lain dan dunia di sekitar Anda. Kecerdasan sosial membuat Anda mengenal mana yang dapat dianggap teman dan mana yang dianggap musuh, mengukur ketertarikan orang lain terhadap diri Anda, mengurangi stres, menyeimbangkan sistem saraf lewat komunikasi sosial, dan merasa dicintai serta bahagia. 
 
Beberapa orang terlahir dengan kecerdasan emosional. Apabila Anda tidak memilikinya, Anda masih dapat mempelajarinya lewat praktik. Meningkatkan interaksi dengan orang lain merupakan salah satu cara untuk belajar kecerdasan emosional. Cara lain dalam melatih kecerdasan emosional adalah dengan bersikap rendah hati, dan biarkan orang lain memiliki kesempatan untuk sukses dan menggapai mimpi mereka. Cobalah untuk menggapai tujuan Anda tanpa perlu adanya kebutuhan akan perhatian ataupun pujian. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 21 Agustus 20 - 11:54 WIB
Dalam Kategori : KECERDASAN EMOSIONAL
Dibaca sebanyak : 67 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback