Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Manfaat Buah Rambutan Bisa Turunkan Berat Badan

Manfaat Buah Rambutan Bisa Turunkan Berat Badan
Apakah Anda seorang penggemar buah rambutan? Buah yang memiliki nama ilmiah Nephelium lappaceum ini berasal dari Asia tenggara dan dapat tumbuh dengan baik di negara-negara beriklim tropis seperti Malaysia dan Indonesia. Buah yang masih satu keluarga dengan kelengkeng dan leci ini, selain memiliki rasa yang segar dan manis, juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat buah rambutan adalah dapat mengurangi berat badan dan meningkatkan sistem pencernaan. Ini berkat kandungan nutrisi yang kaya dan beragam pada buah rambutan. Artikel ini akan membahas manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi rambutan.
 
Membantu Mengurangi Berat Badan
Bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan dan memiliki bentuk tubuh ideal, Anda perlu menambahkan buah rambutan ke dalam menu diet harian Anda. Manfaat buah rambutan ini berkat kemampuannya dalam mengurangi lemak yang tidak diinginkan di dalam tubuh. Buah rambutan kaya akan serat dan air serta rendah kalori sehingga baik untuk Anda yang sedang dalam program diet. Dalam 100 gram sajian buah rambutan misalnya, Anda hanya akan mendapatkan 75 kalori dan 1-2 gram serat. Ini berarti Anda akan merasa lebih kenyang lebih lama, yang dapat mengurangi makan berlebih dan membantu mengurangi berat badan di kemudian hari. Selain itu, serat larut yang terkandung dalam buah rambutan dapat encer di air dan membentuk zat mirip gel di perut untuk membantu memperlambat pencernaan dan penyerapaan nutrisi. Nafsu makan Anda akan berkurang dan Anda akan merasa lebih kenyang. Selain itu, buah rambutan juga memiliki kadar air yang tinggi, membuat Anda tetap terhidrasi sekaligus mencegah makan berlebih.
 
Mendukung Pencernaan Yang Sehat
Karena kandungan seratnya yang tinggi, buah rambutan dapat mendukung sistem pencernaan yang sehat. Setengah dari serat yang terkandung di daging buah rambutan adalah serat tidak larut, yang akan melewati usus tanpa dicerna. Serat tidak larut akan membuat kotoran menjadi berat dan mempercepat pembuangan, sehingga mengurangi risiko konstipasi. Sementara itu, serat larut menyediakan makanan bagi bakteri baik di perut. Sebagai gantinya, bakteri baik ini akan memproduksi asam lemak rantai pendek seperti acetate, butyrate, dan propionate yang memberi makan sel-sel di dalam perut. Asam lemak rantai rendah ini juga dapat mengurangi peradangan dan merawat gejala penyakit perut seperti sindrom iritasi usus besar.
 
Membantu Melawan Infeksi
Buah rambutan juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah rambutan di dalam tubuh dapat mendukung produksi sel darah putih yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi. Dengan mendapatkan sedikit vitamin C di dalam tubuh dapat memperlemah sistem kekebalan tubuh, yang memudahkan Anda terkena infeksi.
 
Potensi Manfaat Buah Rambutan Lain
Beberapa studi hewan dan sel menemukan bahwa rambutan memiliki senyawa yang dapat mencegah tumbuh dan persebaran sel-sel kanker. Selain itu, studi ekstrak kulit rambutan pada hewan dapat menurunkan tingkat kolesterol dan triglyceride pada tikus yang menderita diabetes.
 
Beberapa studi lanjutan perlu dilakukan untuk melihat manfaat buah rambutan secara optimal. Buah rambutan secara umum aman untuk dikonsumsi. Walaupun studi pada manusia sangat terbatas, kulit rambutan dapat berbahaya apabila dimakan dalam jumlah yang banyak. Konsumsi biji buah rambutan sangat tidak dianjurkan. Apabila dimakan dalam kondisi mentah, biji buah rambutan memiliki efek narkotik dan analgesic yang dapat menyebabkan gejala seperti rasa ngantuk, koma, dan juga kematian.
 
Sumber:


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 13 Desember 19 - 14:08 WIB
Dalam Kategori : MANFAAT BUAH RAMBUTAN
Dibaca sebanyak : 286 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback