Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Ketahui Beberapa Cara Mengasuh Anak Tiri

Ketahui Beberapa Cara Mengasuh Anak Tiri
 
 
Ketika Anda menjadi orang tua tiri, adalah hal yang wajar untuk bertanya-tanya apakah Anda harus bertindak seperti orang tua sejak awa, atau mengambil pendekatan ketika mengasuh anak tiri. Tidak ada cara mengasuh anak tiri. Seiring waktu, Anda akan menemukan cara menjadi orang tua tiri yang cocok untuk Anda dan keluarga.
 
Salah satu hal tersulit yang harus dinavigasi oleh keluarga tiri baru adalah disiplin. Siapa yang membuat aturan? Siapa yang menegakkan aturan? Dan siapa sebenarnya yang bertanggung jawab atas aturan tersebut? Seperti kata Molly Barrow, PhD, penulis How To Survive Step Parenting, “memadukan keluarga seperti hidangan yang membutuhkan waktu lama untuk dimasak, Anda tidak bisa memaksanya sebelum mereka siap." Baik Anda baru memulai sebuah keluarga tiri atau ingin memperkuat keluarga yang sudah Anda ikuti, berikut pertimbangkan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dari cara mengasuh anak tiri:
 
  • Jangan berusaha terlalu kuat
Banyak orang tua tiri berusaha terlalu keras untuk membangun ikatan secepat mungkin. Meskipun Anda memiliki niat baik, banyak orang tua tiri mencoba membeli cinta anak tiri mereka melalui banyak cara, termasuk hadiah atau dengan menjadi orang tua yang sangat keren. Anak-anak Anda tentu dapat melihat dengan baik, sehingga langkah paling penting dalam mengasuh anak tiri adalah bersikap realistis dan menjadi diri sendiri. Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mengembangkan hubungan dekat yang Anda inginkan.
 
  • Lakukan pengasuhan yang sama dengan pasangan baru Anda atau orangtua kandungnya
Semua orang tua perlu mendiskusikan metode mereka dalam cara mengasuh anak, baik mengenai penghargaan, hukuman, tugas, tunjangan, waktu tidur, pekerjaan rumah dan mencapai kesepakatan bersama tentang aturan. Transisi cara mengasuh anak tiri jauh lebih mudah jika orang tua kandung mereka setuju.
 
  • Berikan dorong untuk anak tiri Anda agar bersenang-senang berdua dengan orang tua kandungnya
Beberapa orang tua tiri terancam oleh anak tiri yang menghabiskan waktu sendirian dengan orang tua kandung mereka, terutama mantan pasangan tetapi seharusnya tidak demikian. Ketika Anda mendukung anak tiri Anda, Anda mengirimkan pesan bahwa ini bukanlah kompetisi untuk mendapatkan kasih sayang dan bahwa Anda benar-benar ingin melihat anak tiri Anda bahagia.
 
  • Jangan berekspektasi terlalu tinggi
Hal ini sangat penting bagi orang tua tiri yang sudah memiliki anak sendiri. Anda mungkin merasa bahwa Anda akan dapat melangkah ke dalam keluarga baru dan memiliki interaksi, perasaan, dan ikatan yang sama dengan yang Anda miliki dengan anak kandung Anda. Berikan waktu 'keluarga baru' Anda untuk mengembangkan dinamika uniknya sendiri, tanpa tekanan.
 
  • Jangan melangkahi batas Anda
Kesalahan besar yang dilakukan banyak orang tua tiri adalah mendisiplinkan seorang anak secara berlebihan dalam upaya untuk mendapatkan rasa hormat. Hal ini sering menjadi bumerang dan menyebabkan anak itu membenci mereka. Anda disarankan untuk mundur dan membiarkan orang tua utama mendisiplinkan anak mereka sendiri setidaknya untuk tahun pertama. Setelah Anda menghabiskan waktu untuk mendapatkan kasih sayang dan rasa hormat, maka Anda memiliki banyak waktu. kesempatan yang lebih baik untuk didengarkan. 
 
  • Bersiaplah untuk mendengar, "Kamu bukan ibu / ayahku yang sebenarnya."
Hal ini biasanya adalah cara anak tiri mencoba mengambil alih kekuasaan dari peran Anda, sehingga Anda harus bersiap dengan respons yang tepat. Jika itu terjadi, kuncinya adalah tidak menyangkal apa yang dikatakan anak tiri Anda kepada Anda. Jaga fakta dan hindari perebutan kekuasaan. Lalu bagaimana respons yang seharusnya Anda berikan? "Kamu benar, aku bukan orang tua kandungmu, aku orang tua tirimu. Tapi bukan berarti aku kurang menyayangi atau memedulikan."
 
  • Buatlah rencana aktivitas dengan anak tiri Anda
Bersepeda bersama, bermain bowling, mengikuti kelas seni, atau bahkan berbelanja bahan makanan dan memasak makan malam bersama sekali atau dua kali seminggu. Pengalaman bersama adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan dengan anak tiri, sehingga Anda pun akan memiliki ikatan yang mempermudah Anda dalam mengasuh mereka.
 
  • Jangan tersinggung
Ingatlah bahwa anak tiri Anda menghadapi perasaan mereka sendiri tentang akhir pernikahan orang tua kandung mereka. Saat orang tua bercerai, banyak anak masih berharap agar orang tua mereka menyelesaikan masalah dan kembali bersama. Tapi ketika orang tua tiri muncul, orang tua tiri yang baru pada dasarnya mengakhiri mimpi itu. kehilangan apa yang mereka harapkan, dan perasaan itu membutuhkan waktu untuk diselesaikan. 
 
Tidak ada cara yang benar-benar tepat ketika mengasuh anak tiri. Namun Anda perlu mengingat, ketika membicarakan mengenai disiplin, biarkan orang tua kandung yang menangani sebagian besar penegakan disiplin sementara Anda fokus membangun hubungan dengan anak tiri Anda.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 04 November 20 - 09:40 WIB
Dalam Kategori : CARA MENGASUH ANAK TIRI
Dibaca sebanyak : 42 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback