Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Kondisi Kesehatan yang Bisa Dideteksi dari Jerawat di Rahang

Jerawat adalah salah satu gangguan kesehatan yang terjadi di kulit. Dua anggota tubuh yang paling sering diserang jerawat adalah wajah dan punggung. Di wajah sendiri, jerawat tumbuh di mana saja, mulai dari jidat, hidung, pipi, atau kuping. Jerawat terjadi karena beberapa sebab, baik itu faktor internal maupun eskternal tubuh.
 
Digadang-gadang bahwa timbulnya jerawat di salah satu sisi wajah dapat menandakan atau menjadi indikasi kondisi kesehatan tubuh. Kali ini yang akan dibahas adalah kondisi kesehatan yang bisa dideteksi dari timbulnya jerawat di rahang.
 
Secara umum jerawat terjadi karena ada sumbatan pada pori-pori di kulit. Pori-pori itu tersumbat oleh beberapa hal, mulai dari minyak alami yang diproduksi kulit maupun debu dan kotoran. Jerawat sebenarnya dapat diatasi dengan menjaga kebersihan kulit. Seseorang juga dapat memakai berbagai macam produk kecantikan untuk mencegah serta mengobatinya.
 
Namun, jika ada yang tidak beres di dalam tubuh Anda, apa yang dilakukan “di luar” tubuh bisa jadi tak banyak membantu. Jerawat di rahang biasanya muncul lantaran dinamika hormon, stres, hingga pola makan yang tidak sehat.
 
Ketika stres, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak hormon androgen yang bisa mengganggu produksi kelenjar minyak di daerah dagu dan sekitarnya. Kelebihan minyak akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan kotoran pun lebih mudah menempel di permukaan kulit sehingga menimbulkan jerawat.
Orang yang mengalami stres juga umumnya selalu merasa berada dalam tekanan. Produksi hormon androgen pun terus berlangsung dan akhirnya memperparah timbulnya jerawat. Amy Wechsler, M.D., dokter spesialis kulit sekaligus psikolog menyarankan untuk menenangkan diri ketika Anda stres.
Selain stres, pola makan yang tidak sehat juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat di sekitar dagu dan rahang yang tak kunjung hilang. Coba perhatikan makanan apa saja yang Anda konsumsi setiap harinya. Jika banyak memakan gula dan karbohidrat putih, maka besar kemungkinan itulah faktor penyebab wajah Anda berjerawat.
Makanan bergula dan berkarbohidrat tinggi dengan cepat masuk ke dalam aliran darah dan meningkatkan gula darah yang membuat produksi lemak meningkat. Terlalu banyak lemak dalam aliran darah membuat nutrisi dan oksigen yang mengalir ke sel berjalan lambat. Efeknya, sel tidak dapat oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Keadaan ini yang memperparah kondisi jerawat.
Kurangi makanan berkarbohidrat dan bergula tinggi seperti permen, cake, cokelat, nasi putih, mie ayam, roti putih, dan sebagainya. Ganti dengan memperbanyak asupan sayuran serta buah-buahan.
Selain itu, jerawat di rahang amat identik dengan perempuan. Perempuan amat mudah mendapatkan jerawat di rahangnya lantaran gejolak hormon di dalam tubuhnya. Perubahan hormon kerap terjadi pada masa pubertas, menstruasi, kehamilan, dan menopause. Saat kadar hormon tidak seimbang, tubuh akan berusaha untuk menyeimbangkannya. Jika mulanya sebaceous glands bekerja memproduksi minyak untuk melindungi kulit, akibat ketidakseimbangan hormon, kelenjar ini akan memproduksi minyak secara berlebihan sebagai respons untuk berusaha menyeimbangkan kadar hormon pada tubuh.
Jika Anda merasa bahwa jerawat di rahang Anda terjadi lantaran beberapa faktor internal di atas, sebaiknya mulai ubah pola dan gaya hidup Anda. Coba mulai kelola stres dan makan makanan yang sehat. Jika tak kunjung membaik, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis untuk mengetahui dengan pasti apa yang terjadi.
Pasalnya, jika kalian mendapatkan jerawat kecil atau jarawat batu yang tidak hilang selama berminggu-minggu dan mudah mengeluarkan darah. Ada kemungkinan jerawat di rahang itu merupakan tanda karsinoma sel basal. Karsinoma sel basal merupakan jenis kanker kulit yang dapat diobati dengan relatif cepat, terutama jika didiagnosis lebih awal.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 14 April 20 - 11:33 WIB
Dalam Kategori : JERAWAT, RAHANG, PIPI
Dibaca sebanyak : 297 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback