Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Manfaat Buah Tin Dapat Menyehatkan Kulit dan Rambut

Manfaat Buah Tin Dapat Menyehatkan Kulit dan Rambut
Kenalkah Anda dengan buah tin? Selain memiliki yang manis, buah ini rendah akan kalori dan tidak mengandung lemak. Dalam satu buah mentah berukuran besar mengandung 47 kalori, sehingga buah ini bisa dijikan camilan sehat buat Anda yang ingin menurunkan berat badan. Manfaat buah tin tentunya tidak berhenti sampai di situ saja. Nutrisinya yang lengkap memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan kulit dan rambut. Artikel ini akan membahas manfaat tersebut.
 
Vitamin dan Mineral Yang Terkandung di Dalam Buah Tin
Baik buah tin mentah dan kering memiliki nutrisi yang lengkap. 1 ons buah tin memiliki 3 gram serat. Serat penting untuk melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Serat juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Ini penting apabila Anda sedang mencoba menurunkan berat badan karena dapat mengurangi rasa ingin makan berlebih. Selain itu, manfaat buah tin dengan kandungan seratnya dapat menurunkan kolesterol dan mengontrol level gula darah.
Buah tin juga merupakan sumber kalsium, yang dapat mengurangi risiko penyakit osteoporosis dan penyakit lain. Anda tidak akan menemukan tanaman lain yang mengandung kalsium sebanyak buah tin. Buah ini juga mengandung antioksidan yang kuat, yang dapat mengurangi radikal bebas perusak sel di dalam tubuh. Selain itu, vitamin dan mineral lain yang terkandung di dalam buah tin di antaranya adalah vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B, potassium, zat besi, mangan, magnesium, dan zinc.
 
Tin Baik Untuk Kulit
Pada obat-obatan tradisional kuno, buah tin digunakan untuk merawat beberapa masalah kesehatan kulit, seperti eksim, vitiligo, dan psoriasis. Tidak hanya buahnya saja yang merfaat. Getah dari pohon tin dapat menghilangkan kutil di tubuh. Pada sebuah studi yang dilakukan di tahun 2007, 25 orang mengoleskan getah pohon tin pada kutil. Hasilnya, cara ini hampir seefektif dengan prosedur cryotherapy dan tidak memiliki efek samping.
Buah fig mentah juga dapat digunakan sebagai masker wajah karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Anda hanya perlu melumatnya dan oleskan pada wajah secara memutar. Anda bisa menambahkan satu sendok yogurt sebagai pelembap. Diamkan masker selama 10 hingga 15 menit dan bilas menggunakan air hangat. Jangan gunakan cara ini apabila Anda alergi terhadap getah.
 
Manfaat Buah Tin Untuk Rambut
Buah tin juga sering digunakan sebagai bahan sampo, kondisioner, dan masker rambut. Buah tin dipercaya dapat melembapkan serta memperkuat rambut. Walaupun penetian mengenai hal ini masih dianggap kurang, vitamin dan mineral yang banyak ditemukan di buah tin menjadi kunci utama dalam membuat rambut. Sebuah studi menunjukkan kekurangan mineral tertentu seperti zinc dan tembaga menjadi penyebab rambut rontok. Untungnya, buah tin kaya akan zinc dan tembaga. Beberapa vitamin dan mineral lain yang terkandung dalam buah tin di antaranya adalah selenium, magnesium, kalsium, beragam vitamin B, dan juga vitamin C.
Alergi buah tin jarang ditemukan, sehingga banyak orang bisa mendapatkan manfaat buah tin dengan rutin mengonsumsinya. Namun ada beberapa efek samping yang masih perlu Anda waspadai. Buah tin mengandung vitamin K dalam jumlah yang cukup besar. Vitamin K adalah pengental darah alami. Apabila Anda mengonsumsi obat pengencer darah seperti warfarin, pastikan Anda mengatur asupan vitamin K secara konsisten setiap harinya. Buah tin juga memiliki efek laksatif yang baik untuk membantu mengatasi konstipasi. Namun, makan buah tin terlalu banyak dapat menyebabkan diare, sehingga konsusmsi secukupnya saja.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 10 Januari 20 - 14:21 WIB
Dalam Kategori : BUAH TIN
Dibaca sebanyak : 90 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback