Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Ketahui Ciri-ciri Ikan Segar Saat Berbelanja

Ketahui Ciri-ciri Ikan Segar Saat Berbelanja
 
Ikan merupakan bahan makanan yang lezat dan dapat dimasak dengan berbagai cara. Ikan dapat digoreng kering atau dimasak dalam bumbu kari sesuai dengan selera dan kesukaan Anda. Bukan hal yang mengherankan apabila ikan dianggap sebagai salah satu bahan makanan favorit banyak orang. Namun, sayangnya, banyak orang kesulitan dalam membuat hidangan ikan mereka sendiri, meskipun sudah tersedia banyak resep di internet yang bisa Anda gunakan sebagai panduan bereksperimen menggunakan ikan favorit. Yang paling penting dan wajib diketahui adalah dengan memilih bahan-bahan yang segar dan berkualitas tinggi. Akan tetapi, saat Anda memilih ikan, ciri-ciri ikan segar apa saja yang perlu Anda perhatikan? Artikel ini akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
 
Saat Anda mengunjungi pasar, pastikan Anda memilih display ikan yang bersih dan memiliki drainase es yang baik. Ikan utuh segar biasanya akan diletakkan langsung di atas es batu. Tidak boleh ada noda atau warna buram pada es, karena hal tersebut menunjukkan bahwa es tidak sering diganti. Selain itu, Anda harus memerhatikan ciri-ciri ikan segar berikut ini:
  • Carilah ikan yang kukuh dengan daging yang cerah
Ikan yang segar ditunjukkan dengan daging yang akan kembali ke bentuk awal saat ditekan. Selain itu, kulit ikan harus memiliki kilau metalik yang alami dan tidak terlihat pudar ataupun buram. Selain itu, permukaan kulit ikan juga harus rapat dan erat, dengan sisik ikan menempel dengan rapat. Kulit yang pecah atau sisik ikan yang terlepas menunjukkan bahwa ikan tersebut busuk.
  • Bau alami ikan
Ciri-ciri ikan segar berikutnya dapat diketahui dari bau atau aroma alami ikan. Ikan segar tidak boleh berbau menyengat, dan hanya memiliki aroma ringan alami. Hindari membeli ikan dengan bau amis menyengat yang kuat atau berbau kecut. Bau ikan biasanya memiliki karasteristik dan tone yang berbeda-beda, namun bau tersebut harus sedap dan alami. Ikan yang tua dan busuk akan menunjukkan bau yang menyengat kuat dan tidak sedap.
  • Perhatikan mata ikan
Mengetahui kondisi mata ikan adalah cara yang paling baik dalam memilih ikan yang segar. Kondisi mata ikan dapat memberi tahu Anda seberapa segar ikan tersebut. Ikan yang segar akan memiliki mata yang menonjol, cerah, dan bersih. Tidak boleh ada tanda-tanda buram pada mata ikan.
  • Periksa insang
Apabila ikan yang Anda beli adalah ikan utuh, insang ikan tersebut harus berwarna pink atau merah muda cerah atau kemerahan. Insang juga harus sedikit basah, dan tidak berlendir ataupun kering.
  • Tanda-tanda lain yang perlu diperhatikan
Periksa tanda-tanda apakah ada perubahan warna, lendir berwarna kuning atau cokelat di setiap ujung ikan, dan tekstur seperti busa. Karena hal-hal tersebut adalah tanda bahwa ikan sudah tua dan tidak lagi segar.
Itulah tadi ciri-ciri ikan segar. Kecuali Anda tinggal di pinggiran pantai, ikan akan dikirim di berbagai kota di seluruh Indonesia. Cara pengiriman tersebut memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga kesegaran dan kualitas ikan. Ikan yang segar mudah sekali rusak. Untuk itu, ikan tersebut harus disimpan di atas es atau di dalam pendingin dengan suhu di bawah 0 derajat Celsius. Dengan cara ini, ikan dapat bertahan selama 10 hingga 15 hari meskipun dalam proses pengantaran dari satu kot ke kota lain. Oleh sebab itu, penting untuk membeli ikan sesegera mungkin dan tidak memilih ikan yang sudah ada di pasar dalam waktu lama.


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 18 Mei 20 - 12:30 WIB
Dalam Kategori : CIRI CIRI IKAN SEGAR
Dibaca sebanyak : 160 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback