Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Manfaat dan Risiko Varicose Vein Stripping

Manfaat dan Risiko Varicose Vein Stripping
Varises merupakan gangguan yang muncul ketika pembuluh darah vena membesar, melebar dan terjadi penumpukan darah. Kondisi ini biasanya ditandai dengan pembuluh berwarna merah atau ungu kebiruan yang bengkak dan menonjol di bawah kulit. Untuk mengatasi kondisi ini dilakukan prosedur bedah mengangkat varisus dari kaki atau paha disebut dengan varicose vein stripping.
 
Gangguan ini muncul ketika pembuluh darah vena tidak berfungsi secara normal, vena memiliki katup satu arah yang mencegah darah mengalir kembali ke arah yang sama. Katup yang tidak berfungsi normal seperti lemah atau rusak bisa membuat adanya penumpukan darah pada pembuluh darah dan tidak mengalir ke jantung.
 
Manfaat Varicose Vein Stripping
Prosedur operasi ini mampu mengatasi varises dan membantu mencegahnya kembali, prosedur ini dikenal juga sebagai stripping vena dengan ligasi, avulsi atau ablasi. Beberapa kondisi akan direkomendasikan dokter untuk dapat menjalani operasi ini, seperti misalnya pasien merasakan sakit yang konstan, berdenyut dan nyeri terjadi di kaki.
 
Kemudian munculnya luka dan ulkus pada kulit pasien yang diakibatkan tekanan di pembuluh darah yang terlalu kuat. Lalu, munculnya gumpalan darah atau pembengkakan di pembuluh darah disertai dengan terjadinya pendarahan dari pembuluh darah. Selain itu, operasi ini juga dilakukan dengan tujuan pasien ingin memperbaiki penampilan kaki.
 
Sebelum melakukan prosedur ini, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik guna menentukan letak katup yang tidak bekerja. Dokter mungkin akan menggunakan alat ultrasonografi genggam, tujuannya agar bisa melihat pembuluh darah dan katup pasien dengan lebih baik. Dokter juga bisa melakukan pemindaian dupleks untuk mendapat gambar yang jelas dari vena.
 
Vena tersebutlah yang mengalami varises dan jumlah aliran darah, tes ini juga mampu digunakan untuk menyingkirkan gumpalan atau trombosis di dalam pembuluh darah sehingga dokter bisa melihat varises secara detail. Prosedur ini biasanya dilakukan sebagai rawat jalan, yang artinya pasien bisa pulang pada hari yang sama setelah operasi.
 
Manfaat secara umum yang dirasakan pasien setelah menjadi operasi ini adalah rasa sakit pada kaki akan berkurang karena varises telah diangkat. Selain itu, penampilan kaki setelah proses operasi dilakukan juga terlihat lebih bagus dan indah dari sebelumnya. Prosedur operasi ini terbilang aman, meskipun sama seperti tindakan medis lainnya yakni memiliki risiko umum.
 
Risiko Pasca Operasi
Pasca menjalani prosedur ini rasa sakit pada kaki akan berkurang karena varises telah diangkat, selain itu penampilan kaki juga terlihat lebih baik atau indah ketimbang sebelumnya. Varicose vein stripping merupakan prosedur yang tergolong aman, tetapi tindakan medis ini tetap memiliki risiko umum yang diakibatkan dari anestesi dan pembedahan.
 
Risiko yang muncul pada umumnya seperti reaksi terhadap obat-obatan, masalah pernapasan, pendarahan, darah menggumpal dan munculnya infeksi. Ada pula risiko khusus yang diakibatkan prosedur ini dan biasanya jarang terjadi, seperti memar atau jaringan parut, cedera saraf hingga munculnya kembali varises.
 
Perlu diketahui bahwa sebelum melakukan prosedur ini, dokter akan terlebih dulu melakukan pemeriksaan fisik guna menentukan letak katup yang tidak bekerja. Dokter juga mungkin akan menggunakan alat ultrasonografi genggam, tujuannya agar bisa melihat pembuluh darah dan katup pasien dengan lebih baik.
 
Perlu diketahui bahwa operasi ini menjadi pilihan terapi untuk pasien dengan beberapa kondisi, seperti varises yang menyebabkan borok, varises memicu perdarahan pada kulit, riwayat penyakit yang diderita oleh pasien, peradangan pada vena dan kulit di sekitarnya, varises menimbulkan nyeri hebat hingga penggumpalan darah.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 24 Agustus 20 - 12:34 WIB
Dalam Kategori : VARICOSE VEIN STRIPPING, PENYAKIT KAKI, VARISES
Dibaca sebanyak : 121 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback