Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Memahami Cara Kerja Vaksin Covid 19

Memahami Cara Kerja Vaksin Covid 19
Saat ini ada dua jenis vaksin di Amerika yang resmi atau disetujui untuk digunakan, yaitu Pfizer dan Moderna. Moderna menjadi pengembang vaksin yang berbasis di Massachusetts, bermitra dengan National Institute of Health untuk menguji vaksin virus corona atau yang dikenal sebagai Covid 19. Sedangkan Indonesia sudah mulai mendatangkan vaksin Sinovac dari China, namun masih menunggu hasil uji klinis fase 3 selesai.
Lalu bagaimana cara kerja dari vaksin Covid 19 sendiri. Apakah vaksin cukup ampuh untuk melawan virus corona yang akan menyerang tubuh atau sebaliknya. Selain itu, masih banyak negara yang berlomba-lomba untuk mempercepat pengujian vaksin tersebut.
Cara kerja vaksin Covid 19
Vaksin Covid 19 akan membantu tubuh kita mengembangkan kekebalan terhadap virus penyebab Covid 19 tanpa kita harus terserang penyakit. Berbagai jenis vaksin bekerja dengan cara yang berbeda untuk menawarkan perlindungan, tertapi dengan semua jenis vaksin, tubuh memiliki persediaan limfosit-T “memori” serta limfosit B yang akan mengingat cara melawan virus itu di masa depan.
Biasanya dibutuhkan waktu beberapa minggu bagi tubuh untuk memproduksi limfosit-T dan limfosit B setelah divaksin. Oleh karena itu, ada kemungkinan seseorang tertular virus penyebab Covid 19 sebelum atau setelah vaksinasi dankemudian jatuh sakit kerna vaksin tidak mempunyai cukup waktu untuk memberikan perlindungan.
Terkadang, setelah vaksinasi, proses pembentukan kekebalan bisa menimbulkan gejala, seperti demam. Gejala ini normal dan merupakan tanda bahwa tubuh sedang membangun kekebalan.
Jenis vaksin
Saat ini, terdapat tiga jenis utama vaksin Covid 19 yang masih atau telah selesai uji klinis skala besar tahap 3 di Amerika Serikat. Di bawah ini, adalah uraian tentang bagaimana setiap jenis vaksin mendorong tubuh kita untuk mengenali dan melindungi kita dari virus penyebab Covid 19.
  • Vaksin mRNA, mengandung bahan dari virus yang menyebabkan Covid 19 yang memberikan petunjuk kepada sel kita tentang cara membuat protein tidak berbahaya yang unik untuk virus. Setelah sel kita membuat salinan protein, mereka menghancurkan materi genetik dari vaksin. Tubuh kita menyadari bahwa protein seharusnya tidak ada di sana dan membangun limfosit-T dan limfosit B yang akan mengingat cara melawan virus penyebab Covid 19 jika koita terinfeksi di mansa mendatang.
  • Vaksin sununit protein, termasuk potongan (protein) virus yang tidak berbahaya yang menyebabkan Covid 19, bukan seluruh kuman. Selain divaksinasi, sistem kekebalan kita akan mengenali bahwa protein tidak termasuk dalam tubuh dan mulai membuat limfosit-T dan antibodi. Jika kita pernah terinfeksi di kemudian harii, sel memori akan mengenali dan melawan virus. 
  • Vaksin vector, mengandung versi yang dilemahkan dari virus hidup, virus yang berbeda dari yang menyebabkan Covid 19, yang memiliki materi genetik dari virus yang menyebabkan Covid 19 dimasukkan ke dalamnya (ini disebut vector virus). Begitu vector virus berada di dalam sel kita, materi genetik memberikan instruksi kepada sel untuk membuat protein yang unik untuk virus yang menyebabkan Covid 19. Dengan menggunakan instruksi ini, sel kita membuat salinan dari protein tersebut. Ini mendorong tubuh kita untuk membangun limfosit-T dan limfosit B yang akan mengingat cara melawan virus itu jika kita terinfeksi di masa mendatang.
Vaksin Covid 19 lebih dari satu kali suntikan?
Kebanyakan vaksin Covid 19 membutuhkan lebih dari satu kali suntikan. Kecuali satu vaksin yang saat ini masih dalam uji klinis fase 3 di Amerika Serikat menggunakan dua suntikan. Suntikan pertama biasanya diberikan untuk membangun perlindungan diri. Suntikan kedua beberapa minggu kemudian diperlukan untuk mendapatkan perlindungan maksimal yang ditawarkan dari vaksin tersebut. Salah satu vaksin yang masih dalam tahap uji klinis fase 3 tersebut hanya membutuhkan satu suntikan saja.
Jadi, mendapatkan vaksin Covid 19 adalah salah satu cara dari banyak langkah yang dapat Anda ambil untuk melindungi diri Anda dan orang lain dari Covid 19. Perlindungan dari Covid 19 sangat penting karena bagi sebagian orang dapat menyebabkan penyakit komplikasi yang parah atau bahkan kematian.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 11 Desember 20 - 14:34 WIB
Dibaca sebanyak : 69 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback