Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Ketahui Penyebab Mimpi Basah dan Beragam Mitosnya

Ketahui Penyebab Mimpi Basah dan Beragam Mitosnya

 

Mimpi basah adalah kondisi saat seseorang mengalami orgasme tanpa disengaja ketika sedang tidur. Hormon testosteron yang diproduksi lebih banyak biasanya menjadi penyebab mimpi basah

Ada berbagai fakta yang perlu diketahui seputar mimpi basah ini. Ciri seseorang mengalami mimpi basah adalah sprei dan celana basah akibat sperma yang keluar karena mimpi basah. Simak berbagai fakta yang perlu diketahui lainnya.

 

Mitos dan Fakta Mimpi Basah

Ada berbagai mitos terkait dengan mimpi basah ini, mulai dari penyebab mimpi basah dan informasi lainnya yang belum jelas kebenarannya. Yuk, simak beberapa mitos dan fakta terkait mimpi basah ini. 

  1. Mimpi Basah Adalah Tanda Penyakit

Penyebab mimpi basah bukan karena adanya penyakit atau adanya gangguan kesehatan tertentu. Melainkan, kondisi ini adalah hal yang normal dan juga menjadi tanda bahwa fungsi seksual dalam kondisi sehat.

  1. Hanya Laki-laki yang Mengalami Mimpi Basah

Mimpi basah memang identik dengan laki-laki. Akan tetapi, ternyata wanita juga mengalami kondisi ini. Wanita biasanya akan mengalami orgasme saat mimpi basah. Dalam penelitian di tahun 1953 lalu, diketahui fakta bahwa ada 40 persen dari 5.628 wanita yang diteliti pernah mengalami mimpi basah setidaknya sekali sebelum usianya memasuki 45 tahun. Sedangkan pada penelitian tahun 1986, menunjukkan bawah ada 85 persen wanita pernah mimpi basah sebelum berusia 21 tahun. 

Mimpi basah yang dialami wanita memiliki ciri-ciri ada banyak cairan vagina yang keluar sehingga membuat celana basah di pagi hari saat bangun tidur. Namun, mimpi basah yang dialami wanita ini memang jarang terjadi.

  1. Ukuran Penis Bisa Mengecil Akibat Mimpi Basah

Pernyataan ini tidak didukung oleh bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa ukuran penis akan menjadi mengecil akibat mimpi basah. Mitos ini memang tidak berdasar.

  1. Mimpi Basah Mengurangi Sperma

Mimpi basah adalah cara untuk testis mengeluarkan sperma yang sudah menumpuk dalam tubuh. Dengan keluarnya sperma lama, maka akan terjadi pembentukan sperma baru secara alami. 

  1. Tidur Telungkup Akan Memicu Mimpi Basah

Belum ada bukti ilmiah yang mendukung pernyataan ini. Sebab, penyebab mimpi basah tidak ditentukan oleh posisi tidur. Hanya saja, menurut studi, orang dengan tidur tengkurap meningkatkan peluang seseorang mengalami mimpi hubungan seksual. akan tetapi, penelitian yang membahas terkait kaitan antara posisi tidur dan mimpi basah masih sangat terbatas. 

  1. Mimpi Basah Menurunkan Kekebalan Tubuh

Menurut faktanya, mimpi basah tidak akan menurunkan kekebalan tubuh seseorang. Justru ini akan menjaga sistem reproduksi seorang pria untuk terus sehat. Sebab, saat mimpi basah, tubuh mengeluarkan sperma yang berlebih di dalam testis.

 

Mimpi Basah Adalah Hal yang Normal

Akibat berbagai mitos-mitos yang masih keliru kebenarannya, maka ada banyak orang yang ingin menghentikan mimpi basah. Ada berbagai alasan, seperti malu atau merasa tidak nyaman ketika bangun dengan celana dan juga sprei yang basah. 

 

Perlu diingat bahwa tidak ada yang bisa mengendalikan siklus terjadinya mimpi basah ini. Anda tidak perlu khawatir karena ini adalah hal yang normal dialami semua orang. Mungkin harus khawatir jika penis mengalami nyeri atau merasakan ada gejala lain. 

 

Bahkan, mimpi basah ini mungkin saja menjadi kesenangan pribadi. Jika Anda nyaman dengan apa yang ada dalam mimpi tersebut, Anda bisa menggunakannya sebagai kesempatan untuk mengeksplorasi fantasi, hasrat batin, dan juga seksualitas. 

Namun, jika yang Anda mimpikan itu justru membuat Anda merasa tidak nyaman, maka segeralah menghubungi psikolog. Para ahli profesional ini akan membantu Anda menjelajahi apa yang ada di pikiran. 

Biasanya, remaja pria merasa malu ketika mengalami mimpi basah ini. Sebagai orang tua, perlu menemani mereka di masa-masa ini. Jangan sampai rasa malu itu akan menggerus kepercayaan diri mereka. Ajaklah mereka bercerita mengenai apa yang perlu mereka ketahui terkait mimpi basah ini. Sehingga, mereka akan paham betul apa penyebab mimpi basah dan bagaimana mekanismenya.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 09 Maret 21 - 08:55 WIB
Dalam Kategori : MIMPI BASAH
Dibaca sebanyak : 36 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback