Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Manfaat Olahraga Dayung dalam Ruangan

Manfaat Olahraga Dayung dalam Ruangan
 
Umumnya kita mengenal olahraga dayung dilakukan di sungai, laut, atau danau. Meski demikian, jenis olahraga tersebut juga bisa dilakukan di dalam ruang. Biasanya, hal itu kita temukan saat berkunjung ke tempat kebugaran atau gym.
 
Jika anda bertanya-tanya bagaimana bisa olahraga dayung dilakukan di dalam ruangan, maka jawabannya adalah adanya alat yang disebut rowing machine. Apabila di antara kita menggunakan alat tersebut, maka seluruh otot akan ikut terlatih. Tentunya, itu membuat kita mendapatkan banyak manfaat.
 
Berkenaan dengan itu, artikel ini akan membahas mengenai manfaat olahraga dayung di dalam ruangan. Pembaca tenang saja, sebab keuntungan yang bisa kita dapat dari olahraga tersebut tidak sedikit kok.
  • Menyehatkan Jantung
Yap, anda tidak salah membacanya. Olahraga dayung seperti gerakan rowing berpotensi menyehatkan jantung kita. Hal itu disebabkan lantaran jika dilakukannya secara teratur, kita bisa memiliki tekanan darah rendah, menjaga kadar kolesterol, sampai berat badan yang sehat alias ideal. Bila itu kita dapatkan, maka manfaatnya adalah bisa terhindar dari risiko serangan jantung, diabetes, obesitas, bahkan stroke.
  • Stimulasi dan Membangun Kekuatan Otot
Manfaat berikutnya dari olahraga dayung di dalam ruangan adalah bisa memberikan stimulus pada seluruh otot tubuh. Kalaupun dibandingkan dengan olahraga jenis lain yang memberikan stimulus pada tubuh, seperti bersepeda dan lari, maka jenis olahraga dayung lebih unggul. Sebabnya, 60% kekuatan otot diperoleh dari bagian bawah atau kaki dan sisanya alias 40% dari bagian tubuh atas.
 
Berdasarkan itu, olahraga dayung di dalam bisa membuat kumpulan otot bagian atas, core, dan bawah ikut bekerja jika dilakukan dengan alat yang sudah disebutkan di awal. Tidak hanya manfaat tersebut, jika rutin dilakukan juga bisa membuat otot lebih kuat.
 
Hanya saja, jika ingin maksimal perlu diselingi juga dengan olahraga angkat beban dengan kemampuan latihan disesuaikan masing-masing. Oleh karenanya, semakin banyak latihan, maka akan maksimal kekuatan otot yang dibentuk.
  • Membakar Kalori dan Menghilangkan Lemak
Tentunya yang tidak bisa disangkal adalah olahraga dayung di dalam ruangan bisa membakar kalori. Hanya saja, dalam mencapai berat badan ideal tersebut kita perlu juga mengimbanginya dengan pola makan. Sebab, bagaimanapun juga kalori yang dibakar harus lebih banyak daripada makanan yang kita konsumsi.
 
Namun, yang perlu kita ketahui juga, manfaat membakar kalori juga dipengaruhi beberapa hal, seperti durasi melakukannya, berat badan, dan intensitas seberapa sering kita melakukannya. Tentu, kita akan mendapatkan hasil maksimal kalau melakukannya dengan intens. Jadi, jangan segan untuk menyusun jadwal, ya.
 
Selain membakar kalori, olahraga dayung juga bisa menghilangan lemak dalam tubuh. Jika kita melakukannya dengan kondisi sering dan konsisten, seperti melakukan gerakan rowing selama dua setengah jam selama seminggu, maka itu bisa membantu menghilangkan lemak.
 
Oleh karenanya, mengatur jadwal berapa menit dalam sehari perlu kita lakukan agar semuanya terkontrol. Di sisi lain, tentu disarankan dalam melakukannya disertai dengan angkat beban dan mengatur pola makanan, dengan mengutamakan protein dan sayur.
  • Olahraga Alternatif
Jika tidak ingin menjadikan olahraga dayung dengan gerakan rowing sebagai yang utama, maka jenis olahraga ini bisa dijadikan alternatif. Hal itu utamanya bisa berlaku bagi pembaca yang sedang mengalami cedera, tetapi tetap ingin olahraga demi menjaga kondisi tubuh. Bisa sebagai alternatif juga, bagi anda yang ingin membuang keringat di luar ruangan, tetapi kondisi cuaca tidak memungkinkan.
 
Dari penjelasan di atas, kita akhirnya tahu bahwa olahraga dayung di dalam ruangan memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, terlebih bisa menyehatkan jantung. Oleh karenanya, tidak ada salahnya kita mencoba melakukannya di rumah. Terlebih, dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini yang membuat kita khawatir jika terlalu sering berolahraga di luar rumah.


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 21 September 20 - 10:38 WIB
Dalam Kategori : OLAHRAGA DAYUNG
Dibaca sebanyak : 51 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback