Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Manfaat Buah Kelor dan Hal yang Harus Diperhatikan

Manfaat Buah Kelor dan Hal yang Harus Diperhatikan
Tidak hanya daunnya saja, tetapi biji yang merupakan buah kelor juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kelor sendiri merupakan tanaman yang padat nutrisi, kaya akan vitamin, kalsium, zat besi, dan asam amino esensial, sehingga manfaat buah kelor sangat banyak untuk tubuh.  
 
Biji kelor dalam keadaan segar dan mentah memiliki tekstur yang cukup empuk, begitu dikeringkan, teksturnya berubah menjadi keras dan menyerupai kacang kecil. Warnanya putih keabu-abuan dengan struktur mirip sayap yang unik. Anda dapat mengolah dan mendapatkan manfaat buah kelor dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang. 
 
Manfaat buah kelor untuk tubuh
Mungkin belum banyak yang tahu, selain daunnya yang dapat diolah dan diambil manfaatnya, buah kelor yang berasal dari bijinya pun juga menyimpan banyak manfaat bila dikonsumsi. Ada banyak manfaat buah kelor yang harus Anda ketahui, diantaranya:
  • Mengandung tinggi serat
Buah kelor memiliki tinggi seratnya, sehingga dapat menyehatkan saluran pencernaan dan efektif mengatasi sembelit atau konstipasi. Selain itu, serat bermanfaat untuk mencegah risiko obesitas, diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung koroner. 
  • Mengendalikan kadar gula darah
Biji kelor adalah sumber mineral seng yang dapat mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga membantu mengelola atau bahkan mencegah diabetes.
  • Sumber besar zat besi
Dalam satu porsi kelor, memiliki kandungan zat besi hampir tiga kali lipat dari sayur bayam? Hal ini sangat bermanfaat bagi penganut diet vegetarian atau vegan atau mereka yang mengalami kekurangan zat besi. Perlu dicatat, zat besi sangat berperan penting di dalam tubuh untuk memperkaya darah dan membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.
  • Mengurangi nyeri sendi
Manfaat buah kelor yang menakjubkan lainnya adalah sumber kalsium yang baik untuk membantu meredakan nyeri sendi. Selain itu, mengonsumsi buah kelor juga dapat mengurangi peradangan dan gangguan tulang yang parah, seperti artritis.
  • Memicu kematian sel kanker
Buah kelor terkenal dengan efek karsinogenik, yaitu dapat menghentikan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dengan mempercepat jumlah kematiannya.
  • Meningkatkan kesehatan jantung
Manfaat buah kelor juga dapat mengurangi jumlah lipid yang teroksidasi di dalam tubuh, sehingga kesehatan jantung Anda dapat terjaga dengan baik. 
  • Tinggi senyawa yang bersifat antioksidan
Minyak yang diekstrak dari biji kelor mengandung hampir 30 antioksidan, diantaranya vitamin A, B-kompleks, C dan senyawa aktif lainnya yang dapat membasmi radikal bebas. Adanya aktivitas antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang parah dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  • Meningkatkan kesehatan kulit
Manfaat buah kelor yang terakhir ini juga tidak kalah mengagumkan. Biji kelor memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antiseptik, sehingga sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit. Minyak biji kelor dapat digunakan sebagai pelembab atau untuk mengatasi masalah kulit, seperti ruam kulit dan sengatan matahari.
 
Hal yang harus diperhatikan
Banyak manfaat buah kelor yang bisa Anda dapatkan, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda mengonsumsi buah ini. Meskipun terbilang aman mengonsumsi daun kelor, tetapi bisa berbahaya jika memakan buah atau bijinya bagi ibu hamil. Hal ini diduga karena terdapat senyawa kimia di dalamnya yang bisa membuat rahim berkontraksi dan menyebabkan keguguran.
 
Anda juga dapat membeli kelor dalam bentuk sediaan yang bervariasi, mulai dari bubuk, pil, minyak, atau teh. Sayangnya, suplemen dan bubuk yang terbuat dari kelor tidak diatur oleh FDA. Artinya, belum ada dosis standar yang harus dikonsumsi untuk memperoleh manfaat buah kelor. 
 
Oleh sebab itu, meskipun banyak manfaat buah kelor yang dapat Anda peroleh, tetapi beberapa hal penting ini tidak bisa Anda abaikan begitu saja. Sebaiknya, jika Anda ingin mengonsumsinya, maka berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda. Terlebih lagi, jika Anda sedang dalam menjalani pengobatan medis apa pun itu.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 09 Oktober 20 - 09:29 WIB
Dalam Kategori : BUAH KELOR, MAKANAN SEHAT
Dibaca sebanyak : 38 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback