Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Manfaat Pemanasan Dan Beragam Fakta Seputarnya

Manfaat Pemanasan Dan Beragam Fakta Seputarnya
 
Ada banyak manfaat pemanasan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukannya sebelum atau sesudah aktivitas dan olahraga. Tidak hanya pemanasan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, yang mana merupakan faktor penting dalam kebugaran tubuh, pemanasan juga dapat memperbaiki postur tubuh, mengurangi stres dan sakit tubuh, dan lain-lain. Artikel ini akan membahas hal-hal seputar jenis pemanasan dan manfaat yang penting untuk tidak dilewatkan.
 
Jenis-jenis teknik pemanasan
Sebelum membahas tentang manfaat pemanas, ada baiknya Anda mengenal jenis dan tipe teknik pemanasan, yaitu dinamis, statis, balistik, PNF, pasif, dan pemanasan aktif. Dua bentuk pemanasan yang paling umum dijumpai dan dilakukan adalah statis dan dinamis.
  • Pemanasan dinamis.
Melibatkan gerakan-gerakan aktif yang menyebabkan otot Anda untuk meregang, namun regangan tersebut tidak di tahan di akhir posisi. Pemanasan jenis ini umumnya dilakukan sebelum latihan untuk mempersiapkan otot agar siap terhadap gerakan-gerakan latihan.
  • Pemanasan statis
Pemanasan jenis ini melibatkan menahan peregangan dalam posisi yang nyaman selama beberapa saat, umumnya antara 10 hingga 30 detik. Pemanasan bentuk ini umumnya sangat ideal dilakukan setelah Anda melakukan latihan atau olahraga.
 
Kesalahpahaman tentang pemanasan
Banyak orang beranggapan bahwa waktu terbaik untuk melakukan pemanasan adalah setelah Anda latihan, saat otot-otot ditubuh mulai hangat. Anggapan tersebut memiliki kebenaran dan kesalahannya sendiri. Akan lebih aman untuk meregangkan otot yang hangat, dan otot yang hangat akan lebih relaks dan memiliki rentang gerak yang lebih besar. Akan tetapi, berjalan dengan cepat atau berlari selama 5 menit, hingga keringat muncul sedikit, dibutuhkan untuk pemanasan sebelum peregangan. Akan lebih baik apabila Anda melakukan pemanasan sebelum dan setelah latihan.
 
Orang-orang juga kerap melakukan pemanasan dalam posisi yang tidak nyaman. Tentu saja anggapan ini salah besar. Apabila pemanasan atau peregangan menyebabkan rasa sakit, Anda melakukan hal yang salah. Saat Anda mencoba meregang, berhentilah saat Anda merasakan adanya ketegangan. Tarik napas dalam-dalam saat Anda menahan posisi peregangan tersebut selama 15 hingga 30 detik. Relaks, dan ulangi peregangan tersebut dengan mencoba bergerak lebih jauh dari sebelumnya.
 
Manfaat pemanasan
Ada banyak manfaat pemanasan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukannya sebelum latihan atau olahraga, seperti:
  • Meningkatkan aliran darah ke otot
Melakukan pemanasan dengan teratur dapat meningkatkan sirkulasi. Sirkulasi yang baik dapat meningkatkan aliran darah ke otot, sehingga dapat memperpendek masa pemulihan dan mengurangi nyerti otot.
  • Memperbaiki postur tubuh
Manfaat pemanasan lain adalah memperbaiki postur tubuh yang kurang baik akibat ketidakseimbangan otot. Sebuah studi menemukan bahwa kombinasi antara latihan kekuatan dan peregangan untuk grup otot tertentu dapat mengurangi rasa sakit musculoskeletal dan mendukung postur lurus yang direkomendasikan.
  • Membantu menyembuhkan dan mencegah sakit punggung
Otot yang kencang dapat mengurangi rentang gerak. Saat hal ini terjadi, Anda akan memiliki risiko lebih besar untuk menciderai otot di bagian punggung. Pemanasan dan peregangan dapat membantu menyembuhkan cidera otot dengan cara meregangkan otot. Rutinitas peregangan dan pemanasan yang teratur juga dapat mencegah sakit punggung di masa mendatang.
Baik Anda baru memulai latihan ataupun seorang atlet profesional, Anda bisa mendapatkan manfaat pemanasan sebelum melakukan aktivitas olahraga dengan teratur. Dengan meluangkan waktu sebanyak 5 hingga 10 menit untuk melakukan pemanasan statis dan dinamis dalam latihan sehari-hari, Anda bisa meningkatkan rentang gerak, memperbaiki postur tubuh, dan menenangkan pikiran.


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 22 Juli 20 - 12:19 WIB
Dalam Kategori : MANFAAT PEMANASAN
Dibaca sebanyak : 100 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback