Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Macam-Macam Cabang Olahraga Atletik

Macam-Macam Cabang Olahraga Atletik
 
Cabang olahraga atletik merupakan salah satu jenis olahraga tertua di dunia. ADa beragam macam cabang olahraga atletik yang dipertandingan dalam event olahraga internasional. Mungkin, kamu hanya mengetahui beberapa saja yang memang populer di dunia olahraga. Namun, sebenarnya ada banyak cabang olahraga atletik yang mungkin luput dari perhatian kamu, padahal tak kalah seru dibanding dengan cabang olahraga atletik lainnya.
Berikut beberapa diantaranya dengan penjelasannya.
1. Lari
Lari menjadi induk dari semua olahraga yang ada di dunia. Dalam perkembangannya, lari dibagi dengan beberapa jenis dan nomor. Ada lari jarak pendek yang mengharuskan kamu latihan sprint dengan 3 nomor yaitu 100 m, 200 m, dan 400 m. Lalu ada lari jarak menengah dengan nomor 800 m, dan 1500 m. Kemudian lari jarak jauh yang mempertandingkan nomor lari 5000 m, 10.000 m, dan 42.195 m. Dengan jarak sejauh itu kamu perlu ketahui teknik lari jarak jauh.
Selain itu ada juga lari estafet, yang dilakukan secara bergantian dengan empat pelari menggunakan tongkat. Nomor lari estafet yaitu 4 X 100 , 4 X 400. Terakhir adalah lari gawang. Ini adalah jenis lari yang menggunakan beberapa rintangan semacam gawang kecil dengan jarak tertentu.  Nomor lari gawang gawang ada 110m, dan 400m. Untuk lari mundur juga bisa kamu lakukan dan ada manfaatnya tersendiri.
2. Jalan Cepat
Bedanya dengan lari marathon dan lainnya, gerakan pada cabang olahraga atletik jalan cepat dilakukan secara terus menerus tanpa adanya hubungan terputus dengan area tanah. Setiap kali melangkah, maka kaki harus menyentuh tanah sebelum kaki yang satunya akan melangkah ke depan.
3. Lompat Jauh
Ini adalah cabang olahraga atletik dengan mempertandingkan jarak terjauh lompatan sebagai pemenangnya. Kamu harus lari sekencang mungkin sebelum akhirnya melompat dengan mendarat di atas bak yang berisi pasir. Ada beberapa gaya untuk lompat jauh, gaya jingkok, gaya menggantung/jingkat, dan gaya berjalan di udara (walking in the air).
4. Lompat Tinggi
Lompat tinggi adalah cabang olahraga atletik yang berupa lompatan. Lompat tinggi juga merupakan gerakan yang dilakukan untuk melompat setinggi-tingginya melewati mistar atau penghalang setinggi-tingginya. Atlet yang melompat paling tinggi tanpa mengenai mistar adalah pemenangnya.
5. Lompat Galah
Hampir sama dengan lompat tinggi, lompat galah juga gerakan untuk melompat setinggi-tingginya dengan melawati mistar. Namun, pada lompat galah kamu diharuskan menunggunakan galah untuk mencapai lompatan tertinggi. Pelompat dalam lompat galah tidak boleh menjatuhkan mistar atau pembatas yang menghalang, karena jika pelompat menjatuhkan mistar tersebut sebanyak 3 kali, maka si pelompat akan didiskualifikasi.
6. Tolak Peluru
Tolak peluru adalah cabang olahraga atletik di bagian lempar, dimana benda yang dilempar adalah peluru yang terbuat dari logam besi bulat. Tolak peluru dilakukan dengan cara mendorong atau menolak peluru sejauh-jauhnya dengan menggunakan satu tangan.
7. Lempar Lembing
Lempar Lembing juga bagian dari cabang olahraga atletik dalam kategori lempar, dimana benda yang digunakan merupakan tombak panjang yang berujung runcing. Tujuan dari lempar lembing yaitu untuk melempar lembing atau tombak sejauh-jauhnya.
8. Lempar Cakram
Cabang olahraga atletik ini menjadi bagian dari kategori melempar. Benda yang digunakan berupa cakram yang biasanya terbuat dari kayu dan lempengan besi yang berbentuk bulat. Atlet yang terjauh dalam melempar adalah pemenangnya.
9. Lontar Martil
Lontar martil atau lempar martil menjadi cabang olahraga atletik dari kategori melempar yang terakhir. Hampir sama dengan melempar cakram, dimana pemenang ditentukan berdasarkan jauhnya hasil lemparan. Martil yang digunakan memiliki bobot berbeda-beda.
Demikian macam cabang olahraga atletik yang perlu diketahui. Selamat mencoba.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 10 Desember 20 - 13:24 WIB
Dibaca sebanyak : 71 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback