Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Manfaat Kefir: Dari Bantu Program Diet hingga Cegah Kanker

Manfaat Kefir: Dari Bantu Program Diet hingga Cegah Kanker
Serupa dengan tekstur yogurt secara kasat mata, kefir masih jarang sekali dibicarakan. Padahal manfaat kefir untuk kesehatan sangat beragam. Kefir dalam bahasa Turki berarti ‘merasa baik’. Sebutan ini bukan tanpa alasan. Penduduk lokal merasakan beragam manfaat kefir untuk kesehatan, hingga mereka pun merasa ‘merasa lebih baik‘.
 
Biji kefir terbuat dari campuran bakteri baik dan ragi. Selanjutnya, ia akan diolah dengn susu kambing atau sapi, hingga kemudian layak untuk dikonsumsi. Menurut para ahli, kandungan probiotik di dalam kefir jauh lebih baik jika dibanding dengan yogurt. 
 
Manfaat kefir tersebut berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya, tidak hanya probiotik. Diketahui bahwa dalam satu gelas kefir rendah lemak atau setara dengan 175 mililiter, terdapat berbagai kandungan nutrisi, seperti:
  • Protein: 4 gram
  • Vitamin B12: 12% dari rekomendasi asupan harian (RAH)
  • Kalsium: 10% dari RAH
  • Magnesium: 3% dari RAH
  • Vitamin B2 (riboflavin): 10% dari RAH
  • Fosfor: 15% dari RAH
Di samping itu, kefir juga memiliki manfaat tambahan dari sedikit kandungan vitamin D. 
 
Apa saja manfaat kefir untuk kesehatan?
  • Menjaga kesehatan tulang
Di dalam kefir tidak hanya terkandung kalsium, namun juga vitamin K2. Peran vitamin K2 untuk kesehatan sangat penting dalam proses metabolisme kalsium. Beberapa penelitian menyebutkan, bahwa mengonsumsi vitamin K2 terbukti mampu menurunkan risiko patah tulang hingga 81%.
 
Di samping itu, beberapa studi pada hewan uji juga membuktikan manfaat kefir untuk proses penyerapan kalsium pada sel tulang. Kondisi ini akan berdampak pada peningkatan kepadatan tulang. Walau begitu, penelitian ini masih memerlukan riset lebih lanjut pada manusia secara langsung.
  • Hanya mengandung sedikit laktosa
Banyak dari produk susu pada umumnya mengandung laktosa atau gula alami dalam kadar yang cukup tinggi. Banyak pula orang dewasa yang ternyata memiliki kesulitan dalam mencerna laktosa dalam tubuhnya. Kondisi ini dikenal dengan intoleransi laktosa.
 
Manfaat kefir yang satu ini dapat Anda maksimalkan sebagai pilihan lain dari mengonsumsi susu biasanya. Kefir mampu mengubah laktosa menjadi asam laktat di dalam tubuh, serta mengandung enzim yang mampu memecah laktosa tersebut. 
 
Sebagai pilihan, Anda dapat mengonsumsi kefir yang terbuat dari air kelapa, jika tidak ingin mengonsumsi minuman dengan kandungan laktosa.
  • Menurunkan berat badan
Berdasarkan sebuah riset yang dilakukan pada hewan uji, memberikan hasil bahwa tikus yang obesitas berhasil menurunkan berat badannya secara signifikan setelah mengonsumsi kefir. Dari penelitian ini dapat diasumsikan bahwa manfaat kefir lainnya, yaitu berpotensi untuk menurunkan berat badan. Meskipun begitu, masih harus dilakukan riset lebih lanjut untuk mengonfirmasi penelitian yang sudah-sudah.
  • Membantu melawan bakteri jahat dalam tubuh
Berbagai penelitian menyebutkan, bahwa kandungan probiotik dalam kefir yang disebut sebagai Lactobacillus kefiri mampu untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam tubuh, seperti E. coli, Helicoacter pylori, dan Salmonella. Di samping itu, kefir juga mengandung senyawa tertentu, bernama kefiran yang merupakan suatu jenis karbohidrat yang bersifat antibakteri.
  • Berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker
Dalam berbagai penelitian, disebutkan bahwa probiotik mampu menghambat pertumbuhan tumor. Caranya, yaitu dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Dari sinilah, potensi manfaat kefir diyakini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.
 
Dalam suatu studi tabung menghasilkan fakta, bahwa ekstrak kefir dapat menurunkan jumlah sel kanker payudara sampai 56%, jika dibanding dengan ekstrak yogurt yang hanya berkisar pada angka 14%. 
 
Walau begitu, potensi manfaat kefir satu ini masih perlu untuk dilanjutkan kembali penelitiannya untuk mengonfirmasi efektivitas manfaatnya pada manusia.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 28 September 20 - 12:52 WIB
Dalam Kategori : MAKANAN SEHAT, KEFIR
Dibaca sebanyak : 29 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback