Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Mandi Setelah Begadang Dan Cara Lain Cegah Kantuk

Mandi Setelah Begadang Dan Cara Lain Cegah Kantuk
Apakah Anda sering begadang? Tidak dapat dipungkiri begadang terkadang sangat diperlukan. Entah karena kerjaan ataupun tugas yang harus selesai keesokan harinya, atau hanya karena seru bermain video game dan menonton TV series favorit. Yang menjadi masalah adalah apabila keesokan harinya Anda masih harus melakukan aktivitas bekerja atau kuliah. Bukan menjadi hal yang aneh apabila di siang hari rasa kantuk akibat begadang menyerang. Biasanya, agar badan menjadi lebih segar, orang-orang akan mandi setelah begadang. Cara ini terbilang cukup efektif, terutama apabila mandi dengan air dingin. Tubuh menjadi lebih segar dan siap menjalankan aktivitas sepanjang hari. Namun mandi setelah begadang tentunya bukan untuk semua orang, terutama apabila Anda menderita riwayat penyakit tertentu seperti penyakit jantung atau kardiovaskular. Artikel ini akan membahas hal-hal apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ngantuk di siang hari.
Merasa lelah dan ngantuk di siang hari akibat begadang tentunya mengganggu produktivitas saat kerja atau belajar. Untuk dapat mengatasi rasa kantuk tersebut, selain mandi setelah begadang di pagi hari, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini, seperti:
  • Segelas kopi
Apabila Anda merasa ngantuk dan lelah di kantor, segelas kopi dapat menjadi peningkat energi untuk dapat membantu menyelesaikan pekerjaan Anda yang menumpuk. Kafein pada kopi merupakan sebuah stimulant, dalam arti dapat meningkatkan aktivitas otak dan sistem saraf. Kafein dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan performa mental, dan membantu melawan rasa kantuk yang disebabkan oleh begadang semalaman. Namun, pastikan Anda tidak minum kopi dalam jumlah yang terlalu banyak, karena akan membuat Anda merasa gelisah dan dapat memengaruhi level produktivitas.
  • Tidur siang
Terkadang, tidur siang sejenak merupakan satu-satunya cara agar Anda dapat kembali bekerja dengan prima meskipun sudah begadang semalaman. Apabila rasa kantuk tersebut tidak dapat ditahan, Anda bisa tidur siang saat istirahat makan siang. Tidur siang selama 15 hingga 30 menit dapat memberikan Anda energi untuk bekerja dengan prima di sisa hari. Jangan lupa untuk memasang alarm sehingga Anda tidak ketiduran sampai sore.
  • Bangun dari kursi
Duduk di satu tempat dalam waktu yang lama dapat memperburuk rasa kantuk di siang hari. Sesekali berdiri dan berjalan di sekitar meja Anda dapat membantu darah untuk mengalir dengan lebih lancar. Hal ini juga dapat membuat Anda untuk tetap fokus dan berkonsentrasi terhadap pekerjaan.
  • Mendengarkan musik yang “upbeat”
Apabila Anda merasa ngantuk di kantor, melakukan pekerjaan tanpa ada suara musik dapat memperburuk rasa kantuk. Anda akan merasa Anda dapat tertidur kapan saja. Agar otak Anda dapat “bangun”, cobalah untuk mendengarkan musik-musik yang “upbeat”. Namun, pastikan hal ini diijinkan oleh bos Anda. Umumnya, bos tidak akan peduli selama hal tersebut tidak mengganggu produktivitas.
  • Meja kerja yang terang
Apabila Anda cukup beruntung untuk bekerja di dekat jendela, membuka tirai dan membiarkan adanya cahaya alami yang masuk dapat mengatasi rasa kantuk. Cahaya matahari di ruang kerja dapat meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Cara-cara di atas dapat dilakukan sebagai alternatif tambahan apabila mandi setelah begadang tidak mengatasi rasa kantuk setelah semalaman mengejar deadline. Anda juga bisa membasuh muka dengan air dingin agar wajah terasa segar dan terhindar dari kantuk. Cara terbaik tentunya adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup, agar tubuh tetap prima terhindar dari kantuk saat bekerja.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 16 Juni 20 - 10:50 WIB
Dibaca sebanyak : 48 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback