Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Ketahui Diare dan Atasi dengan Obat dari Interbat

Ketahui Diare dan Atasi dengan Obat dari Interbat
Diare, sering buang air besar dengan kotoran yang cair dan encer, merupakan sebuah kondisi yang lazim dijumpai. Untungnya, umumnya diare merupakan kondisi yang sebentar saja, dan akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari, terutama apabila Anda mengonsumsi obat diare yang dapat dibeli di Interbat. Akan tetapi, apabila diare terus terjadi selama berminggu-minggu, hal ini mengindikasikan adanya masalah lain yang serius, seperti gangguan iritasi usus atau penyakit radang atau infeksi usus.
 
Tanda dan gejala yang dihubungkan dengan diare di antaranya adalah kotoran yang encer dan berair, kram perut, nyeri perut, demam, darah di kotoran, lendir di kotoran, perut kembung, mual, dan rasa ingin buang air besar terus menerus. Dalam kasus yang ringan, Anda hanya perlu banyak istirahat dan minum banyak air. Obat OTC yang dapat dibeli di Interbat juga bisa meringankan gejala yang timbul. Namun, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter apabila gejala diare terus menerus terjadi selama beberapa hari, Anda menjadi dehidrasi, Anda memiliki nyeri perut dan dubur, kotoran berwarna hitam dan berdarah, serta demam dengan suhu lebih dari 39 derajat Celsius. Beberapa kondisi dan penyakit yang dapat menyebabkan diare di antaranya adalah:
  • Virus. Virus yang dapat menyebabkan diare di antaranya adalah virus Norwalk, cytomegalovirus, dan hepatitis. Rotavirus merupakan penyebab utama diare akut pada anak-anak. Virus yang menyebabkan COVID-19 juga dihubungkan dengan gejala gastrointestinal, seperti mual, muntah, dan diare. 
  • Bakteri dan parasit. Makanan atau air yang terkontaminasi dapat menularkan parasit dan bakteri ke tubuh Anda. Saat Anda mengunjungi negara berkembang, diare yang disebabkan karena bakteri dan parasit sering disebut dengan istilah “traveler’s diarrhea”. Clostridium difficile merupakan jenis bakteri lain yang dapat menyebabkan infeksi serius penyebab diare.
  • Obat-obatan. Banyak obat-obatan, seperti antibiotik, dapat menyebabkan diare. Antibiotik akan membunuh bakteri baik dan jahat di dalam tubuh, yang mana dapat mengganggu keseimbangan alami bakteri di dalam usus. Obat lain yang dapat menyebabkan diare adalah obat kanker dan antasida dengan magnesium. 
  • Intoleransi laktosa. Laktosa adalah gula yang ditemukan di susu dan produk dairy lainnya. Orang-orang yang kesulitan mencerna laktosa memiliki diare setelah mengonsumsi produk dairy. Intoleransi laktosa dapat meningkat dengan bertambahnya usia karena level enzim yang membantu pencernaan laktosa berkurang setelah lewat masa kanak-kanak. 
  • Fruktosa. Fruktosa adalah gula yang ditemukan secara alami di buah dan madu. Fruktosa terkadang ditambahkan sebagai pemanis untuk beberapa minuman. Pada orang-orang yang kesulitan mencerna fruktosa, zat ini dapat menyebabkan diare. 
  • Pemanis buatan. Sorbitol dan mannitol, pemanis buatan yang ditemukan di permen karet dan produk bebas gula lainnya, dapat menyebabkan diare pada orang-orang yang sehat. 
  • Operasi. Operasi pengangkatan batu empedu dan operasi perut dapat menyebabkan diare. 
  • Gangguan pencernaan lainnya. Diare kronis dapat disebabkan oleh sebab lain seperti penyakit Crohn, kolitis ulseratif, penyakit celiac, dan sindrom iritasi usus. 
Diare dapat menyebabkan dehidrasi, yang mana dapat mengancam nyawa apabila tidak diobati. Dehidrasi khususnya berbahaya apabila terjadi pada anak, orang yang lebih tua, dan mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Apabila Anda memiliki tanda-tanda adanya dehidrasi, carilah bantuan medis secepatnya. Indikasi adanya dehidrasi di antaranya adalah rasa haus parah, mulut dan kulit yang kering, tidak atau sedikit buang air kecil, tubuh terasa lemah, urin yang berwarna gelap, dan pusing atau lemah. Selain minum air, Anda juga dapat minum obat yang dibeli di Interbat untuk mengatasi diare. 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 03 Maret 21 - 09:17 WIB
Dalam Kategori : DIARE
Dibaca sebanyak : 62 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback