Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Manfaat Anggur Hitam: Memperpanjang Umur hingga Jadi Obat Tidur Alami

Manfaat Anggur Hitam: Memperpanjang Umur hingga Jadi Obat Tidur Alami
Familiar dengan anggur hitam? Mungkin Anda lebih sering mengonsumsi jenis anggur lain, seperti anggur merah maupun anggur hijau. Namun, jika Anda mengetahui manfaat anggur hitam yang begitu besar terhadap kesehatan, rasanya sayang untuk melewatkan kebaikan anggur hitam tersebut. 
 
Sebelum membahas mengenai manfaat anggur hitam untuk kesehatan, sebaiknya Anda mengetahui lebih dulu kandungan nutrisi anggur hitam sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsinya. 
 
Anggur hitam ukuran 100 gram mengandung perkiraan jumlah dan kadar nutrisi, seperti:
  • Vitamin A: 72 IU
  • Vitamin C: 10,9 miligram
  • Zat besi: 0,26 miligram
  • Kalsium: 14 miligram
  • Gula 16, 67 miligram
  • Karbohidrat: 17, 39 miligram
  • Lemak: 0,72 gram
  • Protein: 0,72 gram
  • Kalori: 65 kcal
Manfaat anggur hitam untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan
  • Meningkatkan angka kesempatan hidup
Memperpanjang umur merupakan salah satu manfaat anggur hitam yang terdengar menggiurkan, bukan? Hal ini didukung oleh sebuah penelitian dengan hewan uji yang memberikan fakta, bahwa kandungan resveratrol dalam anggur hitam dapat memicu produksi protein sirtuin yang sering dikaitkan dengan angka kesempatan hidup yang tinggi.
  • Mengurangi risiko peradangan
Selain senyawa resveratrol, anggur hitam juga mengandung senyawa bermanfaat lainnya, seperti flavan, antosianin, flavonol, dan juga stilbenes yang diyakini mampu mengurangi risiko peradangan dalam tubuh. Disebutkan pula bahwa manfaat anggur hitam karena kandungan resveratrol tadi fungsi kerjanya setara dengan dengan obat antiradang nonstereoid.
  • Mengurangi risiko timbulnya kanker
Anggur hitam dikenal baik karena kandungan antioksidan dalam bentuk senyawa resveratrol yang berguna menangkal radikal bebas yang merusak tubuh, termasuk kanker. Senyawa antioksidan tersebut dikatakan mampu membunuh sel pemicu kanker.
 
Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pusat Kanker University of Colorado yang menyebutkan bahwa resveratrol dalam anggur hitam efektif mengurangi risiko kanker kepala yang disebabkan oleh konsumsi alkohol.
  • Sebagai obat tidur alami
Apakah Anda termasuk salah satu orang yang sering kali mengalami gangguan tidur? Manusia membutuhkan hormon melatonin agar tubuh dapat memperoleh tidur yang berkualitas. Manfaat anggur hitam lainnya, yaitu berguna sebagai obat tidur alami. 
 
Meskipun begitu, konsumsi anggur hitam sebagai obat tidur alami tetap membutuhkan konsultasi dan pengawasan dokter. Pasalnya, hingga saat ini belum terdapat penelitian yang cukup menguatkan hal ini. Jika Anda ingin mengatasi gangguan tidur, cara terbaik dan teraman sejauh ini adalah dengan berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu agar mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Menyehatkan jantung
Berdasarkan penelitian dari University of Michigan Cardiovascular Center, anggur hitam dapat berguna untuk mengurangi risiko kerusakan tubuh yang disebabkan oleh sindrom metabolik. 
 
Sindrom metabolik ini adalah sebutan untuk kondisi, seperti kadar gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan kelebihan lemak dalam tubuh yang terjadi dalam satu waktu secara bersamaan. Singkatnya, kondisi ini adalah risiko penyakit jantung mesti dihindari. 
 
Senyawa resveratrol dalam anggur hitam berguna untuk melancarkan darah. Oleh karena itu, manfaat anggur hitam salah satunya diyakini dapat menyehatkan jantung. Di samping resveratrol, kandungan fitokimia dalam anggur hitam juga dapat mencegah terjadinya kerusakan otot jantung dan membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh, hingga mengurangi risiko timbulnya serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lain.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 21 September 20 - 14:50 WIB
Dalam Kategori : MANFAAT ANGGUR HITAM
Dibaca sebanyak : 45 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback