Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Lesitin Kedelai

Lesitin Kedelai

 


Setiap orang memiliki selera makanan yang berbeda. Sebagian orang ingin menggunakan bahan-bahan tertentu. Salah satu bahan yang bisa digunakan adalah lesitin. Ada berbagai makanan yang dicampur dengan lesitin, salah satunya adalah lesitin kedelai.


Informasi Tentang Lesitin Kedelai


Lesitin kedelai merupakan bahan aditif dimana bahan tersebut menggunakan kedelai. Pada umumnya, bahan tersebut bisa digunakan sebagai bahan untuk mengemulsi atau menyatukan zat-zat tertentu. Tidak hanya itu, lesitin kedelai juga memiliki kegunaan dalam memberikan efek antioksidan dan pelindung rasa pada makanan.


Contoh-contoh makanan yang menggunakan lesitin kedelai adalah sebagai berikut:

  • Roti.

  • Produk susu.

  • Pasta.


Sebagian orang berpikir bahwa lesitin bisa menyebabkan masalah kesehatan. Meskipun demikian, pernyataan tersebut perlu diteliti lebih lanjut oleh para peneliti.


Lesitin kedelai tidak hanya bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan, bahan tersebut juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Sebagian orang ingin mengkonsumsi lesitin kedelai, karena lesitin kedelai bisa memberikan asupan kolin di dalam tubuh dan menjaga kadar kolesterol.


Manfaat Lesitin Kedelai


Berikut adalah penjelasan tentang kedua manfaat lesitin kedelai:

  • Asupan kolin

Kolin merupakan salah satu senyawa yang penting di dalam tubuh. Kolin memiliki peran dalam melindungi tubuh supaya manusia terhindar dari risiko tertentu seperti disfungsi organ, perlemakan hati, dan kerusakan otot.

  • Kadar kolesterol

Meskipun penelitian yang menyatakan bahwa lesitin kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol masih terbatas, bahan tersebut menunjukkan hasil yang efektif bagi tubuh manusia.


Sebuah studi yang melibatkan hewan (yang diberikan lesitin kedelai), menyatakan bahwa kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh hewan tersebut menurun, namun kadar kolesterol baiknya (HDL) tidak meningkat atau menurun. Penelitian tersebut juga melibatkan manusia, dan hasilnya sama.


Meskipun demikian, jika Anda ingin mengkonsumsi lesitin kedelai, Anda sebaiknya tanyakan kepada dokter terlebih dahulu.


Hati-Hati Untuk Mengkonsumsi Lesitin Kedelai


Lesitin kedelai perlu Anda konsumsi dalam jumlah yang sedikit karena lesitin kedelai mungkin tercampur dengan bahan aditif lainnya. Kondisi tubuh masih dianggap aman jika Anda tidak mengkonsumsi lesitin kedelai dalam jumlah yang banyak. Anda juga sebaiknya konsumsi makanan utuh (tanpa bahan aditif) seperti sayuran dan buah-buahan untuk menjaga kesehatan tubuh.


Ketika lesitin kedelai diproses, banyak alergen (pemicu alergi) dalam bahan tersebut dihancurkan. Artinya, lesitin kedelai aman untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki reaksi alergi terhadap kedelai. Meskipun demikian, jika seseorang memiliki reaksi alergi di tingkat tinggi, mereka masih berpotensi mengalami alergi terhadap bahan tersebut.


Oleh karena itu, jika Anda ingin menurunkan kolesterol, Anda bisa mengkonsumsi lesitin kedelai dengan jumlah yang kecil atau mengkonsumsi makanan lain yang dapat memberikan hasil yang sama bagi tubuh.


Selain kedelai, berikut adalah beberapa contoh makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat:

  • Ikan.

  • Buah-buahan.

  • Kacang.


Jika Kolesterol Anda Tinggi


Jika Anda mengalami penyakit karena kolesterol tinggi (seperti stroke), Anda sebaiknya hubungi dokter. Sebelum Anda bertemu dengan dokter, Anda bisa mempersiapkan diri dengan beberapa hal di bawah:

  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda ajukan ke dokter.

  • Daftar gejala yang Anda alami.

  • Daftar riwayat medis (jika dibutuhkan).


Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter perlu mengetahui kondisi Anda dengan menanyakan pertanyaan seperti:

  • Kapan gejala yang Anda alami terjadi?

  • Berapa lama kondisi tersebut terjadi?

  • Apakah Anda memiliki riwayat medis yang berkaitan dengan kolesterol?


Setelah mengetahui kondisi Anda, dokter akan melakukan diagnosis. Setelah melakukan diagnosis, dokter akan menentukan pengobatan sesuai dengan kondisi yang Anda alami. Contoh pengobatan yang dapat menurunkan kolesterol adalah statin dan niasin. Selain pengobatan, Anda juga diminta untuk melakukan cara-cara untuk mencegah kolesterol tinggi seperti tidak merokok.


Kesimpulan


Lesitin kedelai bisa menjadi pilihan bahan untuk menurunkan kolesterol. Meskipun demikian, jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap kedelai, Anda sebaiknya konsumsi makanan lain untuk menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh. Untuk informasi lebih lanjut tentang lesitin kedelai atau kolesterol, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 20 Januari 21 - 09:30 WIB
Dalam Kategori : LESITIN KEDELAI
Dibaca sebanyak : 98 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback