Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Manfaat Madu untuk Jerawat, Efek Samping, Cara Menggunakannya

Manfaat Madu untuk Jerawat, Efek Samping, Cara Menggunakannya
Tampaknya, tidak hanya virgin coconut oil (VCO) yang sedang hype, tetapi juga madu sebagai bahan alami untuk kecantikan. Madu telah menjadi sorotan dalam perawatan kecantikan alami yang harus dimiliki. Pasalnya, produk alami 100% ini telah diketahui dapat melembutkan dan mencerahkan kulit. Tidak hanya itu, manfaat madu juga dikenal bisa mengatasi jerawat yang membandel. Makin penasaran kan, seefektif apa sih manfaat madu untuk jerawat? Check it now! 
 
Mengenal madu dan manfaatnya
Madu adalah bahan alami yang sudah dikenal selama berabad-abad. Rasa manis yang dihasilkan madu berasal dari senyawa-senyawa, aktivitas enzim, dan bakteri yang hidup di dalamnya. Bahkan, sebagian besar kandungan madu bergantung pada sumber tanaman yang digunakan lebah untuk membuatnya.
 
Manfaat utama madu di antaranya sebagai antimikroba, yang ampuh membunuh bakteri di kulit Anda. Inilah mengapa madu dapat bermanfaat sebagai agen penyembuhan luka. Selain itu, madu adalah humektan alami yang dapat menjaga kelembapan kulit Anda. Semua ini karena madu memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, antivirus, dan antijamur.
 
Manfaat madu untuk jerawat
Menurut Dr. Shamban yang diwawancarai oleh tim Byrdie, madu mengandung senyawa flavonoid, hidrogen peroksida, dan asam fenolik yang bermanfaat untuk kulit. Madu mentah yang tidak diproses adalah madu yang paling efektif untuk mengatasi permasalahan jerawat Anda. Kabarnya, potensi manfaat madu untuk jerawat ini berasal dari aktivitasnya yang dapat:
  • Membersihkan pori-pori.
Madu secara alami memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membersihkan kulit wajah Anda hingga ke pori-pori. Inilah yang membuat madu efektif mengatasi dan mencegah jerawat dengan baik. Anda bisa membersihkan wajah dari kotoran debu atau sisa make-up dengan sedikit madu mentah.  
  • Mengangkat sel-sel kulit mati.
Madu dapat bekerja lebih baik sebagai pembersih dibandingkan sebagai eksfoliator, karena tekstur dan konsistensinya yang halus. Namun, sering kali produk perawatan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati menggunakan campuran bahan madu dan gula. 
  • Memudarkan bekas jerawat.
Madu mengandung sejumlah kecil hidrogen peroksida yang bisa memberikan efek mencerahkan kulit. Efek ini yang membuat madu dapat membantu memudarkan bekas jerawat dan hiperpigmentasi kulit yang mengganggu.
  • Melembabkan kulit.
Manfaat madu juga dapat melembabkan kulit, karena sifatnya dapat menarik kelembapan ke dalam kulit dari udara. Ini sangat penting untuk kulit Anda yang kering dan mudah berjerawat. Mengoleskan madu pada wajah adalah cara terbaik untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi, bercahaya, segar, dan kenyal setiap saat.
 
Efek samping madu
Sebelum Anda memutuskan menggunakan madu untuk perawatan kulit Anda sehari-hari, penting untuk mengetahui apakah Anda alergi atau tidak terhadap madu. Jika Anda memiliki alergi terhadap lebah, serbuk sari, atau racun lebah, maka dapat menyebabkan reaksi alergi terhadap madu. Jadi, penting untuk Anda mengujinya dengan mengoleskan sedikit madu ke kulit. Jika ternyata muncul reaksi alergi, maka sebaiknya Anda tidak menggunakannya lagi.
 
Cara mengaplikasikan madu ke kulit
Berikut beberapa langkah mengaplikasikan madu ke kulit wajah, yaitu:
  1. Bersihkan wajah Anda sebelum dioleskan madu. Ini untuk mengantisipasi jika madu terlalu lengket di wajah Anda. 
  2. Setelah bersih, oleskan satu sendok makan madu secara tipis-tipis ke wajah Anda, terutama di bagian yang berjerawat. Hati-hati, jangan sampai madu masuk ke mata Anda.
  3. Diamkan selama 20 menit, kemudian cuci wajah Anda sampai bersih dan keringkan dengan kain lembut.
Inilah manfaat madu untuk jerawat yang bisa Anda jadikan sebagai perawatan kulit secara rutin. Namun ingat, jika Anda memiliki kulit yang sensitif atau alergi, hindari mengoleskan madu ke kulit. Ini untuk mencegah efek samping yang akan membahayakan kesehatan kulit Anda.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 20 November 20 - 06:40 WIB
Dalam Kategori : JERAWAT, KESEHATAN KULIT, PERAWATAN KULIT
Dibaca sebanyak : 26 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback