Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Manfaat Olahraga Lari Pagi untuk Turunkan Berat Badan

Manfaat Olahraga Lari Pagi untuk Turunkan Berat Badan
Salah satu manfaat olahraga pagi hari adalah mampu untuk menurunkan berat badan, selain itu pagi merupakan waktu yang tepat untuk memulai aktivtas yang menyehatkan tubuh. Pertimbangkan manfaat lari pagi dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan berdampak baik.
 
Menurut sebuah penelitian, berolahraga di pagi hari mudah untuk dilakukan karena sangat mudah dijadikan sebagai rutinitas. Melakukan olahraga menjadi satu aktivitas favorit yang selalu dikaitkan dengan upaya seseorang untuk menurunkan berat badan. Selain tidak memerlukan banyak biaya, olahraga juga bisa dilakukan dengan mudah.
 
• Bisa Dijadikan Rutinitas Harian
Olahraga pagi biasanya dipilih kebanyakan orang yang sulit untuk menjadikan olahraga sebagai rutinitas harian, hal ini dilakukan karena olahraga di pagi hari memiliki banyak keuntungan. Salah satu yang paling sering dirasakan oleh banyak orang ketika olahraga di pagi hari adalah belum terganggu kesibukan lain.
Aktivitas fisik di pagi hari sangat baik dilakukan untuk membakar kalori, hanya dengan rata-rata kecepatan lain 8km/jam sudah mampu dipakai untuk membakar kalori 295 kalori. Kemudian, jika berjalan dengan kecepatan rata-rata 5,5 km/jam mampu menghilangkan sebanyak 140 kalori di tubuh seseorang.
Usahakan untuk melakukan olahraga pagi sebanyak 3 kali dalam satu minggu dan menghabiskan waktu sekitar 60 sampai 90 menit. Untuk pemula, 10 menit olahraga di pagi hari yang dilakukan setiap hari sudah cukup. Meski demikian kegiatan ini harus ditingkatkan secara bertahap bagi para pemula.
• Meringankan Gangguan Tidur
Menurut sebuah penelitian, olahraga lari di pagi hari mampu dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kualitas tidur. Hal ini menjadi faktor penting dalam upaya menurunkan berat badan karena kualitas tidur yang buruk mampu mempengaruhi hormon tertentu dalam tubuh, bahkan bisa memengaruhi nafsu makan.
Kebutuhan tidur yang cukup dan terpenuhi mampu memperbaiki keseimbangan hormon, sehingga nantinya tubuh akan mudah dalam mengendalikan nafsu makan. Hasil studi menyebut seorang wanita yang berusia di antara 50 sampai 75 tahun dengan berat badan berlebih dapat tidur lebih baik jika setiap pagi berolahraga 60 menit per hari.
Tips Olahraga Lari Pagi
• Usahakan untuk mengonsumsi buah, jus atau yogurt 30 menit sebelum melakukan lari pagi, hal ini diperlukan agar Anda terhindar dari rasa pusing bahkan hingga lemas ketika berolahraga dalam keadaan perut kosong.
• Sebelum memulai lari, lakukan peregangan untuk membantu tubuh supaya lebih lentur dan sebagai bentuk meminimalisir cedera. Caranya bungkukan tangan hingga mencapai jari kaki, lalu putar kepala ke arah kanan dan kiri.
• Jika sudah selesai melakukan lari pagi, segera lakukan pendinginan selama beberapa menit. Caranya, tarik napas dalam sejenak biarkan tubuh santai, lakukan selama satu hingga dua menit. Pendinginan setelah berolahraga lari bisa dilakukan sebelum makan pagi, jelang mandi atau memulai aktivitas lain.
• Alternatif lain, pertimbangkan untuk melakukan olahraga di pusat kebugaran atau gym. Berolahraga di pusat kebugaran sangat baik untuk mempertahankan momentum atau motivasi Anda dalam berolahraga.
Berolahraga di pagi hari memang mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, namun bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan bahkan memiliki risiko penyakit jantung sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.
Disarankan pula berolahraga sesuai dengan kemampuan untuk mendapatkan manfaat olahraga pagi, akan lebih baik jika menjadikan olahraga pagi sebagai aktivitas sehari-hari guna mendapatkan kesehatan dari lari pagi secara maksimal.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 31 Desember 19 - 11:24 WIB
Dalam Kategori : OLAHRAGA
Dibaca sebanyak : 122 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback