Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Lakukan 8 Tips ini Agar Kuat Menghadapi Orang dengan Gangguan Kepribadian Narsistik

Lakukan 8 Tips ini Agar Kuat Menghadapi Orang dengan Gangguan Kepribadian Narsistik
 
Di era digital dan penggunaan sosial media yang sangat massif ini, Anda mungkin sering mendengar istilah narsis. Istilah ini dalam bahasa pergaulan merujuk pada seseorang yang suka melakukan swafoto dan memuji hasilnya. Ternyata gangguan kepribadian narsistik itu lebih dari sekadar makna yang belakangan kita dengar.
 
Dalam dunia medis, narsistik merujuk pada istilah untuk orang yang terlalu egois dan kurang memiliki empati terhadap orang lain. Kondisi kesehatan mental ini memerlukan diagnosis dari ahli kejiwaan.
 
Tips Menghadapi Orang dengan Gangguan Kepribadian Narsistik
Jika Anda memiliki keluarga, teman dekat, atau orang di sekitar Anda dengan gangguan kepribadian narsistik ini, ada beberapa tips untuk menghadapinya.
Paling penting, Anda harus tahu apa saja gejala dasar orang-orang dengan gangguan kesehatan mental ii agar tidak salah dalam memberikan perlakuan.
 
Orang dengan gangguan narsistik ini biasanya cenderung mementingkan diri sendiri, selalu ingin dipuji dan dikagumi berlebihan, tidak memiliki rasa malu atau bersalah jika mengeksploitasi orang lain, bahkan dia juga biasanya suka mengintimidasi, merendahkan hingga meremehkan orang lain.
 
Nah, jika orang di sekitar Anda pengidap gangguan narsistik ini, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghadapi perlakuannya.
 
  • Tidak Perlu Terlalu Memikirkan Mereka
Maksudnya, orang dengan gangguan narsistik ini tentu akan menarik perhatian. Mereka mungkin tidak atau belum tentu berhenti dengan sifat narsistiknya. Jadi, Anda jangan sampai terlalu memikirkan kelakuan dan sifat mereka. Jangan biarkan orang-orang dengan gangguan ini mengganggu pikiran Anda agar Anda tetap sehat dalam berpikir.
  • Coba Terima Mereka Apa Adanya
Cobalah untuk tidak terlalu menghiraukan sifat mereka dan coba untuk menerima mereka apa adanya. Jika Anda berdebat mengenai prioritas atau keinginan Anda pada mereka, terimalah dengan lapang dada. Sebab, di mata mereka keinginan dan prioritas Anda memang tidak penting. Jangan terlalu diambil hati dan dibawa pusing.
  • Buat Batasan yang Jelas
Agar Anda tidak dirugikan oleh sikap orang narsistik ini, ada baiknya Anda menetapkan batasan yang jelas. Sebab, terkadang mereka cenderung bbas melakukan berbagai hal sesuka hati bahkan masuk ke ranah pribadi Anda.
Dengan adanya batasan ini, tentu ada konsekuensi yang akan diterima jika melanggarnya. Sehingga ketika mereka melakukan sesuatu di luar batas, Anda bisa mengutarakan padanya serta menjelaskan konsekuensi dari perbuatannya.
  • Bersikap Tegas
Ketika Anda sudah menetapkan batas dan konsekuensinya, Anda harus teguh pada pendirian tersebut. Orang-orang dengan gangguan kepribadian narsistik ini mungkin akan melakukan perlawanan, namun Anda tidak boleh terlihat lemah di depannya. Sebab, mereka bisa jadi akan kembali mengulang perlakuan tersebut di lain waktu.
  • Sampaikan Keluh Kesah Anda
Mungkin ketika orang dengan gangguan narsistik ini adalah orang yang tidak terlalu dekat dengan Anda bisa didiamkan saja. Namun, jika mereka adalah orang terdekat seperti keluarga, kekasih maupun sahabat, tentu perlakuan Anda akan berbeda.
Jika Anda merasakan keunekan, sebaiknya diutarakan saja. Sehingga mereka tahu apa yang menjadi kekesalan Anda terhadap perbuatan mereka.
Namun, Anda juga harus bersabar jika mereka tidak kunjung mengerti kekesalan Anda dan mengabaikan keluh kesah Anda.
  • Jangan Lembek dan Lemah
Kunci untuk bisa menghadapi orang narsistik adalah dengan tidak lemah dan tidak lembek. Orang dengan narsistik biasanya akan pintar sekali membuat janji. Namun, mereka akan lupa setelah mendapatkan apa yang diinginkan.
Oleh karena itu, Anda tidak boleh lembek, jika orang narsis sudah berjanji, mintalah mereka untuk memberikan sesuatu yang Anda inginkan terlebih dahulu agar Anda tidak dirugikan.
  • Perbanyaklah Teman Baru
Ketika Anda berada dalam satu lingkungan pertemanan dengan orang narsistik, maka sebaiknya carilah lingkungan pertemanan yang baru yang dipenuhi oleh orang-orang baik. Menurut ahli, menghabiskan waktu dengan orang narsistik hanya akan membuat Anda lelah dan lupa rasanya memiliki hubungan yang sehat.
  • Sarankan Mereka untuk Mencari Bantuan Ahli Kesehatan Mental
ketika ada orang di sekitar Anda yang memiliki kepribadian narsistik ini, sarankan mereka untuk mencari bantuan ahli kesehatan mental. Sebab, sudah tugas Anda untuk mengingatkan hal baik pada teman sendiri.
Pilihan menghadapi orang dengan gangguan kepribadian narsistik adalah jujur apa adanya atau langsung tinggalkan saja jika mereka bukan orang yang memiliki hubungan yang terlalu dekat dengan mereka. Sebab, orang narsistik ini akan menguras emosi dan pikiran Anda.


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 14 Oktober 20 - 10:11 WIB
Dalam Kategori : GANGGUAN KEPRIBADIAN NARSISTIK
Dibaca sebanyak : 18 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback