Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Manfaat Masker Kefir

Manfaat Masker Kefir
 
 
Semakin hari, pemakaian masker sebagai upaya perawatan kulit wajah semakin populer. Salah satu jenis masker yang saat ini cukup banyak diminati orang adalah masker kefir. Hal ini wajar, mengingat banyaknya manfaat masker kefir untuk kesehatan kulit wajah Anda.
 
Masker kefir merupakan masker yang terbuat dari bahan kefir. Kefir sendiri adalah produk olahan dari susu yang difermentasi. Produk ini serupa dengan yogurt, tapi memiliki bakteri baik atau probiotik yang lebih banyak serta bertekstur lebih padat.
 
Untuk bisa menggunakan masker kefir, Anda bisa membelinya secara langsung di toko atau membuatnya sendiri di rumah. Masker kefir yang dijual di pasaran biasanya sudah tercampur dengan bahan kimia lain dan alkohol.
 
Manfaat masker kefir untuk kecantikan
Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang cerah dan sehat dengan pemakaian masker kefir secara rutin. Beberapa manfaat masker kefir untuk kecantikan antara lain:
  • Menyamarkan garis halus
Banyak orang percaya bahwa kefir memiliki fungsi sebagai anti-aging. Hal ini dibuktikan melalui kemampuannya untuk mengatasi gejala penuaan, salah satunya menyamarkan garis halus.
Kemampuan masker kefir dalam menyamarkan garis halus didapat dari kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA), sebuah kandungan aktif yang mampu mengatasi berbagai kondisi kulit. AHA mendukung produksi kolagen pada kulit, sehingga mengurangi kemunculan garis-garis halus.
  • Mengatasi jerawat
Manfaat masker kefir yang lainnya adalah kemampuan untuk mengatasi jerawat. Sebagai probiotik, Kefir memiliki fungsi antiinflamasi untuk mengatasi peradangan, serta mampu melawan bakteri-bakteri jahat penyebab jerawat.
Melalui fungsi tersebut, peradangan pada kulit akibat jerawat dapat teratasi dengan cepat. Tidak hanya itu, jerawat pun akan lebih jarang muncul berkat perlindungan dari kandungan pada masker kefir.
  • Menjaga kelembaban kulit
Masker kefir cocok juga digunakan untuk Anda yang memiliki kondisi kulit kering. Kulit yang kering seringkali menyebabkan tekstur wajah yang terasa kasar. Dengan menggunakan masker kefir, tekstur wajah Anda akan kembali lembut dan tetap lembab.
Probiotik pada kefir juga memiliki kemampuan untuk melindungi dan menjaga kelembaban alami pada kulit. Dengan begitu, kelembaban wajah Anda akan tetap terjaga dan terhindar dari paparan radikal bebas.
Membuat masker kefir sendiri di rumah
Anda tidak perlu membeli produk masker berbahan kefir di pasaran. Manfaat masker kefir tetap bisa Anda rasakan dengan mencoba untuk membuat masker sendiri di rumah. Berikut tips membuat masker kefir berdasarkan jenis kulit Anda:
  • Kulit normal dan kombinasi
Bagi Anda yang memiliki kondisi kulit normal atau kombinasi, Anda perlu menyiapkan dua sendok teh kefir dan satu buah timun. Parut timun sampai halus, kemudian peras sampai menghasilkan sari timun.
Campurkan sari timun dengan kefir lalu aduk sampai halus. Oleskan di wajah dan diamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat.
  • Kulit berminyak
Untuk kulit berminyak, Anda akan memerlukan dua sendok teh kefir, satu buah putih telur, dan satu sendok teh madu. Campurkan ketiga bahan tersebut dalam mangkok, lalu aduk sampai merata.
Oleskan di wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Putih telur akan membantu dalam mengencangkan pori, sementara madu membantu dalam menyembuhkan bekas jerawat dan luka di kulit.
  • Kulit kering
Campurkan dua sendok teh kefir, satu buah kuning telur, dan satu sendok teh minyak zaitun. Setelah diaduk, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kuning telur dan minyak zaitun akan membantu dalam meningkatkan kelembaban kulit.
Pastikan Anda membuat masker kefir yang sesuai dengan jenis kulit untuk bisa merasakan manfaat masker kefir dengan maksimal. Jangan lupa untuk membilas wajah dengan air bersih setelah menggunakan masker.


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 17 September 20 - 10:26 WIB
Dalam Kategori : MANFAAT MASKER KEFIR
Dibaca sebanyak : 71 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback